Canva

Pembisnis sebaiknya jeli melihat peluang produk yang dibutuhkan oleh konsumen, tidak hanya jeli dengan produk yang dibutuhkan, tentu akan lebih maksimal dengan memiliki data-data akurat yang berasal dari pasar, misalnya harga kompetitor, promo-promo yang ditawarkan, dan variant produk. Tentu, sahabat wirausaha setuju jika keberhasilan sebuah bisnis, karena memiliki rencana bisnis yang terukur dan terarah. Oleh karena itu, menggunakan simulasi pasar untuk membuat rencana dan keputusan bisnis, merupakan hal yang penting. Mungkin, diantara sahabat ada yang penasaran, apa yang dimaksud dengan istilah tersebut, berikut pemaparannya.

Baca Juga: Meneropong Masa Depan Rantai Pasok Melalui Pemanfaatan Teknologi


Apa itu simulasi pasar?

Dilansir dari kamus bisnis.com (2022) yang dimaksud dengan Simulasi pasar (market simulation) adalah perumusan matematis variabel-variabel yang disajikan untuk mensimulasikan lingkungan keputusan bisnis. Contohnya : Dalam bursa saham, sebelum seorang pialang mencoba melakukan transaksi, mereka dapat mecobanya dengan menggunakan aplikasi simulasi saham, sehingga dari simulasi tersebut user dapat memiliki perhitungan anggaran dan strategi dalam mengambil segala keputusan saat melakukan trading.

Baca Juga: Menggunakan Mobile Banking Dalam Pencatatan Keuangan

Bagaimana sudah ada gambaran tentang simulasi pasar?, dari contoh di atas dapat kita pahami. Bahwa, dengan memiliki data yang akurat dan memiliki pengalaman saat simulasi, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan yang dapat dihitung dan diperkirakan, segala keuntungan dan meminimalisir resiko yang terjadi.

Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran

Wow, dunia bisnis memang menarik untuk terus diikuti dan tentunya dapat diaplikasikan di bisnis sahabat wirausaha. Dengan memiliki informasi yang berharga dan tentunya dapat mempraktekkannya, niscaya membuat pembisnis dapat melambungkan usahanya. Mau lebih banyak untuk cerita inspiratif dan informasi seputar bisnis. Berikut ini artikel yang dapat kami rekomendasikan yaitu artikel Rate Card Influencer, artikel Page View, dan artikel Reseller. Yuk, sahabat wirausaha kita bersemangat untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga: Membedah Penggunaan Analisis SWOT pada UKM

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.