Brand Activation Sahabat Wirausaha pernahkah kalian merasakan pengalaman interaktif, diperkenalkan produk terbaru secara langsung, serta mengikuti permainan tambahan hingga workshop dalam suatu acara? 

Aktivitas merek tersebut memperkuat keterlibatan konsumen dan meningkatkan penjualan. Dengan pemasaran yang unik, akan menciptakan hubungan emosional yang kuat, membangun kesetiaan konsumen, dan memberikan dampak positif jangka panjang bagi pertumbuhan merek UMKM.

Artikel ini akan mencakup dasar-dasar brand activation. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut.


Apa itu Brand Activation?

Brand Activation adalah proses menghidupkan merek dan membentuk hubungan emosional yang mendalam dengan audiens target melalui pemasaran eksperimental, kampanye interaktif, dan pengalaman merek yang tak terlupakan.

Menurut bloggingx 2023, 91% pelanggan mengatakan mereka merasa lebih positif tentang produk atau layanan ketika terlibat dalam aktivasi atau pengalaman merek, dan 40% konsumen setuju bahwa pemasaran eksperensial membuat mereka lebih setia terhadap merek.

Dengan pendekatan yang tepat, brand activation dapat menjadi alat yang kuat untuk evaluasi dari iklan pasif menjadi keterlibatan aktif, membangun kepercayaan pelanggan, loyalitas pelanggan, sosial & komunitas (community outreach) dan keunggulan kompetitif.

Baca Juga: Customer Education, Strategi Promosi yang Bikin Pelanggan Semakin Tertarik Beli Produkmu


Elemen Kunci Brand Activation

Untuk bisa melakukan brand activation secara tepat, pelaku UMKM harus memahami sejumlah elemen-elemen kunci berikut ini:

  • Keterlibatan: Strategi ini berfokus pada keterlibatan konsumen secara aktif, mendorong mereka untuk berpartisipasi dan berinteraksi dengan merek.
  • Call to Action: Ini mendorong konsumen untuk melakukan tindakan langsung dan terukur, seperti melakukan pembelian, mendaftar, atau berbagi konten.
  • Resonansi Emosional: Aktivasi merek bertujuan untuk membangkitkan emosi dan membentuk ikatan emosional yang kuat antara merek dan konsumen. 
  • Personalisasi: Menyesuaikan pengalaman dengan preferensi dan kebutuhan individu untuk meningkatkan relevansi dan efektivitas. 
  • Pendekatan Multichannel: Memanfaatkan berbagai saluran, baik offline maupun online, untuk mencapai audiens yang lebih luas. 
  • Metrik dan Pengukuran: Mengimplementasikan alat dan metrik untuk melacak dan menilai respons dan perilaku konsumen, memungkinkan optimalisasi yang berkelanjutan.

Tipe – Tipe Brand Activation

Ada beberapa jenis brand activation strategi umum yang digunakan merek, seperti:

1. Product Sampling

Sumber: demo power

Memberikan contoh produk pada aktivasi eksperimental membantu konsumen memahami produk perusahaan dengan lebih baik dan ini meningkatkan kemungkinan pembelian. 

Ini tidak hanya memperkenalkan pelanggan pada produk UMKM tetapi juga memberi mereka kesempatan untuk memberikan umpan balik. Jangan lupa, orang suka barang gratis. 

Jika produk pelaku usaha berhasil mencapai titik yang tepat, itu memungkinkan konsumen membuat keputusan pembelian yang terukur. Merek FMCG (makanan siap saji) biasanya terlibat dalam aktivasi seperti ini. Misalnya, Susu Nutrilon Royal di salah satu pusat perbelanjaan oleh Sales Promotion Girl (SPG).

Baca Juga: Foreign Branding, Strategi Pemasaran Brand Lokal Agar Dikira Produk Luar Negeri

2. Sponsorship dan Partnerships

Sumber: kilasbali

Bekerjasama ataupun sponsor dengan merek yang berada di niche (target pasar) yang berbeda dari milik pelaku UMKM tetapi memiliki khalayak yang serupa dapat memberikan manfaat. Kedua merek dapat melihat peningkatan bisnis dan kesadaran. 

Sebagian besar konsumen melihat iklan sebagai konsep yang sangat serius. Cara terbaik untuk mengubah pemahaman ini adalah dengan menambahkan unsur kesenangan ke dalam brand activation kita. 

Event games menjadi cara yang baik untuk mencerahkan suasana dan mengurangi kebosanan orang. Ketika kelompok target sangat fokus dan terlibat dalam sebuah permainan, mereka masih terbuka terhadap pesan pemasaran. 

Selain bisa membuat penggemar terkesan dengan instalasi interaktif, pelaku UMKM juga bisa menyelenggarakan permainan tebak-tebakan klasik, undian, tic-tac-toe, roda undian atau permainan karnaval lainnya yang akan menarik perhatian penonton. 

Permainan-permainan ini akan berinteraksi dengan konsumen dan mendorong mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang produk/jasa UMKM. 

Misalnya, sebuah perusahaan aplikasi PINTU sebagai sponsor resmi Bali United mengenalkan investasi kripto khususnya ke penggemar sepak bola. Dalam booth PINTU, diselenggarakan permainan seru yang disebut ‘Score a Hattrick’

Pengunjung yang berkunjung ke booth memiliki kesempatan untuk bermain dan mencetak tiga gol ke gawang yang berbeda, dengan hadiah berupa beragam merchandise menarik seperti Jersey Resmi Bali United, tumbler, stiker, gelang, dan bahkan airdrop Bitcoin.

3. Foto Booth

Sumber: superindo

Jika pelaku usaha ingin meningkatkan pengalaman foto booth bisa membuat dekorasi sesuai persona model bisnis UMKM masing-masing. Sahabat Wirausaha dapat memiliki latar belakang interaktif di mana orang dapat mengambil selfie. 

Dengan melakukan ini, konsumen pasti akan pulang dengan kenangan dan senyum. Pelaku bisnis dapat menyematkan foto booth dalam aktivasi mal, aktivasi di toko, atau pameran dagang. Misalnya, Superindo membuat bazar produk hemat pada bulan Ramadhan dan menawarkan foto booth.

Baca Juga: Cara Bangun Personal Branding di Twitter, Lakukan 3 Hal Penting Berikut!

4. Talk Show

Sumber: Grab

Talkshow menjadi salah satu metode aktivasi merek yang sering digunakan pelaku usaha untuk membangun kepercayaan audiens. Dengan menjadi narasumber dalam suatu acara, merek secara tidak langsung mengarahkan pemahaman dan kepercayaan konsumen terhadap merek dan produknya. 

Tidak hanya itu, pendekatan branding ini juga memberikan manfaat bagi pembicaranya sendiri. Para pembicara yang tampil dalam acara talkshow dapat meningkatkan citra pribadi mereka. 

Belakangan ini, banyak merek yang mengarahkan karyawan atau CEO mereka untuk berbagi wawasan dalam suatu acara sebagai upaya memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka.

Misalnya, Arief Munandar selaku Online Marketing Director dari Ayam Geprek Juara, membagikan pengalaman kerjasamanya dengan GrabFood kepada pengunjung mengenai peningkatan omset penjualan di Jakarta Eat Festival.

5. Online Event

Sumber: sehataqua

Sahabat Wirausaha pada umumnya brand activation dilakukan dengan bertatap muka namun dengan kemajuan teknologi saat ini, tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan secara online. 

Pelaku usaha dapat melakukan live streaming sosial media, keterlibatan membalas komen netizen, QnA, kerjasama influencer, dan kampanye challenge. Pengalaman yang kita berikan diselingi oleh pemberian hadiah virtual untuk menarik minat pada produk baru.

Hadiahnya perlu menarik, eksklusif, atau keduanya. Pastikan itu sesuatu yang akan memberikan manfaat bagi para pengikut UMKM, dan buktikan bahwa itu unik untuk meningkatkan permintaan dan mendorong lebih banyak peserta. Misalnya, TikTok Challenge #AquaDulu.

Baca Juga: Menyulap Cerita Menjadi Keuntungan, Kenali Apa itu Brand Storytelling dan Cara Menerapkannya


Cara Sukses Brand Activation yang Efektif

Setelah mempelajari pengertian dan tipe-tipe brand activation, pelaku UMKM perlu menjalankan eksekusi yang efektif sebagai langkah selanjutnya. Dengan memahami pasar dan kebutuhan konsumen, pelaku UMKM dapat menciptakan pengalaman menarik. Gabungkan kreativitas dan inovasi untuk eksekusi yang efektif, dan temukan panduan lengkapnya di sini!

1. Definisikan Esensi Merek 

Langkah pertama dan paling krusial adalah menentukan makna yang ingin dipersepsikan oleh audiens terhadap merek UMKM. Ini bukan hanya soal cara pelaku usaha memposisikan merek, melainkan lebih pada pandangan orang terhadap merek tersebut. 

Oleh karena itu, pelaku usaha perlu memastikan bahwa pesan mereknya terdefinisikan dengan jelas. Sesuaikan dengan tema event dan beberapa orang penting (stakeholder) memiliki relevansi model bisnis UMKM dan dituangkan ke saluran media atau dekorasi booth.

2. Identifikasi Audiens

Sebelum memulai kampanye, pelaku usaha perlu melakukan analisis dan segmentasi. Demografi, minat, dan karakteristik pelanggan ideal harus diketahui oleh pelaku UMKM. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan membuat ‘persona pembeli’.

3. Lakukan Analisis SWOT

Sebelum merencanakan berbagai acara dan kampanye, pelaku usaha harus memahami strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman merek). Ini dilakukan agar pelaku UMKM dapat menentukan strategi terbaik untuk diimplementasikan.

Teliti berbagai taktik untuk mencapai audiens. Penting diingat bahwa ada banyak cara untuk menarik perhatian pelanggan potensial, seperti tipe-tipe brand activation yang sudah disebutkan sebelumnya. Pilih metode yang sesuai agar pesan dapat disampaikan dengan jelas kepada audiens target.

4. Bangun Tim yang Tepat

Langkah terakhir adalah menyatukan semua langkah di atas dan membentuk tim. Berikan tanggung jawab kepada anggota tim yang tepat.

Sahabat Wirausaha telah membaca beberapa tips di atas beserta contohnya untuk menciptakan brand activation yang kuat, yang harus selaras dengan nilai-nilai bisnis dan menarik bagi audiens target.

Aspek-aspek krusial termasuk pemahaman audiens, penetapan tujuan, pemilihan jenis aktivasi terbaik, evaluasi hasil, dan penciptaan pengalaman yang menarik serta melekat dalam ingatan. 

Membangun merek yang solid menjadi tantangan, terutama di pasar yang penuh dengan persaingan. Pengembangan rencana aktivasi merek yang matang, yang tidak hanya menonjolkan proposisi penjualan unik, tetapi juga membedakan diri dari pesaing, merupakan kunci untuk tampil di tengah keramaian perusahaan yang tidak bersaing.

Baca Juga: 5 Strategi Branding Melalui Label Produk Bagi UMKM, Bisa Naikkan Potensi Penjualan 4x Lipat!

Sebagaimana kampanye pemasaran lainnya, brand activation berusaha meraih viralitas melalui tagar dan konten yang menarik. Dalam usahanya mencapai kesuksesan, pelaku UMKM menggunakan segala fasilitas yang ada untuk memastikan aktivasi mereknya tetap keren dan menarik perhatian.

Penting untuk diingat bahwa kunci keberhasilan aktivasi merek terletak pada pembuatan pengalaman bermakna dan tak terlupakan yang membentuk ikatan emosional jangka panjang dengan pelanggan.

Referensi:

  1. steelspaceconcepts.com/brand-activation-definition-everything-you-need-to-know/
  2. gingermediagroup.com/blog/top-btl-activities-and-brand-activation-ideas-you-must-try/
  3. peekage.com/blog/brand-activation-examples
  4. fourweekmba.com/brand-activation/
  5. indeed.com/career-advice/career-development/brand-activations
  6. on24.com/blog/5-of-the-best-virtual-brand-activation-ideas/
  7. revou.co/kosakata/brand-activation