Scaling Up Penjualan dengan Strategi Direct Marketing dan Membangun Kemitraan ala Mouza Indonesia - Berani untuk terjun ke bisnis fashion, berarti harus mampu menyusun strategi yang tepat dan cepat. Bagaimana tidak, perputaran mode dari waktu ke waktu terus silih berganti, terutama fashion yang berkaitan dengan apparel. Selain itu, banyaknya kompetitor baru yang hadir membuat persaingan menjadi lebih ketat.

Apabila bisnis tersebut tidak dibarengi dengan strategi khusus, maka bisnis pun siap-siap untuk tertinggal. Terutama dalam melakukan pemasaran, seperti yang dilakuakan oleh Mouza Indonesia. Usaha asal Bandung ini berhasil menerapkan strategi pemasaran digital melalui direct marketing response. Untuk lebih jelasnya, mari kita bedah di artikel berikut!


Mouza Indonesia

Mouza Indonesia merupakan salah satu perusahaan fashion dengan segmentasi pasar masyarakat muslim. Usaha lokal ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Pertama didirikan pada tahun 2016 oleh Dini Fitriyah. Namun, secara resmi mulai terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM pada tanggal 14 Februari 2018 dengan nama PT Mouza Sinergi Indonesia.

Bagaimana Menentukan Besaran Promo Diskon?

Nama Mouza Indonesia sendiri merupakan nama brand utama dari PT Mouza Sinergi Indonesia. Selain itu, PT. Mouza juga memiliki beberapa anak brand seperti seperti Dinifi Clothing, Andienayla, Mouza Shoes, Akademi Langit, dan terakhir yaitu Madezeine. Produk yang dihasilkan pun beragam, mulai dari produk fashion untuk dewasa hingga anak-anak.

Sampai saat ini, Mouza Indonesia sudah berhasil bekerjasama dengan lebih dari 4000 agen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan beberapa negara di Asia. Dalam memasarkan produk-produknya, Mouza Indonesia menggunakan strategi direct response marketing. Menariknya, kebanyakan para agen yang tergabung merupakan para ibu rumah tangga.

Melakukan Analisa Kesehatan Bisnis Untuk Menyusun Prioritas


Pengertian Direct Marketing

6 Jenis Pemasaran Langsung (Direct Marketing) dalam Proses Pemasaran

Sumber Gambar: Rapikan

Direct marketing sebenarnya sudah dilakukan banyak orang sejak lama. Tujuan dari melakukan direct marketing adalah untuk menciptakan komunikasi langsung dengan calon konsumen secara lebih personal. Teknik ini dilakukan untuk memunculkan hubungan yang lebih erat dengan calon konsumen. Dengan demikian, pemasaran suatu produk atau jasa akan menjadi lebih mudah.

Jika dahulu direct response marketing dilakukan secara offline, maka saat ini direct marketing mulai bergeser dilakukan secara online. Dengan memanfaatkan kemjuan teknologi digital, akan memudahkan penerapan strategi direct response marketing. Beberapa contoh dari dgitalisasi direct response marketing adalah melalui SMS, e-mail, katalog online, social media, ecommerce, maupun platform chatting.

Brand Activation


Mouza Indonesia dan Strategi Direct Marketing

Tak mau ketinggalan, Mouza Indonesia pun dengan pintar memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai salah satu strategi dalam memasarkan produk. Melalui berbagai platform digital, Mouza Indonesia menjaring kemitraan untuk melancarkan strategi marketingnya. Bahkan, di website resmi, Mouza Indonesia menyediakan halaman khusus bagi siapa saja yang ingin ikut mendaftar menjadi mitranya.

Kemudian dari para mitra itulah, strategi pemasaran direct marketing bisa dilakukan secara militan. Secara tidak langsung, strategi tersebut akan terus menciptakan konsumen loyal dan meningkatkan penjualan. Alih-alih memperbanyak karyawan untuk posisi di bagian marketing, Mouza Indonesia lebih memilih strategi penjualan dengan direct response marketing lewat kemitraan. Risiko dan biaya operasional perusahaan pun bisa lebih ditekan.

5 Tips Pasang Harga di Marketplace


Strategi Mouza Indonesia Membangun Jaringan Kemitraan

Dalam menjaring kemitraan, Mouza Indonesia memberikan beberapa jaminan kepada para mitranya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemberian Produk dengan Kualitas Terbaik

Dengan demikian, tingkat kepuasan konsumen akhir terhadap produk yang dijual akan terjaga. Tidak ada pihak yang akan dirugikan baik dari sisi konsumen akhir, mitra, maupun perusahaan.

Di sisi konsumen akhir, mereka tidak akan kecewa dalam membeli produk dari Mouza Indonesia. Di pihak mitra, mereka tidak akan merasa malu untuk menawarkan produk dengan kualitas bagus. Di sisi perusahaan, akan diuntungkan dengan adanya testimoni bagus dari konsumen. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mendatangkan repeat order dan konsumen loyal.

2. Uang Pendaftaran Mitra Lebih Terjangkau

Mouza Indonesia menerapkan sistem pendaftaran untuk menjadi agennya. Untuk mendaftar menjadi mitra, ada sejumlah uang yang harus disetorkan. Biasanya, tujuan dalam penyetoran sejumlah uang adalah sebagai bentuk komitmen mitra dalam menjalankan tugasnya dalam memasarkan produk. Bahkan, terkadang uang yang disetor tersebut akan dikonversikan menjadi beberapa barang seperti katalog, produk, dll.

14 Hal yang Wajib Dilakukan Untuk Menjamin Keamanan Komunikasi Digital di WhatsApp

3. Produknya Dijamin Laku di Pasaran

Segmen pasar produk dari Mouza Indonesia adalah wanita Muslimah. Peluang masih terbuka lebar untuk pasar muslim di Indonesia yang diperkirakan lebih dari 100 juta jiwa. Apalagi dengan adanya teknologi yang serba digital memungkinkan mitra untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas di berbagai daerah.

4. Keuntungan yang Dihasilkan Cukup Besar

Kisaran keuntungan yang diberikan oleh Mouza Indonesia adalah 10% – 35% untuk setiap unitnya. Angka ini bisa terbilang lumayan besar mengingat kisaran harga produknya antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

5. Mentoring Bisnis

Mouza Indoneisa juga memberikan bimbingan dan pendampingan kepada mitra dalam menjalankan tugasnya. Dari sini terlihat jika Mouza menyadari kerisauan para mitranya yang tidak memiliki keterampilan dalam marketing dan akan dibantu sampai bisa berjualan secara online.

Membangun Brand Positioning Agar Bisnis Berkembang

6. Kemudahan dalam Packaging dan Pengiriman Barang ke Konsumen

Mouza juga melayani sistem dropship, yaitu pengiriman barang dipegang oleh kantor pusat. Mitra hanya fokus untuk melakukan promosi dan merespon para konsumen.

7. Support Sistem dengan Mitra yang Lain

Mouza Indonesia selalu mengadakan gathering khusus untuk para mitra yang tergabung dari seluruh Indonesia. Dari kegiatan tersebut, mitra akan ditraining dan diajak untuk saling mengenal satu sama lain. Biasanya dengan kegiatan tersebut, akan menumbuhkan motivasi dan semangat baru bagi mitranya.

8. Reward untuk Para Mitra

Para mitra di Mouza Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari dropshipper, reseller, distributor, dan agen. Selain memberikan diskon kepada para mitra, Mouza juga menyediakan beberapa hadiah menarik, seperti laptop, motor, mobil, hingga paket umroh.

Apa itu Co-Branding?

9. Sistem Lebih Mudah

Mengingat sebagian besar dari mitra penjualan Mouza Indonesia merpakan dari kalangan ibu rumah tangga. Maka, Mouza sudah menyiapkan sistem yang lebih mudah dipahami dan digunakan oleh para mitranya. Para agen dan reseller akan diarahkan untuk mengelola orderan seperti cek stock, cek resi, marketing tools, konten promo, copywriting dan sebagainya.

10. Mengutamakan Pelayanan

Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin muncul dari para mitranya, Mouza Indonesia sudah menyiapkan customer service. Fungsinya untuk fokus melayani dan membantu permasalahan dari para agen dan reseller-nya.

Baca Juga: Menentukan Unique Selling Proposition

11. Varian Produk Lebih Banyak

Alih-alih fokus pada satu jenis outfit maupun apparel, Mouza Indonesia justru menyasar banyak varian produk. Mulai dari tas, sepatu, baju, gamis, kaos kaki, khimar, sajadah, alat ibadah, saimbit keluarga, produk anak hingga masker dan gantungan kunci.

Meskipun demikian, Mouza Indonesia tetap fokus pada target marketnya yaitu masyarakat muslim dengan berbagai usia. Dengan demikian, design dan pemilihan modelnya akan menyesuaikan dengan target market.

12. Halal dan Berkah

Selain menjamin kualitas produk dan pendampingan dalam penjualan, Mouza Indonesia juga mengajarkan para mitranya untuk menjalankan bisnis yang halal, berkah, bebas riba, dan menghindari transaksi yang tidak sesuai dengan syariat. Perusahaan berkomitmen untuk memberikan manfaat terbaik bagi umat, salah satunya dengan adanya program sedekah (charity).

Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial


Proses Direct Marketing oleh Mitra

Setelah berhasil menjaring mitra, kemudian pihak Mouza akan membimbing mitranya untuk berjualan. Penjualan bisa dilakukan secara offline maupun online. Untuk berjualan secara offline, para mitra yang sebagian besar adalah para ibu rumah tangga, biasanya akan menawarkannya kepada saudara, teman dan tetangga terdekat.

Sedangkan untuk penjualan online, media penjualan bisa memanfaatkan platform aplikasi digital seperti whatsapp, messenger, facebook, instagram, dan semacamnya. Namun, biasanya sebelum berjualan, para mitra akan dibekali dengan marketing tools seperti katalog ataupun media promosi lainnya yang berupa gambar maupun tulisan. Dari materi yang diberikan, para mitra cukup perlu mempostingnya di media sosial miliknya sebagai bentuk dari upaya marketing.

Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital

Para mitra yang sudah tergabung akan dikumpulkan pada sebuah grup khusus. Dimana pada grup tersebut, mereka akan bertemu dengan mitra lainnya yang satu frekuensi. Biasanya dalam grup khusus tersebut, akan dibahas mengenai tips dan trik dalam melakukan penjualan secara direct response selling.

Pandemi, Pemilik Busana Muslim Ini Tetap Resmikan Toko | Republika Online

Sumber Gambar: Republika


Manfaat Direct Marketing

Pada umumnya, strategi direct marketing ditujukan untuk memasarkan produk langsung ke end user. Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan baik dari sisi perusahaan maupun konsumen adalah sebagai berikut:

1. Dari Sisi Perusahaan Mouza Indonesia

Strategi marketing seperti ini akan mendatangkn keuntungan bagi perusahaan. Pertama, bisa menekan biaya operasional khususnya dalam biaya marketing dan promosi. Selain itu, strategi ini menciptakan kenyamanan bagi konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen sebelumnya. Dana yang biasanya digunakan untuk biaya menggaji karyawan di bagian sales dan promosi bisa alihkan untuk keperluan hadiah bagi para mitra.

Mengenal Perusahaan Start Up

2. Dari Sisi Mitra (Dropshipper, Reseller, Distributor, Agen)

Manfaat direct marketing dari sisi mitra penjualan adalah adanya fleksibilitas terkait metode, waktu dan sarana yang bisa digunakan. Dalam menjangkau para pembeli, mitra penjualan bisa banyak menggunakan cara seperti promosi lewat sosial media mapun platform digital lainnya. Bahkan, para mitra penjualan bisa tetap mengatur waktu untuk berjualan tanpa mengganggu rutinitas hariannya.

3. Dari Sisi Konsumen Akhir

Sebagai konsumen, hal yang menentukan keputusan dalam pembelian adalah adanya tingkat kepercayaan yang baik. Direct marketing merupakan strategi yang tepat dalam membuat para konsumen merasa nyaman. Biasanya para mitra penjualan merupakan kerabat maupun tetangga dekat yang sudah memiliki hubungan yang erat sebelumnya. Oleh karenanya, tingkat closing terhadap pembelian produk akan lebih tinggi.

Mengemas Narasi yang Efektif Optimalkan Strategi Direct Response Marketing


Sub Brand Lain dari PT. Mouza Sinergi Indonesia

Toko Mouza Official Online - Produk Lengkap & Harga Terbaik | Tokopedia

Sumber Gambar: Mouza Official

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang fashion, PT Mouza Sinergi Indonesia tidak hanya fokus pada satu kategori produk. Ternyata perusahaan tersebut banyak menggarap produk lainnya selain apparel. Berikut adalah beberapa kategori produk dengan berbagai brand turunannya:

1. Mouza Indonesia

Pada brand ini, Mouza mengeluarkan kategori produk yang khusus menyasar muslim yang biasa mengenakan pakaian syar’i. Salah satunya adalah wanita yang suka menggunakan niqab atau cadar untuk kesehariannya. Pada kategori ini, target market tidak hanya untuk wanita Muslimah saja, namun ada juga produk-produk yang ditujukan untuk para laki-laki dan anak-anak.

2. Dinifi

Pada kategori ini, produk yang dihasilkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di kategori Mouza Indonesia. Namun, pada brand Dinifi, ada beberapa hal yang terlihat berbeda. Diantaranya jenis design dan model lebih ditujukan untuk muslim yang modis. Bahkan ada beberapa produknya yang terlihat untuk penggunaan acara pesta.

Baca Juga: Soft Selling, Hard Selling

3. Andiennayla

Brand selanjunya adalah Andien Nayla. Pada kategori ini, produk-produk yang disediakan dikhusuakan untuk pakaian anak-anak dengan rentang usia 1-10 tahun. Model dan design yang digunakan lebih terlihat lebih simple dan nyaman digunakan untuk anak-anak. Kebanyakan dari produk pada kategori ini berbahan kaos.

4. Mouza Shoes

Selain produk apparel, Mouza juga menyediakan produk-produk sepatu. Produk sepatu yang ditawarkan tersebut kebanyakan diperuntukkan untuk para wanita Muslimah. Warna-warna yang disajikan pun lebih elegan dan kekinian dengan mengutamakan kenyamanan tentunya.

5. Accessories

Untuk melengkapi produk fashion, Mouza juga mengeluarkan produk-produk aksesoris. Beberapa produk pada kategori ini adalah tas, masker, kaos kaki, handsock, handuk, manset, hiasan kaca, bandana, gantungan tas, hingga pin dan bross. Pada kategori ini, Mouza banyak menawarkan berbagai produk tambahan yang mencerminkan identitas sebagai Muslimah.

Content Marketing, Apa itu?

Dengan menggunakan strategi direct marketing, Mouza banyak diuntungkan dalam menggali informasi, khusunya dalam memahami kebutuhan pasar. Oleh karena itu, Mouza melebarkan sayap untuk menyediakan berbagai produk lainnya selain apparel.

Setelah melihat strategi marketing yang digunakan oleh Mouza Indonesia, kita bisa melihat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Terlebih, manfaat tersebut bisa dirasakan oleh berbagai pihak, mulai dari perusahaan, mitra, hingga konsumen. Nah, menurut Sahabat Wirausaha, kira-kira strategi direct selling seperti apa yang cocok untuk digunakan dalam bisnis Sahabat?

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.