Sumber Gambar: ekonomikro
Penjualan sudah bagus, tapi usaha masih belum bisa terkendali? Atau punya usaha tapi laporan keuangan masih berantakan? Apakah Sahabat Wirausaha merasa kesulitan untuk membuat laporan keuangan? Tenang, saat ini sudah banyak aplikasi keuangan digital yang bisa membantu dalam menyusun laporan keuangan. Namun, sebelum beranjak kepada cara pembuatan laporan, alangkah baiknya kita cari tahu dulu pengertian dan fungsi dari aplikasi keuangan digital. Mari simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya.
Pengertian Aplikasi Keuangan Digital
Sumber Gambar: ekonomi bisnis
Laporan Keuangan pada setiap perusahaan sangat penting kehadirannya. Laporan Keuangan merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban atas operasional perusahaan. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk langkah yang akan diambil perusahaan kedepannya.
Dalam membuat laporan keuangan terbagi menjadi dua, yaitu secara konvensional dan modern. Pada cara konvensional, biasanya langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengelompokkan akun-akun tertentu secara manual. Kelompok akun-akun ini nantinya akan digunakan untuk kebutuhan pada buku besar maupun budgeting perusahaan. Sedangkan pada cara modern biasanya akan langsung menggunakan aplikasi keuangan secara digital secara online. Kemudian, aplikasi keuangan akan secara otomatis mengolah data-data yang dimasukkan menjadi laporan keuangan.
Secara pengertian, aplikasi digital merupakan perangkat lunak yang disusun guna membantu pembuatan laporan keuangan perusahaan. Pada aplikasi keuangan ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur dan langkah yang mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan. Sehingga, perusahaan akan lebih terbantu dalam memantau kondisi perusahaan apakah dalam keadaan untung atau malah rugi.
Manfaat Aplikasi Keuangan Digital
Sumber Gambar: angkasa
Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi keuangan digital saat ini banyak digunakan oleh sebagian besar perusahaan, mulai dari level ukm sampai level perusahaan dengan skala lebih besar. Alasannya adalah banyak manfaat dan kemudahan yang didapatkan dari penggunaan aplikasi keuangan digital, seperti:
Tips Membuat Laporan Keuangan dengan Aplikasi Digital
Sumber Gambar: konsultan
Saat ini penggunaan aplikasi digital semakin hari semakin beragam dan bervariasi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi keuangan digital. Berikut diantaranya:
1. Klasifikasikan Setiap Komponen Laporan Keuangan
Sebelum membuat laporan keuangan, langkah pertama yang diperlukan adalah dengan mengelompokkan masing-masing transaksi yang terjadi di perusahaan. Ada beberapa komponen yang terlibat dalam laporan keuangan, seperti penjualan, biaya, aset, utang dan modal.
2. Tentukan Periode Laporan Keuangan
Langkah selanjutnya dalam membuat laporan keuangan adalah dengan menentukan periode laporan keuangan. Pada umumnya, perusahaan akan memilih satu bulan kalender untuk satu periode laporan keuangan bulanan. Misalnya, PT Maju Jaya menentukan satu periode laporan keuangan setiap tanggal 28. Dengan demikian, PT Maju Jaya akan melaporkan aktivitas perusahaan per tanggal 28 setiap bulannya. Hal ini akan membantu dalam proses merekap seluruh transaksi dan mengevaluasi proses bisnis yang terjadi selama satu periode.
3. Catat Semua Transaksi Bisnis
Setelah menentukan cut off laporan keuangan, kemudian catat semua transaksi yang terjadi pada perusahaan secara berkala. Baik berupa transaksi penjualan, biaya, maupun penambahan aset, utang atau modal. Catatan transaksi tersebut nantinya akan dimasukkan pada jurnal harian perusahaan. Penggunaan aplikasi digital membuat data tersebut masuk secara otomatis pada buku besar.
4. Periksa Kembali Laporan Keuangan
Keuntungan lainnya dengan penggunaan laporan keuangan secara digital adalah waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan laporan keuangan lebih singkat. Laporan Keuangan dapat secara otomatis terlihat sesuai dengan periode yang dibutuhkan. Namun, setelah laporan keuangan berhasil ditampilkan, tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali setiap angka pada komponen laporan keuangan. Meskipun penggunaan aplikasi digital dapat meminimalisir risiko kesalahan perhitungan dalam pengolahan data, akan tetapi kesalahan dalam input data dapat saja terjadi.
Tips Membaca Laporan Keuangan
Sumber Gambar: paper
Laporan keuangan merupakan sebuah laporan pertanggungjawaban perusahaan atas aktivitas operasional bisnis perusahaan kepada pihak manajemen maupun investor. Laporan yang biasanya dibutuhkan adalah laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal.
Kemudian, apa perbedaan dari masing-masing laporan tersebut? Dan informasi apa saja yang biasa disajikan? Berikut penjelasannya:
5. Laporan Laba Rugi
Pada laporan laba rugi akan terangkum aktivitas pengeluaran dan pemasukkan perusahaan pada satu periode akuntansi. Biasanya pemasukkan berasal dari penjualan produk atau jasa yang dijual. Sedangkan, aktivitas pengeluaran berasal dari biaya-biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional perusahaan dalam satu periode laporan keuangan. Dari laporan ini akan didapat total penjualan, total biaya, laba serta pajak yang harus dikeluarkan.
6. Laporan Neraca
Pada laporan neraca keuangan, terdapat informasi yang berkaitan dengan aset, hutang dan modal. Adapun penjelasan dari masing-masing akun tersebut adalah sebagai berikut:
Laporan yang satu ini akan memberikan informasi mengenai perputaran dana keluar dan masuk dalam perusahaan. Laporan arus kas akan membantu perusahaan dalam mengukur kemampuannya dalam menghasilkan arus kas masuk untuk kebutuhan di masa sekarang dan yang akan datang.
Sebagai contoh, perusahaan PT Makmur Abadi mencatat biaya operasional perusahaan yang harus dikeluarkan selama 3 bulan terakhir adalah sebesar Rp 50 juta setiap bulannya. Dari informasi tersebut memberikan gambaran bahwa PT Makmur Abadi harus mendapatkan profit bersih di atas Rp 50 juta dari penjualan. Apabila profit bersih di bawah angka tersebut dalam kurun waktu beberapa bulan, maka kondisi arus kas PT Makmur Abadi bisa dikatakan tidak sehat.
8. Laporan Perubahan Modal
Pada laporan perubahan modal menyajikan angka-angka terkait besaran pergerakan modal yang terjadi dalam satu periode laporan keuangan. Laporan ini berkaitan erat dengan beberapa komponen seperti saldo awal, laba rugi bersih, saldo akhir dan dividen.
Demikianlah beberapa tips yang bisa digunakan dalam membuat dan membaca laporan keuangan perusahaan. Banyaknya aplikasi keuangan digital memberikan banyak pilihan dan kemudahan kepada para pengusaha. Namun, kenali terlebih dahulu jenis usaha yang sedang dijalankan sebelum menentukan aplikasi yang tepat untuk pembuatan laporan keuangan. Setiap perusahaan memiliki keunikan tersendiri dalam menangani usahanya. Hal tersebut yang membuat penanganan satu perusahaan akan berbeda dengan perusahaan lainnya.
Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, karena memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Bagaimana tidak? Setiap individu butuh makan dan minum baik untuk memenuhi kebutuhan dasarn.
Sumber gambar : Unsplash Pertanian merupakan salah satu sektor industri yang pertumbuhannya positif di kala pandemi. Padahal sebelumnya, dengan resesi ekonomi di depan mata, ketahanan pangan Indonesi.
Sumber gambar : Rei.comEfek pandemi mengubah banyak hal di dunia, salah satunya adalah gaya berkendara. Maret 2020, beberapa saat setelah virus COVID-19 terdeteksi di Indonesia, pemerintah menerapkan .
Sumber gambar : Sleekr.coSaat ini, UMKM merupakan salah satu area bisnis yang paling banyak dilirik pengusaha-pengusaha muda Indonesia. Tak bisa dipungkiri, suatu perusahaan besar sekalipun seringkali.