Siapa sih yang ga tau es krim? Sahabat Wirausaha juga pasti pernah merasakan nikmatnya es krim. Tahu ga sahabat wirausaha? Ternyata es krim merupakan sejenis makanan hidangan beku dan produksi es krim secara komersial mulai dilakukan pada abad ke-18, menyusul ditemukannya mesin freezer pada tahun 1846.
Nah.. Pabrik es krim pertama dibangun di Baltimore, Amerika Serikat, pada tahun 1851. Es krim dapat dikatakan sebagai salah satu jenis makanan yang sangat populer di dunia dan sangat digemari semua kalangan.
Tak hanya lezat, es krim juga sangat baik untuk kesehatan lho! Hal ini karena es krim karena kaya akan nutrisi dan termasuk makanan dengan gizi tinggi. Komposisi terbesar es krim adalah susu yang merupakan sumber protein dan energi yang dapat membantu pertumbuhan (Chan, 2008). Susu yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan es krim adalah susu skim. Susu skim digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan nilai kalori yang rendah yang terkandung dalam makanan tersebut, karena susu skim hanya mengandung 55 % dari seluruh energi susu sehingga susu skim sangat baik digunakan dalam pembuatan keju dengan lemak rendah dan yoghurt serta es krim (Buckle, 1985).
Pada umumnya produk susu skim memperlihatkan label kandungan lemak di bawah 0,5 %. Susu skim atau semi skim yang diproduksi mempunyai kandungan lemak antara 1 % sampai 2 % sehingga memberikan pilihan yang lebih bervariasi pada konsumen. Es krim biasa dikonsumsi sebagai makanan selingan (desert) dan dikelompokkan dalam makanan cemilan (snack) (Hassanudin, 2011).
Perlu Sahabat Wirausaha ketahui, es krim merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan cara membekukan dan mencampur bahan baku secara bersama-sama. Bahan yang digunakan adalah kombinasi susu dengan bahan tambahan seperti gula dan madu atau tanpa bahan perasa dan warna, dan stabilizer, bahan campuran es krim disebut ice cream mix (ICM), dengan pencampuran bahan yang tepat dan pengolahan yang benar maka dapat dihasilkan es krim dengan kualitas baik (Susilorini, 2007).
Dibalik kelembutan dan rasa manisnya, es krim terbukti memiliki beberapa fakta gizi yang tidak terduga. Keunggulan es krim yang didukung oleh bahan utamanya yaitu susu tanpa lemak dan lemak susu maka es krim hampir sempurna dengan kandungan gizi yang lengkap. Namun, nilai gizi es krim sangat tergantung pada nilai gizi bahan baku yang digunakan ya Sahabat Wirausaha. Untuk membuat es krim yang memiliki kualitas tinggi bahan bakunya perlu diketahui dengan pasti, dengan menggunakan susu sebagai bahan utama pembuatan es krim maka es krim memiliki sumbangan terbesar nilai gizinya.(Fitrahdini, 2010).
Pembuatan es krim mempunyai prinsip yaitu dapat membentuk rongga udara pada ice cream mix (ICM), sehingga diperoleh pengembangan volume es krim agar menjadikan es krim lebih ringan dan tidak padat serta mempunyai tekstur yang lembut, oleh karena itu es krim merupakan produk olahan susu yang disukai masyarakat (Rahmawati, 2013).
Sahabat Wirausaha, kita sudah membahas sedikit banyak tentang es krim, nah… sekarang kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai peluang pasar produk es krim. Mungkin setelah membaca artikel ini Sahabat Wirausaha mendapat ide untuk membuka bisnis es krim. Maka dari itu, mari di simak dengan seksama ya..!
Mengapa Es Krim?
Diantara bisnis yang tren, sahabat wirausaha perlu melirik bisnis es krim, karena es krim amat digandrungi sekarang ini. Pasalnya jenis bisnis yang satu ini memiliki peluang pasar dengan laba yang cukup menjanjikan. Tidak berbeda dengan bisnis makanan atau minuman pada umumnya, peluang bisnis pencuci mulut nan lembut ini sekiranya sangat layak untuk ditekuni. Alasan bisnis es krim ini banyak diminati adalah (Anonim, 2007):
1. Iklim Tropis
Indonesia secara geografis terletak di khatulistiwa. Sehingga bisa dibilang kondisi iklim tropis Indonesia mendukung keberlangsungan menjajal bisnis ice cream. Terlebih suhu udara cenderung semakin bertambah yang mana pada kenyataannya terasa pas untuk menyantap menu es krim yang nikmat.
2. Diminati oleh Semua Kalangan
Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bisa dibilang semua senang makan es krim. Karenanya es krim termasuk produk dengan peluang pasar menjanjikan. Memasarkan produk es krim dirasa lebih mudah dibanding produk asing atau baru. Sehingga yang perlu dilakukan hanyalah membuat mesin es krim yang lezat apalagi jika penyajiannya dibuat dalam kemasan yang menarik.
3. Pasar Bisnis Es Krim Mudah Dicari
Hal-hal yang diperlukan untuk membuka bisnis es krim hanyalah lokasi strategis dan ramai seperti pasar, mall, taman, sekolah, dan lain-lain. Tidak hanya itu, pebisnis juga hanya perlu menyediakan mesin es krim yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan produk yang baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.
4. Tidak Membutuhkan Banyak Karyawan dan Keterampilan Tinggi
Dalam menjalankan bisnis es krim, hanya dibutuhkan minimal 1 orang karyawan yang bekerja sebagai operator mesin sekaligus merangkap menjadi pelayan dan kasir. Jadi bisa dibilang 1 mesin hanya membutuhkan 1 karyawan saja. Selain itu, yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini adalah ketekunan dan pengalaman. Pengalaman ini mudah didapatkan dengan mempelajari apa yang ada.
5. Proses Pembuatan Es Krim Mudah dan Cepat
Proses pembuatan es krim terbilang mudah dan tidak mebutuhkan waktu lama. Jumlah produksi dan varian pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan sendiri.
6. Peluang Bisnis yang Tidak Ada Matinya
Peluang bisnis ice cream termasuk binsis yang fleksibel. Maksudnya bisnis ini tidak akan pernah ada matinya. Dari jaman dulu hingga sekarang bisnis ice cream sekiranya akan terus ada. Tentunya berkembang seiring dengan kemajuan jaman dan inovasi serta kreativitas manusia. Dengan demikian, bila ingin selalu sukses bersaing secara sehat harus mencoba terus berinovasi menyuguhkan varian es krim lezat yang dibuat dengan mesin es krim handal.
Kandungan Gizi Es Krim
Selain lezat, es krim bermanfaat untuk kesehatan. Sebagai informasi untuk Sahabat Wirausaha, satu porsi es krim yang berbahan susu sekitar 66 gram mengandung 137 kalori, 40,26 gram kadar air, 2,31 gram protein, 7,26 gram lemak, 0,59 gram ash, 15,58 gram karbohidrat, 0,5 gram serat makanan, dan 14,01 gram total gula.
Kandungan tersebut mencakup berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, di antaranya: Vitamin D 33,33% Total lemak (lipid) 20,74% Vitamin B2 12,15% Karbohidrat 11,98% Vitamin C 11,33% Vitamin A 11,14% Vitamin B12 10,83% Fosfor 9,86% Kalsium 8,40% Isoleusin 7,72% Vitamin B5 7,66% Triptofan 6,82% Valin 6,77% Leusin 5,65% Threonine 5,45% Lisin 5,08%.
Sehingga manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi es krim adalah mencegah osteoporosis, meningkatkan kekebalan tubuh, tidak menyebabkan gemuk, indeks glikemik rendah sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama, meningkatkan fungsi saraf dan organ, menurunkan resiko penyakit jantung, kanker kolorektal dan hipertensi, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan libido, meningkatkan kesuburan, membantu merangsang otak, membantu memperkuat tulang, menambah energi, memperbaiki mood, dan mencegah kanker payudara (Admin, 2020).
Jenis Es Krim
Sahabat Wirausaha pasti sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis es krim. Namun tak banyak yang mengetahui jenis-jenis es krim. Jadi, jenis-jenis es krim tersebut pertama yakni rolled ice cream dimana adonan cairan es krim dituang, kemudian diaduk seperti gerakan mencincang, dicampur dengan adonan seperti oreo dan stroberi, lalu es krim digulung sempurna berbentuk spiral.
Kedua, soft serve yang mana memiliki tekstur yang sangat halus dan disajikan dalam cone kemudian dicelupkan ke dalam cokelat dan ditaburi meses warna-warni. Ketiga, frozen yogurt yang mana memiliki kandungan lemak lebih rendah dan memiliki rasa yang tajam. Keempat, snow cream yang mana terbuat dari susu yang dibekukan menjadi es balok kemudian diserut dan diberi topping boba, buah segar, kental manis, cokelat, dan masih banyak lagi. Kelima, gelato yang mana memiliki bentuk lebih padat. Keenam, kulfi yang memiliki tekstur tebal, padat dan tidak mudah meleleh yang disajikan dalam bentuk stick. Ketujuh, sorbet yang memiliki tekstur lebih pada dan lebih kaya serta terkadang mengandung alkohol. Dan masih banyak lagi (Fridayani, 2020). Aduh.. jadi terbayang ya… jadi kepengen makan es krim nih… hihihi….
Performa Bisnis Es Krim di Indonesia
Bagaimana sih pertumbuhan bisnis es krim di Indonesia? Mungkin rasa penasaran Sahabat Wirausaha semakin memuncak. Yuk simak baik-baik.
Seperti yang kita ketahui produk pangan khususnya makanan dan minuman siap saji saat ini memiliki prospek pasar yang semakin luas. Hal ini disebabkan karena adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang akan menimbulkan perubahan pola belanja yang dipicu oleh perubahan pola pikir. Selain itu adanya peningkatan pendapatan per kapita penduduk Indonesia membuat kemampuan daya beli masyarakat juga semakin meningkat. Salah satu produk yang mengalami pertumbuhan adalah es krim.
Sumber: www.foofdreview.co.id
Sahabat Wirausaha, terlihat dari grafik di atas, dari tahun ke tahun, pertumbuhan dan perkembangan industri es krim di Indonesia semakin meningkat.
Sejak tahun 2007, pertumbuhan industri es krim di Indonesia telah mencapai angka 10% hingga 20% tiap tahunnya atau mendekati 100 juta per liter dengan nilai absolute diatas 2 triliun. Nilai pertumbuhan industri es krim yang cukup tinggi tersebut dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan konsumsi es krim per kapita masyarakat. Permintaan akan produk es krim di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini diperjelas dengan data mengenai konsumsi es krim per kapita di Indonesia berikut ini.
Meskipun peningkatan permintaan tersebut menunjukkan nilai yang cukup tinggi, namun konsumsi es krim per tahun di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan Thailand yang telah mencapai angka lebih dari 1,2 liter per orang per tahunnya. Rendahnya tingkat konsumsi es krim di Indonesia disebabkan oleh terbatasnya pemain pasar yang menawarkan produknya secara nasional.
Di bawah ini gambaran potensi produk es krim di Indonesia yang menunjukkan bahwa 50% pasar dikuasai oleh daya beli masyarakat yang sedang.
Sumber: repository.upnjatim.ac.id
Jadi Sahabat Wirausaa, Pertumbuhan industri es krim di Indonesia dalam setengah dasawarsa terakhir ini sedang naik-naiknya. Selain pertumbuhan jumlah produsen yang berlipat, titik penjualan es krim ritel pun mengalami hal yang sama. Menarik bukan?
Ditambah lagi, menurut laporan profil industri dari Marketline memperlihatkan, laju pertumbuhan majemuk (CAGR) dari industri ini pada periode 2015 hingga 2019 mengalami pertumbuhan CAGR 10,4%. Selain itu, volume konsumsi pasar juga meningkat dengan CAGR 6,3% periode yang sama mencapai 105,3 juta kilogram pada 2019 (Hidayat, 2021).
Dalam kondisi pandemik seperti ini, jumlah konsumen es krim tidak mengalami penurunan, bahkan cenderung mengalami peningkatan. Kenaikannya mencapai 7-8% dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena selama pandemic orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah (Komarudin, 2021). Dapat disimpulkan peluang pasar produk Es Krim di Indonesia terbuka lebar.
Strategi Tembus Pasar Es Krim
Peluang usaha es krim sangatlah terbuka lebar dan pangsa pasar nya juga sangat jelas, dari semua usia suka dengan es krim. Ciri khas dari es krim yang biasa dijadikan dessert ini terbuat dari susu dan memiliki tekstur yang lembut, sehingga tidak heran jika es krim sangat disukai banyak kalangan.
Sahabat Wirausaha mungkin sudah tertarik untuk memulai bisnis ini. Nah, untuk itu kami berikan langkah-langkah yang dapat dilakukan agar bisnis es krim dapat berjalan dengan sukses.
Pertama yang harus dilakukan Sahabat Wirausaha adalah memulai bisnis es krim yang sederhana yang mana hanya perlu membeli mesin es krim seharga 3,5 jutaan serta menyewa stand di swalayan atau di mall dengan harga 1 juta per bulannya.
Hal kedua, Sahabat Wirausaha harus fokus pada target pasar. Sasaran dari bisnis es krim ini adalah semua orang sehingga pebisnis harus membuat es krim yang disukai oleh berbagai usia atau dengan membedakan dari tampilannya. Misalkan untuk anak kecil diberikan es krim dengan tampilan yang lucu, untuk orang dewasa diberikan tampilan yang cantik dan rapi.
Hal ketiga.. Sahabat Wirausaha merealisasikan usaha es krim. Dalam memulai usaha es krim memang membutuhkan keyakinan, kerja keras, serta ketekunan yang kuat agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan cepat. Oleh karena itulah Sahabat Wirausaha harus bisa memulai bisnis tersebut dengan yakin setelah anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya.
Selain itu Sahabat Wirausaha juga harus mempelajari terlebih dahulu pola dan cara membuat es krim agar dapat membuat es krim yang unik seingga dapat bersaing dengan pesaing es krim lainnya. Hal keempat adalah olahan menarik es krim yang unik akan membuat orang tertarik untuk mencobanya dan perlu belajar untuk menghias es krim agar lebih cantik karena tidak dapat dipungkiri bahwa hiasan memang menjadi hal yang harus diperhatikan karena semua orang melihat es krim dari tampilannya, ketika es krim memiliki tampilan yang cantik dan menggiurkan, maka seseorang pasti ingin mencobanya dan membelinya. Dan hal yang terakhir Sahabat Wirausaha harus mampu melakukan pemasaran.
Pemasaran merupakan tonggak kesuksesan sebuah bisnis karena ini yang menentukan bahwa produk ini dapat dikenal oleh banyak masyarakat atau tidak. Sahabat Wirausaha perlu untuk membentuk tim pemasaran. Contoh pemasaran yang dapat diterapkan adalah menbuat promo diskon dalam setiap pembelian 2 es krim dapat 1 es krim atau contoh pemasaran lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam pemasaran ini adalah apapun model pemasaran yang ditawarkan jangan sampai membuat rugi produk yang dijual (Faizah, 2016).
Tips dan Trik Memilih Mesin Es Krim Berkualitas
Sahabat Wirausaha, sudah disampaikan sebelumnya bahwa hal utama yang perlu dipersiapkan ketika membuka bisnis ini adalah mesin pembuat es krim sehingga pebisnis perlu mengetahui ciri-ciri mesin pembuat es krim yang berkualitas. Ciri-cirinya adalah yang pertama memiliki garansi. Sebuah mesin apapun, pasti memiliki garansi. Mesin es krim yang berkualitas tentu memiliki garansi yang bisa menjamin pelayanan purna jual pada pelanggannya. Kedua, pengendalian secara digital.
Pengendalian mesin secara digital ini tentu akan lebih praktis sehingga membuat waktu lebih efektif dan efisien apalagi di zaman sekarang yang sudah serba teknologi. Ketiga, hemat listrik. Mungkin listrik yang dikeluarkan mesin es krim ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Namun, mesin es krim yang berkualitas tentu juga mempunya prinsip eco green terhada produknya sehingga bisa menerapkan sistem energy saver pada pengaturan mesinnya.
Keempat, layanan purna jual. Garansi pada mesin es krim merupakan salah satu layanan purna jual. Selain garansi, perusahan yang menjual mesin es krim ini juga harus menyediakan suku cadang yang dibutuhkan oleh para konsumen yang membeli. Hal semacam ini akan berpengaruh pada hubungan jangka panjang antara konsumen dan perusahan penjual mesin es krim.
Kelima, canggih. Sahabat Wirausaha perlu memilih mesin yang canggih dalam hal penjualan seperti dapat menghitung jumlah cone es krim yang dijual. Ini akan membantu perhitungan penjualan apalagi kalau belum memiliki banyak karyawan. Dan yang terakhir adalah awet dan tahan lama. Setiap mesin memiliki nilai ekonomis masing – masing. Mesin es krim yang berkualitas tentu memiliki ketahanan yang kuat yang bisa membuat mesin itu awet dan tahan lama (Derry, 2010).
Kesimpulan
Es krim merupakan produk yang mendapatkan minat dari berbagai kalangan usia. Selain itu, dengan mengkonsumsi es krim, masyarakat juga mendapatkan beberapa manfaat salah satunya berhubungan dengan kesehatan. Jika Sahabat Wirausaha ingin membangun sebuah bisnis es krim, diperlukan ketekunan dan ketekadan dalam menjalankan bisnis tersebut.
Semoga informasi ini bermanfaat!
Referensi:
- Admin. (2020, 09 07). 15 Manfaat Es Krim Bila Tidak Berlebihan. Retrieved 01 22, 2022, from Sweet Sundae: https://sweetsundae.id/news/15-manfaat-es-krim-bil...
- Anonim. (2007). Alasan Pentingnya Menjajal Peluang Pasar Bisnis Es Krim. Retrieved 01 22, 2022, from Indotara: https://www.indotara.co.id/alasan-pentingnya-menja...
- Buckle, K. A. (1985). Ilmu Pangan. Jakarta: UI-Press.
- Chan. (2008). Membuat Ice Cream. Jakarta: Agromedia Pustaka.
- Derry. (2010). Tips Memilih Mesin Es Krim. Retrieved 01 22, 2022, from INDOTARA: https://www.indotara.co.id/tips-memilih-mesin-es-k...
- Faizah. (2016, 05 17). Peluang dan Cara Memulai Bisnis Es Krim yang Menguntungkan. Retrieved 01 22, 2022, from Rumah Mesin: https://www.rumahmesin.com/bisnis-es-krim/
- Fitrahdini. (2010). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Ekuitas Merk Produk Es Krim. Journal Institut Pertanian Bandung .
- Fridayani, N. (2020, 07 19). Hari Es Krim Sedunia 2020, Yuk Kenali 12 Jenis Es Krim di Dunia. Retrieved 01 22, 2022, from KOMPAS.COM: https://www.kompas.com/food/read/2020/07/19/113100...
- Hassanudin. (2011). Pengaruh Proses Pembuatan Es Krim Terhadap Mutu Es Krim Berbahan Baku Pisang. Jurnal Agroindustri Vol.1 No, 1 , 1-7.
- Hidayat, F. (2021, 06 26). Pasar Es Krim Indonesia Diyakini Tumbuh Cukup Besar. Retrieved 01 22, 2022, from Berita SATU: https://www.beritasatu.com/ekonomi/792317/pasar-es...
- Komarudin. (2021, 11 04). Penjualan Es Krim Meningkat Selama Pandemi Covid-19 Berlangsung. Retrieved 01 22, 2022, from Liputan6.com: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4701715/pe...
- Rahmawati, R. D. (2013). TINGKAT PENAMBAHAN BAHAN PENGEMBANG PADA PEMBUATAN ES KRIM INSTAN DITINJAU DARI MUTU ORGANOLEPTIK DAN TINGKAT KELARUTAN . Universitas Brawijaya , 1-9.
- Susilorini, T. E. (2007). Produk Olahan Susu. Yogyakarta: Penebar Swadaya.