Graphical user interface, text, applicationDescription automatically generated

Membangun interaksi dengan konsumen adalah hal yang sangat krusial. Apabila interaksinya baik maka dapat dipastikan bahwa bisnis tersebut akan berkembang dengan baik, begitu pula sebaliknya. Proses membangun interaksi telah berkembang, kita tidak harus bertemu dengan pelanggan kita satu per satu saat ini sebab perkembangan teknologi informasi telah berkembang dan mempermudah kita dalam berinteraksi dengan pelanggan.

Selain media sosial, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pesan instan (Instant Messaging Apps) sebagai saluran dalam melakukan interaksi yang lebih personal dengan pelanggan Anda. Salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di Indonesia adalah WhatsApp. Berdasarkan data Statista, jumlah pengguna WhatsApp di Tanah Air mencapai 84,8 juta pengguna pada Juni 2021.

Tingginya angka pengguna WhatsApp menjadikannya saluran interaksi yang cukup efektif bagi bisnis kecil. Karena itu, Sahabat Wirausaha harus memahami berbagai fitur yang tersedia dalam WhatsApp Business untuk memaksimalkan perannya dalam meningkatkan penjualan produk. Simak penjelasan lengkap mengenai hal tersebut melalui ulasan berikut ini.

Baca Juga: Membedah Penggunaan Whatsapp Business Untuk Naik Skala Bisnis


Sekilas Tentang WhatsApp Business

Berdasarkan dari laman resmi WhatsApp Business, WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil. WhatsApp Business diperkenalkan pada tahun 2018 dan dikembangkan khususnya untuk UMKM. WhatsApp Business membantu UMKM dengan menghadirkan fitur tersebut untuk memaksimalkan interaksi dengan konsumen.

Aplikasi ini mempermudah kita untuk terhubung dengan pelanggan secara langsung, mempromosikan produk dan layanan, serta menjawab pertanyaan mereka sepanjang proses berbelanja. Tak hanya itu, kita juga dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan Anda serta menggunakan fitur khusus untuk mengotomatiskan, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat.


5 Fitur WhatsApp Business yang Perlu Anda Optimalkan

Fitur WhatsApp Business yang dapat Anda gunakan untuk membangun interaksi dengan konsumen adalah sebagai berikut:

Baca Juga: 14 Hal yang Wajib Dilakukan Untuk Menjamin Keamanan Komunikasi Digital di WhatsApp

1. Profil Bisnis

Pada fitur ini, Anda dapat membuat profil bisnis dengan menjelaskan informasi yang bermanfaat kepada konsumen Anda, berupa nama brand Anda, logo brand, kategori bisnis, dan alamat bisnis yang membantu konsumen Anda mengenali brand Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengisi jam operasional dari bisnis Anda sehingga konsumen dapat mengetahui kapan mereka sebaiknya menghubungi bisnis Anda. WhatsApp Business juga menyediakan informasi email dan situs web yang dapat Anda isi untuk mengontak Anda lebih lanjut.

Fitur ini sangat membantu untuk menjelaskan profil bisnis Anda sehingga Anda tidak perlu menjelaskan kepada konsumen secara satu per satu. Konsumen yang mengunjungi kontak Anda akan melihat sendiri profil bisnis Anda.

Baca Juga: Fitur-Fitur Instagram yang Bermanfaat Bagi Bisnis

2. Katalog Produk

Katalog produk adalah sebuah informasi yang dapat diakses oleh konsumen Anda untuk mengetahui produk apa saja yang Anda tawarkan. Katalog juga akan memberikan kemudahan konsumen untuk berinteraksi dengan bisnis Anda. berikut adalah tips yang bisa digunakan oleh Anda dalam memaksimalkan fitur katalog ini:

Menambah produk atau layanan ke katalog Anda

Untuk menambahkan produk ke katalog WhatsApp Business Anda, berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business > Pengaturan > Fitur Bisnis > Katalog.
    Jika Anda membuat katalog baru, ketuk Tambah Produk atau Layanan.
  • Ketuk ikon tanda tambah biru atau Tambah item baru. Lalu ketuk Tambah Gambar.
  • Ketuk Pilih Foto untuk mengunggah gambar dari Foto atau Ambil Foto untuk mengambil gambar baru. Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar.
  • Masukkan nama produk atau layanan. Anda juga dapat memberi detail opsional seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode untuk produk atau layanan yang diunggah.
  • Ketuk Simpan.

Baca Juga: Cara Praktis Buat Katalog Produk di WhatsApp Business

Kini Anda telah berhasil menambahkan produk di WhatsApp Business Anda. Kini Anda perlu mengetahui cara menghapus produk semisal produk yang Anda jual tidak lagi tersedia. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Menghapus produk atau layanan dari katalog Anda

  • Buka aplikasi WhatsApp Business > Pengaturan > Fitur Bisnis > Katalog.
  • Gesek ke kiri produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Kemudian ketuk Hapus > Hapus.
  • Alternatif lainnya, pilih gambar produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Kemudian ketuk Edit > Hapus > Hapus.

3. Balas Cepat

Dalam bisnis tentu kita sering membalas pertanyaan yang sama secara berulang-ulang kali, bukan. Fitur Balas cepat ini sangat membantu memungkinkan Anda untuk menyimpan dan menggunakan pesan yang sering digunakan, agar Anda dapat mudah menjawab pertanyaan umum dengan cepat.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Baca Juga: Chat Commerce

  • Di aplikasi WhatsApp Business, ketuk Pengaturan.
  • Ketuk Fitur Bisnis > Balas Cepat.
  • Ketuk Tambahkan (Tombol ‘+’) .
  • Ketuk Masukkan pesan untuk membuat pesan yang Anda inginkan.
  • Ketuk Pintasan untuk mengatur pintasan papan ketik untuk balas cepat Anda.
  • Ketuk Simpan.

Untuk membuat perintah balas cepat di WhatsApp Business, Anda perlu memahami dan mengikuti perintah sebagai berikut:

  • Message – Kolom ini berguna untuk mengisikan ‘Isi pesan’ yang akan Anda jadikan balasan cepat.
  • ShortcutShortcut diawali dengan tanda garis miring (/) berguna untuk ‘memanggil pesan’ yang Anda tuliskan di kotak isian pesan tadi.
  • KeywordKeyword berguna untuk ‘memudahkan pencarian’ berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan. Keyword atau kata kunci ini akan berguna untuk penyortiran jika Anda memiliki beberapa balasan cepat di dalam daftar chat. Anda diberikan kesempatan untuk memberikan 3 kata kunci dalam setiap pesan balas cepat di WhatsApp.

Untuk menggunakan fitur ini, maka Anda hanya perlu mengetikkan tanda garis miring “/” dan memilih pesan mana yang mau Anda kirimkan. Anda juga dapat mengedit pesan dan memberikan emoticon sebelum mengirim pesan tersebut.

4. Label

Dalam bisnis kita membutuhkan sebuah pengingat atau label kepada konsumen kita untuk dapat mengetahui mana konsumen yang belum membayar, konsumen baru, konsumen yang sudah membayar, dan lain sebagainya sesuai dengan bisnis Anda.

WhatsApp Business memiliki fitur label untuk keperluan tersebut. Fitur ini dapat memiliki fleksibilitas sehingga dapat Anda sesuaikan dengan keadaan bisnis Anda. Anda dapat mengelola kontak atau chat dengan label agar Anda dapat menemukannya kembali dengan mudah.

Baca Juga: Membangun Bisnis Kuliner Dari WhatsApp

Untuk mengaktifkan fitur label pada WhatsApp Business, Anda dapat mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business > ketuk Pengaturan.
  • Ketuk Fitur Bisnis > Label > Tambah Label Baru.
  • Masukkan nama label > ketuk Simpan.

Anda juga memiliki cara alternatif dengan ketuk Chat dan gesek ke bawah pada layar Anda. Lalu ketuk Label > Tambah Label Baru > masukkan nama label > ketuk Simpan. Anda perlu mengetahui bahwa Anda dapat membuat label hingga 20 label.

5. Pesan Otomatis

Dalam bisnis, Anda tentu memiliki jam operasional namun tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen Anda juga bisa menghubungi bisnis Anda di luar dari jam operasional. Hal tersebut sebaiknya tetap perlu direspon dengan baik dan memberitahu konsumen Anda bahwa mereka menghubungi di luar dari jam operasional.

Hal ini cukup merepotkan apabila dikerjakan secara manual. Anda membalas pesan tersebut satu per satu. Bisa jadi waktu yang seharusnya Anda pakai untuk istirahat justru terpakai untuk membalas pesan di luar jam operasional tersebut.

Oleh karena itu, WhatsApp Business menghadirkan fitur pesan otomatis. Pesan otomatis adalah fitur untuk setel pesan di luar jam kerja ketika Anda tidak dapat merespons sehingga pelanggan mengetahui kapan mereka akan memperoleh balasan. Anda juga dapat membuat salam untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada pelanggan.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Baca Juga: Chatbot

  • Klik menu Pesan di luar jam kerja lalu aktifkan tombol Kirim pesan di luar jam kerja.
  • Isilah dengan pesan yang ingin Anda kirimkan pada pelanggan.
  • Atur jadwal pesan tersebut akan dikirimkan pada pelanggan.
  • Anda juga bisa mengatur siapa saja penerimanya. Pilihannya ada untuk siapa saja, semua orang dengan pengecualian, khusus satu penerima, atau siapapun kecuali yang tidak tersimpan dalam kontak.
  • Jika sudah selesai mengatur, klik Simpan.

Pesan yang sudah Anda tuliskan sebelumnya akan terkirim secara otomatis. Sebagai catatan, Apabila Anda memilih pesan yang dikirimkan hanya untuk di luar jam kerja, maka Anda harus selalu terkoneksi dengan internet.

Teknologi informasi telah mengubah cara kita dalam menjalani hidup, salah satunya menjalani bisnis. Dengan perkembangan teknologi informasi, kebutuhan terhadap fitur yang memudahkan kita dalam menjalani bisnis dapat terpenuhi, salah satunya dengan menggunakan WhatsApp Business. WhatsApp Business memiliki fitur yang baik untuk menunjang perkembangan bisnis dan hubungan Anda bersama konsumen. Kini sudah saatnya Anda beralih menggunakan WhatsApp business sekarang juga.

Baca Juga: WhatsApp Memblokir Sejumlah Jenis HP, Simak Daftarnya

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

WhatsApp Business | WhatsApp.com

Cara Menggunakan Label | WhatsApp.com