Ketika mendengar istilah pasar kira-kira apa yang ada dalam pikiran sahabat wirausaha? Apakah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dan penjual? Atau sebagai tempat terjadinya dua transaksi? Atau disebut sebagai tempat membeli barang dagangan?

Tahukah jika arti pasar sendiri lebih dari apa yang kita pikirkan saat ini. Pasar tidak hanya sebagai tempat terjadinya transaksi jual beli. Lalu apa saja yang tidak kita ketahui tentang pasar? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Peluang Pasar: Membangun Usaha Jasa Rutin Pendukung Kehidupan


Apa itu Pasar?

Secara definisi, pasar merupakan tempat berkumpulnya pihak-pihak pembeli-penjual dengan alasan menukarkan barang, jasa, tenaga kerja, modal, surat berharga, informasi, sampai mata uang dengan cara memindahkan barang atau jasa dari satu pihak ke pihak lain. Sementara wujud pasar itu sendiri tidak harus berbentuk fisik. Kadang juga, ada pasar yang memiliki bentuk virtual alias tidak akan pernah terjadi kontak fisik secara langsung.


Fungsi Pasar

Hingga saat ini, pasar memiliki 4 fungsi, pertama sebagai sarana distribusi yang berarti pasar sebagai tempat transaksi antara produsen dan konsumen untuk menampung kebutuhan sebagai demand dan suplai. Dalam kaitannya kali ini, pasar berfungsi sebagai tempat penyaluran distribusi barang dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen.

Baca Juga: Empat Langkah Mengembangkan Produk Berbasis Validasi Pasar

Yang kedua pasar sebagai pembentuk harga. Maksudnya, pasar menentukan harga suatu barang atau jasa bisa naik dan turun tergantung adanya permintaan dan penawaran di pasar.

Ketiga sebagai sarana promosi. Artinya, pasar dapat dijadikan sebagai sarana promosi dengan tujuan memperkenalkan manfaat, kualitas, keunggulan, sampai harga. Dan yang terakhir pasar sebagai fungsi sosial budaya. Maksudnya, pasar sebagai jati diri suatu masyarakat yang senantiasa berinteraksi antara komunitas di sektor informal dan formal.

Ketika berbicara tentang tipe pasar, jumlahnya sangat bervariasi tergantung dari jenis produk yang dijual, lokasi, durasi, ukuran, konstituen basis pelanggan, ukuran, legalitas, dan lainnya.

Baca Juga: Bagaimana UKM Dapat Memvalidasi Potensi Produk dan Peluang Pasar?

Baca Juga: Cara Efektif Uji Coba (balita di pasar) Produk Prototype Sebelum Dipasarkan

Setelah membaca artikel ini kita jadi tahu jika pasar tak hanya sekedar sebagai tempat jual-beli. Melainkan memiliki fungsi sebagai sarana distribusi, pembentuk harga, sarana promosi dan sebagai fungsi sosial budaya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.investopedia.com/terms/m/market.asp
  2. https://money.kompas.com/read/2021/10/15/135129526...