Saat ini, hampir setiap orang yang memiliki smartphone atau ponsel menjadi pengguna sosial media di Internet. Mereka menggunakan sosial media dengan keperluan yang beragam, seperti untuk hiburan, menambah kenalan baru, ataupun berbisnis dengan menjual produknya di sosial media tersebut. Beberapa sosial media yang banyak digunakan di antaranya seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan sebagainya.

Dikutip dari investor.id, TikTok menjadi salah satu sosial media yang dipilih para brand atau merek, termasuk usaha kecil menengah (UKM) untuk “menarik” pengunjung lebih banyak dan bahkan meningkatkan penjualan. TikTok juga dikabarkan dapat menjangkau hampir semua target pelanggan atau konsumen dikarenakan banyaknya jumlah pengguna sosial media tersebut. Wah, tentunya sahabat wirausaha ingin juga bisnisnya dikenal luas oleh calon pelanggan serta mendapat omzet penjualan yang tinggi kan? Berikut adalah beberapa strategi dan tips untuk mempromosikan bisnis sahabat di sosial media TikTok, mari disimak!

Baca Juga : Tren Tiktok Marketing dan Triknya


Apa itu TikTok?

Pertama, Sahabat Wirausaha harus mengenali media sosial yang akan digunakan dalam promosi bisnis kali ini, yaitu TikTok. Secara singkat, TikTok merupakan sosial media untuk berbagi video, dengan tambahan musik atau efek agar terlihat menarik. Saat ini, tercatat ada kurang lebih 500 juta pengguna TikTok di seluruh dunia. Bayangkan, sangat potensial sekali bukan? Bisnis yang dimiliki oleh sahabat wirausaha dapat dilihat oleh seluruh dunia apabila dipromosikan dengan tepat.

TikTok juga menyediakan fitur rekomendasi di halaman utama atau FYP (For Your Page) untuk menampilkan video yang sedang tren atau bahkan viral oleh kalangan pengguna TikTok. Bisnis sahabat wirausaha tentunya juga bisa viral, dan tayang di FYP jika promosinya tepat. Nah, bagaimana cara promosinya? Ada beberapa strategi yang dapat diikuti oleh sahabat wirausaha di bawah ini.

Baca Juga : Tren dalam TikTok yang Penting Bagi Digital Marketing


Strategi Promosi Bisnis di TikTok

Strategi pertama adalah mengenali target konsumen dan menceritakan produk pada mereka secara menarik. Komunitas TikTok memiliki beberapa kategori yang berbeda-beda, mulai dari kecantikan, komedi, makanan, teknologi, dan lain-lain. Setelah mengetahui target konsumen, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan custom audience targeting di TikTok, agar konten promosi yang disajikan bisa ditonton oleh audiens yang tepat.

Strategi kedua adalah memaksimalkan solusi periklanan untuk mencapai target bisnis. Solusi periklanan TikTok memberikan kemudahan untuk UKM mencapai tujuan bisnisnya dengan sistem pengaturan budget iklan yang fleksibel. Dengan menyesuaikan budget iklan, Sahabat wirausaha dapat meningkatkan brand awareness, mendapat lebih banyak pengunjung serta berpotensi untuk dikenal luas oleh pengguna di luar TikTok (viral)

Baca Juga: 8 Jenis Promosi Paling Mantap Bagi Bisnis Fashion

Strategi terakhir adalah bekerja sama dengan konten kreator untuk menjangkau audiens/calon pelanggan lebih banyak lagi. Bagi konsumen, informasi dan pengalaman dari orang lain bisa menjadi faktor penentu dalam membeli suatu produk. Di TikTok, hal ini biasa dilakukan oleh para konten kreator yang mengulas berbagai produk, mulai dari makanan hingga produk fashion. Sahabat dapat memanfaatkan fitur editing yang lengkap di aplikasi TikTok, sehingga pembuatan konten video promosi bisa dilakukan secara mudah dan praktis. Contohnya seperti penggabungan video, penambahan musik, serta efek yang memukau. Semua fitur tersebut bisa dilakukan langsung di satu aplikasi TikTok.


Tips Promosi Bisnis di TikTok agar Viral

Setelah strategi tersebut dilakukan, selanjutnya adalah membuat konten video promosi sahabat menjadi viral atau dikenal luas oleh audiens. Berikut adalah 5 cara sederhana memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan bisnis agar viral di TikTok, yaitu:

1. Memahami Konten

Konten di TikTok berbeda dari konten media sosial pada umumnya. TikTok menyediakan konten video sebagai yang paling utama. Oleh karena itu, usahakan untuk menyediakan konten yang menarik namun dengan durasi yang singkat. Sahabat dapat memulai dengan membuat konten yang ringan yang membuat penasaran audiens, kemudian selanjutnya membuat konten yang memiliki tema seperti tutorial, edukasi dan lainnya. Perlu diingat bahwa konten yang dibuat sebaiknya sesuai dengan target pasar untuk bisnis sahabat.

2. Mengikuti Hashtag Challenge

Hashtag challenge adalah berupa tantangan yang dilakukan oleh pengguna TikTok. Hashtag atau tagar (tanda pagar “#”) biasanya ada di bawah video dengan diikuti oleh kata-kata yang berhubungan dengan konten video. Contohnya seperti #bisnismudah, #makanmakinmurah, dan lainnya. Cara tersebut bisa dicoba untuk mempromosikan bisnis atau menaikkan brand awareness. Jangan ragu untuk mengikuti hashtag challenge ini untuk memperkenalkan bisnis sahabat. Ketika sudah mulai dikenal oleh audiens, agar semakin luas sahabat dapat menantang audiens dengan hashtag challenge baru. Agar menarik dapat digabungkan dengan giveaway atau hadiah kejutan untuk audiens.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial

3. Mencoba Filter, Efek dan Sound (Lagu) yang Sedang Tren

TikTok selalu menghadirkan filter, lagu, dan efek baru yang membuat penggunanya menjadi penasaran dan ingin mencobanya. Cara ini dinilai cukup efektif tanpa harus mengeluarkan usaha lebih, namun dapat menambah pengunjung baru, komentar dan tentunya menaikkan rating. Namun perlu diingat bahwa tidak semua hal tersebut bisa dimanfaatkan, karena butuh penyesuaian dengan produk bisnis sahabat agar tetap relevan dan sesuai “jalur” target promosi.

4. Menulis Caption Yang Menjual

Caption atau teks di konten video menjadi faktor yang penting agar bisa mendeskripsikan lebih jelas tentang konten yang dibuat. Penulisan caption dapat memuat tentang produk atau juga brand bisnis. Di TikTok sebaiknya penulisan caption dibuat dengan singkat, namun juga kreatif dan unik agar audiens penasaran danada interaksi antara audiens tersebut.

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

5. Konsisten Mengunggah Konten

Konsistensi adalah faktor penting dalam kesuksesan. Sahabat dapat menjadwalkan postingan agar bisnis bisa tetap eksis. Ketika kita sudah konsisten dalam memposting, sahabat akan mendapatkan beberapa data seperti apa saja yang disukai oleh audiens, berapa jumlah pengunjung setiap harinya, sehingga video promosi bisa dijangkau semakin luas serta menarik target baru. Selain itu, jangan lupa untuk tetap berinteraksi dengan audiens agar hubungan yang terjalin dapat bertahan dalam jangka panjang.

Agar tetap viral, konsisten dalam membuat video promosi harus dilakukan dengan unik, yaitu berbeda dari yang lain. Biasanya, pengguna TikTok suka menonton video yang menghibur serta ada adegan menari atau “joget” nya untuk menarik perhatian mereka. Bahkan tak jarang pengguna TikTok membagikan postingan ulang pada video yang dianggap menarik, hal ini dapat membuat video tersebut semakin dikenal luas untuk para pengguna TikTok lainnya.

Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran

Secara detail, Halaman promosi pada TikTok menampilkan informasi sebagai berikut:

  • Status video Anda (menunggu peninjauan, aktif, dijeda, atau ditolak).
  • Jumlah biaya iklan yang dikeluarkan dan berapa lama promosi berlangsung.
  • Jumlah tayangan video Anda.
  • Jumlah klik tautan (jika Anda memilih untuk mempromosikan situs web Anda).
  • Jumlah suka, komentar, dan berbagi.
  • Rentang usia dan persentase gender (pria/wanita).

Adapun cara untuk membuka halaman detail promosi konten sahabat yaitu:

  • Di aplikasi TikTok, ketuk Saya di kanan bawah untuk membuka profil Anda.
  • Ketuk ikon 3-garis di kanan atas untuk membuka pengaturan.
  • Ketuk Alat kreator, lalu ketuk Promosi.
  • Di halaman Promosi, ketuk Lihat detail.

Perkembangan zaman yang relatif sangat cepat, membuat kita juga dituntut untuk cepat beradaptasi dengan hal-hal baru. Tak terkecuali dalam bisnis, perkembangan tersebut sebenarnya bisa saja mendatangkan keuntungan yang lebih besar, termasuk dalam menggunakan TikTok untuk memajukan bisnis.

TikTok merupakan sarana yang tepat untuk menarik perhatian dalam mempromosikan bisnis, khususnya kalangan anak muda. Pemanfaatan TikTok yang tepat untuk promosi bisnis sahabat akan mendatangkan hasil yang maksimal serta meningkatkan penjualan. Jangan ragu yah sahabat wirausaha untuk mencoba promosi bisnis dengan TikTok ini, serta tetap konsisten agar bisnis sahabat bisa semakin dikenal luas (viral) di seluruh kalangan masyarakat.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi: GoSocial, TikTok