Sahabat Wirausaha, apakah ingin agar bisnis yang sedang dijalankan semakin berkembang? Jika, jawabannya adalah iya, artikel ini tepat untuk Anda simak. Sudah pernah mendengar istilah “Persona”? Persona adalah karakter user yang disusun atau dibuat untuk mewakili target market pada sebuah brand atau merek.
Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram
Persona merupakan komponen dalam bisnis yang perlu disiapkan untuk membantu pembuatan materi marketing dan pengembangan produk agar lebih menarik dan tepat sasaran. Dengan menentukan persona, maka produk atau jasa bisnis sudah terarah atau berorientasi pada target market tertentu sehingga produk dapat menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan.
Sebagai contoh, gambaran persona adalah seperti berikut. Tata, seorang wanita pekerja berusia 25 tahun. Ia memiliki hobi traveling, suka menonton film, dan memiliki kebiasaan mengkonsumsi es kopi yang dipesan via online. Ia bekerja di area Jabodetabek dan sering menggunakan jasa transportasi online.
Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial
Nah, data tersebut tentu dapat digunakan oleh perusahaan menjadi materi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan persona konsumen. Sebagai contoh, divisi desain produk suatu perusahaan membuat hand sanitizer ukuran mini yang dapat digantung di tas sehingga terlihat lebih praktis dalam penggunaan dan ukurannya mudah dibawa kemana saja. Produk ini tentu dibutuhkan oleh pembeli yang hobi traveling, enerjik, dan memiliki mobilitas tinggi.
Ketika produk siap dipasarkan, divisi konten media sosial dapat membuat konten terkait penggunaan hand sanitizer dengan model gantungan, misalnya dengan memaparkan kelebihannya yang tidak mudah ketinggalan, mudah digunakan, tidak mudah tumpah, dan menjadi aksesoris tas. Keunggulan produk itu cocok dengan keseharian Tata yang memiliki mobilitas tinggi, sering berinteraksi dengan banyak orang, dan hobi melakukan perjalanan.
Baca Juga: 5 Tips Pasang Harga di Marketplace
Contoh-contoh yang sudah dipaparkan di atas semakin meyakinkan bahwa persona akan membantu Anda menjadi pondasi dan kerangka dalam pemasaran, pelayanan, interaksi, dan pengembangan produk yang lebih terarah dan berorientasi pada target konsumen. Dengan demikian, produk yang dihasilkan dapat solusi bagi pembeli, yang selanjutnya berdampak bagi perkembangan bisnis.
Semoga artikel ini menjadi bacaan yang berdampak dan mendorong Sahabat Wirausaha mempraktekannya pada bisnis agar semakin berkembang. Salam UKM Naik Kelas!
Baca Juga: Kupas Tuntas Pengelolaan Reseller di Era Digital
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.