Aplikasi Pemasaran Instagram –  Salah satu faktor penting yang akan menentukan pengembangan pemasaran UMKM adalah kinerja promosi kita di Instagram. Berdasarkan Ipos tentang penggunaan instagram di Indonesia, ditemukan bahwa 81% konsumen menggunakan platform tersebut untuk mencari informasi tambahan ketika mereka tertarik dengan suatu produk atau merek. Beberapa tahun belakangan, pelaku UMKM sudah mulai memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Hanya saja, banyak yang masih belum menguasai desain grafis dengan baik sehingga konten yang disajikan kurang menarik. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi UMKM untuk memanfaatkan berbagai tools alias aplikasi pembantu yang terkoneksi dengan Instagram guna meningkatkan kualitas konten dan daya tarik mereka. Berikut 8 aplikasi pembantu yang bisa kita coba, simak sampai habis ya! 


8 Instagram Tools untuk Pemasaran bagi UMKM

Berikut rekomendasi Instagram tools yang dapat mendukung pemasaran kinerja UMKM:

1. Canva

Sumber: YouTube

Canva adalah platform desain grafis gratis yang memungkinkan kita dengan mudah membuat logo, undangan, kartu nama, pamflet, gambar miniatur, video, dan banyak lagi menggunakan template yang dirancang secara profesional.

Kita dapat mengunggah foto sendiri dan menambahkannya ke template Canva dengan antarmuka seret dan lepas, kita tidak perlu memerlukan pengetahuan pengeditan foto yang mendalam untuk menggunakannya karena Canva memiliki 250.000 template, 100+ tipe desain, 1700 font, ratusan ribu foto dan grafik yang dapat dipilih. Cukup unggah foto kamu ke Canva, letakkan mereka ke template pilihan kita, dan upload ke instagram.

Sahabat Wirausaha dapat belajar cara menggunakan Canva di kelas virtual, terdapat tutorial video gratis di website mereka.

Baca Juga: 5 Kesalahan Beriklan di Instagram Ads yang Harus Dihindari, Pebisnis Pemula Wajib Tahu!

2. Mezink

Sumber: dominos

Mezink adalah alamat web yang dapat diklik yang dapat kita tambahkan ke profil Instagram kita. Apakah itu tautan ke situs web, blog, halaman produk, Gofood, whatsapp dan sebagainya, kita ingin konsumen yang mengunjungi profil Instagram kita memiliki akses ke semua hal tersebut. Masalahnya adalah UMKM tidak memiliki banyak link di Instagram, sehingga sangat terbatas.

Alat ini dapat mempromosikan beberapa tautan dibawah satu tautan, sehingga ketika konsumen mengkliknya, mereka akan dibawa ke halaman yang menampilkan semua tautan relevan dalam satu tempat. 

Dengan cara ini, hasil lalu lintas tersebut dapat berubah menjadi prospek yang dapat kita konversi untuk menghasilkan lebih banyak penjualan, jadi jika kita belum menggunakan strategi tautan bio, saatnya untuk memulainya mengunjungi www.mez.ink.

3. Pacdora

Sumber: pacdora.com

Pacdora adalah alat desain kemasan online yang menggabungkan fitur pengeditan, pratinjau 3D, pemrosesan gambar, dan ekspor menjadi satu produk web tunggal. 

Manfaatnya adalah kita akan lebih mudah menghasilkan visual kemasan produk secara nyata (3D), sebelum  dilakukan produksi kemasan secara komersial.

Untuk memanfaatkannya, kita hanya perlu mengunjungi Pacdora.com yang menyediakan 4900+ template pengemasan yang dapat disesuaikan dengan mengunduh desain gambar, logo, dan teks merek kita sendiri yang sebelumnya kita bisa membuat label produk di canva. Selain itu, kita diberikan akses gratis selama 30 hari untuk menguji fitur - fitur yang disediakan.

Baca Juga: Cara Optimalkan Instagram Business untuk Toko Online, Permudah Konsumen Temukan Bisnismu

4. Instagram Insights

Sumber: youtube

Instagram Insight adalah fitur Instagram yang memberikan berbagai informasi mengenai konten yang kita posting. Untuk mengaksesnya, pastikan akun kita sudah diubah menjadi akun bisnis. Setelah itu, buka halaman profil bisnis kita, cari tombol "Insight" atau "Analisis", dan kita bisa melihat informasi tentang tampilan, jangkauan, interaksi, pengikut, dan cerita kita. Insight membantu kita memahami bagaimana postingan kita berperforma dan membuat keputusan yang lebih baik dalam strategi konten kita. Untuk keterangan setiap fitur, baca informasi berikut ini ya: 

  • Jangkauan akun: Informasi demografis yang ditampilkan meliputi negara, kota asal, rentang usia, dan jenis kelamin.
  • Aktivitas profil: Menunjukkan berapa banyak orang mengunjungi profil kita dan berinteraksi dengan tautan dan tombol yang ada di atas halaman, seperti tombol email dan tautan alamat bisnis.
  • Akun terlibat: Kita dapat melihat jumlah akun unik yang berinteraksi dengan konten kita. Informasi demografis juga ditampilkan, termasuk negara teratas, kota teratas, rentang usia, dan pembagian jenis kelamin.
  • Total pengikut: Kita dapat melihat tren pertumbuhan jumlah pengikut kita. Data ini mencakup jumlah pengikut yang ditambahkan atau hilang dalam periode tertentu, serta lokasi, pengikut rentang usia, dan waktu aktif pengikut.
  • Konten yang kita bagikan: Kita dapat menganalisis performa setiap postingan Instagram secara terperinci. Metrik performa postingan meliputi tampilan, suka, komentar, bagikan, simpan, kunjungi profil dan situs website, serta jumlah akun yang dijangkau oleh postingan kita yang bukan merupakan pengikut kita.

Insights tersedia untuk rentang tanggal apa pun dalam 90 hari terakhir.  Dan, hasil analisisnya adalah: (1) Kita bisa melihat dari data ini jenis konten apa yang paling cocok dan kapan waktu terbaik untuk posting. (2) Kita bisa lihat dari data demografi untuk mengetahui pasar baru yang bisa dieksplorasi. (3) Dari analisis ini, kita bisa fokus untuk memperbanyak pengikut dan meningkatkan penjualan.

5. Later

Sumber: vitasocial

Later adalah platform yang memudahkan kita dalam mengelola akun Instagram. Dengan Later, kita bisa menjadwalkan postingan, menganalisis performa, dan memposting konten. 

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, kita hanya perlu mengunjungi later.com  untuk menjadwalkan postingan baru. Selanjutnya, menyeret dan menjatuhkan konten dari panel media kita ke tanggal yang tersedia di kalender. Setelah konten diseret ke bagian perencanaan tanggal, kita akan langsung dibawa ke editor postingan. Di sana, kita bisa mengedit gambar, menulis keterangan postingan, menambahkan tagar, dan mengatur waktu penerbitan.

Dengan menghabiskan 30 menit hingga satu jam per hari untuk menjadwalkan postingan Instagram selama seminggu, sebagai pemilik UMKM, kita dapat mengurangi stres dalam mengelola konten yang menarik audiens dan mendorong mereka untuk membeli produk kita. Selain itu, hal ini juga akan menghemat waktu berharga setiap harinya.

Baca Juga: Inilah 8 Alasan Memilih Instagram Sebagai Toko Online, Berikut Penjelasannya!

6. Hastag Expert

Sumber: apple

Hastag Expert adalah alat pembuat hastag meliputi mengedit hastag, memeriksa hashtag yang sedang tren, populer, dan terbaru, melacak analisis dan performa hashtag, waktu posting dan menikmati akses ke komunitas Discord mereka dan berbagi ide dengan orang lain.

Nah, cara pakainya gampang banget! Pertama, kita harus nautkin akun Instagram Business kita. Lalu, sesuaikan pengaturannya sesuai yang kita mau. Setelah itu, cari grup hashtag yang relevan dengan konten kita dan edit hashtag kalau perlu. Setelah semuanya siap, tinggal salin dan tempel ke postingan Instagram kita. Dengan aplikasi ini, kita bisa dengan mudah meningkatkan performa postingan Instagram kita dan lebih banyak orang akan suka dan tahu tentang konten kita. 

7. Copy. ai

Sumber: copy.ai

Copy.ai adalah sebuah alat berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan pembuatan konten secara otomatis, termasuk judul blog, email, konten media sosial Instagram, dan teks web. Manfaat utamanya adalah menghemat waktu, karena alat ini dapat dengan mudah mengambil alih pekerjaan berat menulis konten.

Untuk menggunakan Copy.ai, kita tinggal kunjungi web copy.ai dan masukkan informasi tentang produk atau layanan kita. Selanjutnya, pilih panjang dan gaya bahasa yang diinginkan, tambahkan elemen seperti emoji, lalu tekan tombol "Generate" untuk mendapatkan hasil otomatis. Setelah itu, tinggal salin caption yang dihasilkan dan posting di akun Instagram UMKM kita. Jangan lupa untuk terus memantau kinerjanya dan buat caption menarik berikutnya dengan Copy.ai ya!

Baca Juga: Inilah 9 Fitur Unggulan Toko Online Shop di Instagram, Pengusaha Milenial Wajib Tahu! 

8. Qontak.com

Sumber: qontak

Qontak adalah sistem aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai media sosial ke dalam satu aplikasi dan meberikan solusi mempermudah UMKM beralih ke aktivitas bisnis yang digital dan terautomasi.

Kita dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan dengan Instagram API seperti:

Respons otomatis setiap Direct Message yang masuk
Tingkatkan engagement pelanggan secara instan
Layanan pelanggan tanpa batas 24 jan non-stop
Integrasi mudah dengan aplikasi populer lainnya

Untuk menggunakan Instagram API, ikuti langkah-langkah berikut: Pertama, daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia di Qontak.com. Selanjutnya, pastikan kita memiliki Akun Facebook Business Manager dan Facebook Page dengan peran Admin. Pastikan juga kita menggunakan Akun Instagram Business. Kemudian, sambungkan Facebook Page dengan Akun Instagram Business. Setelah itu, Mitra Resmi akan menyiapkan Instagram API untuk kita. Setelah proses selesai, Instagram API siap digunakan.

Berdasarkan 123formbuilder, sebanyak 81% orang mengklaim bahwa menerima layanan pelanggan yang baik membuat mereka lebih cenderung untuk melakukan pembelian kembali.


Pilih Jenis Konten Apa Yang Ingin Kita Unggah Di Instagram

Sekarang setelah Sahabat Wirausaha tahu tools yang digunakan, saatnya untuk mengunggahnya!

Unggahan di aplikasi Instagram hadir dalam lima bentuk diantaranya: 

Regular Instagram Posts: postingan yang tetap ada kecuali kita menghapusnya. Postingan ini akan muncul di Feeds pengikut kita di Instagram.
Instagram Stories: postingan dengan durasi 15 detik yang akan menghilang setelah 24 jam. Stories cocok digunakan untuk konten lebih santai dan momen sekarang.
Instagram Live: postingan yang muncul di Stories pengikutmu, tetapi direkam secara langsung. Kita dapat melihat orang-orang saat mereka bergabung dan membaca komentar yang masuk secara real-time.
Instagram Reels: video pendek dengan durasi hingga 60 detik. Mirip dengan TikTok, kita dapat  mengedit beberapa klip dan menambahkan musik dan efek suara.
IGTV: mirip dengan YouTube, kita dapat mengunggah video berdurasi panjang hingga 10 menit (atau 60 menit jika memiliki akun bisnis yang terverifikasi dengan 10.000 pengikut). IGTV cocok digunakan untuk demonstrasi produk, tutorial, atau Latihan terpadu. 

Dengan menggunakan alat-alat ini, kita dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola postingan Instagram untuk pemasaran bisnis UMKM kita.

Jelajahilah potensi pemasaran bisnis kita dengan 8 instagram tools unggulan dan rasakan pertumbuhan luar biasa. Ingat, kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.

Referensi:

  1. https://www.shopify.com/au/blog/instagram-insights
  2. https://buffer.com/library/instagram-small-business/
  3. https://qontak.com/fitur/instagram-api/
  4. https://www.copy.ai/tools/instagram-caption-generator