House of Donatello Jika belum pernah mendengar tentang House of Donatello, mungkin terkesan bahwa brand ini berasal dari luar negeri. Padahal, sebenarnya House of Donatello adalah hasil karya asli Indonesia yang kualitasnya tak kalah dengan standar kualitas internasional. 

Didirikan di Bandung pada tahun 1999, House of Donatello mengambil nama dari seniman terkenal pada zaman Renaissances sebagai bentuk penghormatan terhadap seni dan keindahan. Bagaimana House of Donatello mengembangkan bisnisnya sampai memiliki berbagai cabang tersebar di Indonesia? Jangan lewatkan membaca kisah dan tips dari House of Donatello berikut ini, ya. 


House of Donatello: Top Quality Product, Best Customer Service

Dalam menciptakan produknya, House of Donatello selalu mengutamakan eksplorasi dalam berbagai model sepatu untuk wanita, pria anak-anak, dan remaja. Seiring perkembangannya, produk yang ditawarkan House of  Donatello tidak hanya sepatu, tetapi juga sendal dan tas. 

Ciri khas dari brand ini adalah  sepatu dan tas kulit. Mereka tidak hanya fokus pada variasi gaya, tetapi juga mengedepankan kualitas tinggi dan kenyamanan sebagai nilai utama. Hal ini membuat brand House of Donatello menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Sahabat Wirausaha yang menginginkan produk sepatu yang tidak hanya modis tetapi juga dapat diandalkan dalam hal kepuasan.

Sumber foto: House of Donatello

Sebagai pelaku UMKM, prinsip ini bisa Sahabat Wirausaha tiru. Dengan melakukan bisnis yang menghasilkan produk berkualitas tinggi dan layanan pelanggan terbaik, bisnis Sahabat Wirausaha dapat terbangun dengan reputasi yang kuat, meningkatkan loyalitas konsumen, dan menciptakan nilai tambah yang signifikan.

Baca Juga: Diminati Kawula Muda, Peluang Bisnis Kaos Distro yang Menjanjikan


Mengusung Konsep Unik

House of Donatello mengusung konsep keluarga, artinya model produk yang mereka tawarkan dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga: ayah, ibu, anak perempuan, anak laki-laki, dan usia remaja. Memiliki lebih  dari 3.000 model sepatu, sehingga diklaim bahwa kompetitor tidak akan punya model produk seperti mereka.

Dengan berbagai pilihan model dan desain yang unik, House of Donatello memastikan setiap anggota keluarga dapat memenuhi sepatu yang sesuai dengan gaya, kebutuhan, dan fungsinya. Produk House of Donatello dapat digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan santai hingga formal, seperti sepatu untuk kuliah, bekerja, dan menghadiri pesta.

Membangun konsep tentunya tidak asal-asalan. Sahabat Wirausaha bisa membangun konsep unik ataupun image brand melalui cerita di balik produk, keunikan produk, serta desain branding yang kuat.


Kualitas Bahan Gak Main-main

Pada awalnya, House of Donatello hanya memproduksi sepatu kulit. Namun seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produknya, House of Donatello mulai memperluas koleksinya dengan menambah sandal dan tas. Meskipun begitu, kulit tetap menjadi bahan baku utama yang digunakan. Untuk menjaga kualitas, mereka menggunakan kulit lokal yang dapat dipilih langsung, memastikan kualitas terbaik dalam setiap produk.

Sumber foto: House of Donatello

Kulit sebagai bahan utama membantu menjaga keeleganan setiap desain produk, memberikan kesan mewah, dan berkualitas tinggi. Meskipun demikian, House of Donatello juga menawarkan koleksi yang fleksibel dari kasual sama formal. Dengan perpaduan antara kualitas, kenyamanan, dan desain yang elegan, House of Donatello  terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Hal ini pastinya sudah harus dilakukan pelaku UMKM dalam bisnisnya, ya Sahabat Wirausaha. Menjamin kualitas produk tentunya akan mempertahankan pelanggan dan menjamin keberlanjutan bisnis. 


Tidak Berhenti Melakukan Inovasi

Eksistensi yang terus dijaga House of Donatello hingga saat ini tentunya tidak terlepas dari inovasi yang terus dihasilkan oleh brand ini. Dalam menghadapi persaingan ketat dengan banyak brand lokal maupun internasional yang terus meramaikan pasar fashion Indonesia, House of Donatello selalu menciptakan  produk yang lebih baik, baik dari segi desain maupun kualitas.

Setiap produk yang dihadirkan merupakan hasil riset dan pengembangan untuk memastikan dapat terpenuhinya kebutuhan dan preferensi konsumen yang terus berubah. Dengan strategi ini, House of Donatello tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat dan terus berusaha menjadi pilihan utama bagi konsumen di pasar fashion Indonesia. Stratgi ini wajib Sahabat Wirausaha tiru, ya!

Baca Juga: Resign dari Pegawai BUMN, Keberhasilan Lira Krisnalisa Merintis Brand Jenna & Kaia


Menggerakkan Perekonomian Lokal

Menggunakan bahan baku lokal untuk produknya, House of Donatello tidak hanya menjaga kualitas produknya tetapi juga mendukung perekonomian lokal dan memberdayakan masyarakat sekitar. Melalui kemitraan dengan pemasok lokal, House of Donatello membantu menciptakan lapangan kerja dan mendukung industri kulit dalam negeri.

Proses pemilihan dan pengolahan kulit yang dilakukan di dalam negeri juga menunjukkan bahwa House of Donatello dapat mengontrol kualitas dengan lebih baik dan memastikan bahwa setiap tahap produksi memenuhi standar yang tinggi.

Sahabat Wirausaha, dengan menggunakan bahan baku lokal, mencerminkan bisnis kita berkomitmen terhadap kualitas, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial. Mendukung ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat, tidak hanya menciptakan produk unggul tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan komunitas di sekitar.


Offline Store yang Nyaman

Toko offline House of Donatello memiliki ciri khas yang unik, di mana desain bangunannya hampir seragam. Setiap toko menampilkan interior dan eksterior yang konsisten sehingga mudah dikenali oleh konsumen. Ketika memasuki ke dalam tokonya, pengunjung akan langsung melihat konsep display yang teratur dan rapi untuk setiap produknya. Sepatu, sandal, dan tas dipajang dengan sistematis, memudahkan konsumen untuk melihat dan memilih produk sesuai dengan kebutuhan.

Sumber Foto: nicelocal.id

Tidak hanya itu, suhu ruangan di dalam toko diatur agar nyaman bagi pengunjung. Pengelolaan suhu yang tepat memastikan bahwa konsumen merasa betah dan bisa berbelanja dengan tenang tanpa merasa kepanasan atau kedinginan. Ini merupakan tips yang sepele namun memengaruhi kelancaran bisnis, Sahabat Wirausaha agar pengunjung tetap kembali ke toko kita.

Pegawai toko pun memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Dengan pengetahuan produk yang mendalam, pegawai toko House of Donatello siap membantu konsumen dalam menemukan item yang paling sesuai dengan keinginan dan memberikan rekomendasi yang tepat.


Strategi Harga yang Kompetitif

Meskipun produk-produknya terbuat dari bahan kulit berkualitas tinggi, House of Donatello menawarkan harga yang sangat terjangkau bagi para konsumennya. Hal ini menjadikan  lebih banyak orang untuk menikmati produk fashion dari kulit yang elegan dan tahan lama tanpa harus mengorbankan kualitas atau gaya.

Menggunakan strategi harga yang kompetitif, House of Donatello tidak hanya memperluas jangkauan pasar mereka tetapi juga menjaga loyalitas pelanggan dengan menawarkan produk yang berkualitas. Tidak heran, ya Sahabat Wirausaha, House of Donatello selalu dijadikan salah satu rekomendasi sepatu lokal dari Indonesia.  

Sahabat Wirausaha bisa mengikuti jejak dari House of Donatello dalam menerapkan strategi harga yang kompetitif untuk produk kalian. Caranya bisa seperti berikut:

  1. Pemilihan Bahan Berkualitas: House of Donatello memanfaatkan bahan kulit berkualitas tinggi untuk produknya. Sahabat Wirausaha dapat meniru langkah ini dengan mencari pemasok bahan yang terpercaya dan berkolaborasi dengan produsen bahan lokal. Jangan lupa untuk selalu menjalin hubungan baik agar mendapatkan harga yang lebih baik. Selain itu juga bisa mengurangi biaya transportasi  dan mendukung industri lokal.
  2. Segmentasi Pasar yang Tepat: House of Donatello menyasar berbagai segmen pasar seperti wanita, pria, anak-anak, dan remaja. Sahabat Wirausaha dapat melakukan hal yang sama yaitu melakukan riset pasar. Hal ini membuat kita dapat memahami kebutuhan dan preferensi konsumen target. Setelahnya, Sahabat Wirausaha dapat menyesuaikan produk. Sahabat Wirausaha bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan daya beli dan kebutuhan segmen pasar tersebut.
  3. Penawaran dan Promosi: Sahabat Wirausaha bisa menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama dengan menyediakan diskon musiman ataupun juga paket bundling. Hal ini tentunya akan menarik minat pelanggan.

Baca Juga: Bisa Sukses Besar Tanpa Ikuti Tren Mode, Mengulik Strategi Bisnis UNIQLO yang Anti Mainstream

Sahabat Wirausaha, setiap bisnis selalu ada kisah dibaliknya. Dari beberapa tips di atas, bisa kita lakukan untuk bisnis Sahabat Wirausaha sendiri. Hal yang terpenting yang dilakukan House of Donatello adalah menjaga kualitas sedari bisnis didirikan. Hal ini dibuktikan selama hampir 25 tahun, House of Donatello masih menjadi andalan sepatu lokal.

Tidak hanya itu, House of Donatello membangun bisnis sekaligus memberdayakan masyarakat dan meningkatkan perekonomian lokal. Hal ini pantas kita tiru, ya Sahabat Wirausaha. Kalau bisa berbisnis sambil memberdayakan perekonomian, kenapa tidak. Hal itu tentu akan membuat bisnis kita semakin naik kelas.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.

Referensi:

  1. https://donatello.co.id/en/
  2. https://m.bukalapak.com/brand/donatello
  3. https://www.youtube.com/watch?v=mffFQcqqizY