Dari sekian manfaat yang dihadirkan teknologi digital, media sosial salah satu hal terbaik yang bisa Sahabat Wirausaha temukan. Selain untuk menjalin relasi pertemanan, saat ini media sosial juga banyak digunakan sebagai platform bisnis bagi pelaku usaha.
Sahabat Wirausaha bisa memanfaatkannya untuk memasarkan produk dengan cara yang mudah dan terjangkau. Sebenarnya apa itu media sosial? Mari kita kenali dalam kamus bisnis berikut.
Mengenal Media Sosial
Media sosial adalah teknologi berbasis komputer yang memfasilitasi setiap penggunanya untuk saling berbagi isi pikiran, ide, dan informasi melalui jaringan pertemanan dan komunitas secara virtual atau online. Hal yang menarik dari media sosial, pengguna bisa membagikan pengalaman pribadinya berupa tulisan, foto, video, dan dokumen, serta dapat berinteraksi dengan pengguna lain melalui fitur kolom komentar.
Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Customer Engagement Dalam Bisnis
Diperkirakan pengguna media sosial kini telah mencapai 3 milyar orang di seluruh dunia dimana media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak adalah Facebook (2,5 milyar), Youtube (2 milyar), Whatsapp (2 milyar), FB Messenger (1,3 milyar), dan We Chat (1,2 milyar).
Sumber : katadata.co.id, 2020
Baca Juga: Tips Membuat Jadwal Konten di Media Sosial
Sementara itu dari intensitas penggunaannya, media sosial yang paling sering digunakan adalah Youtube (86%), WhatsApp (84%), facebook (82%), instagram (79%), dan twitter (55%).
Sumber : katadata.co.id, 2020
Media Sosial Sebagai Platform Bisnis
Saat ini media sosial digunakan tidak hanya untuk menjalin relasi pertemanan, tetapi juga digunakan untuk mengembangkan bisnis. Ada banyak pilihan media sosial yang dapat digunakan sebagai platform toko online, namun hingga saat ini facebook masih menjadi tempat favorit yang digunakan oleh pelaku usaha untuk menawarkan produk. Alasannya karena facebook memiliki fitur bisnis lengkap seperti Canvas, Power Editor, Ads Manager, Ad Creation Tool, Hastags, Page Insight, Business Manager, dll.
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis, Yuk Simak Tipsnya!
Sumber : Databoks.co.id, 2017
Selain facebook, media sosial instagram juga menjadi pilihan untuk menawarkan produk. Sekitar 11% pelaku usaha yang disurvey menggunakan Facebook dan Instagram bersama-sama, sementara ada 5% yang menggunakan Instagram saja.
Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing
Pelaku usaha dapat mengoptimalkan pemakaian media sosial untuk mempromosikan produk kepada calon pembeli potensial dengan melakukan strategi berikut:
1. Menampilkan Informasi Produk
Sebelum membeli suatu produk, konsumen sudah pasti akan mencari informasi tentang barang yang akan dibelinya. Bagaimana fungsi, bentuk, ukuran, hingga pilihan warnanya. Penjual yang profesional tidak merasa keberatan untuk menyampaikan informasi lengkap tentang spesifikasi dan kegunaan suatu produk sehingga konsumen mengetahui sepenuhnya kondisi barang. Dengan menggunakan fitur berbagi di media sosial, Sahabat Wirausaha dapat memposting foto dan menampilkan informasi produk untuk menjaring konsumen potensial.
2. Membangun Identitas Brand
Branding merupakan kegiatan memberikan nama, merk, logo, slogan, dan identitas lain sehingga produk memiliki ciri khas yang membedakannya dengan produk lain. Dengan fitur yang dimilikinya, media sosial dapat memfasilitasi Sahabat Wirausaha untuk mengenalkan ciri khas produk kepada pangsa pasar melalui postingan gambar dan kata-kata.
Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram
3. Berinteraksi Dengan Konsumen
Dengan fitur kolom komentar dan direct message yang disediakan media sosial, Sahabat Wirausaha dapat berinteraksi dengan konsumen yang menanyakan informasi produk dan jenis layanan lain. Selain itu, media sosial biasanya dimanfaatkan sebagai perpanjangan tangan dari website dan marketplace untuk menjalin interaksi yang intens sebelum konsumen memutuskan untuk membeli produk.
4. Memanfaatkan Fitur Bisnis
Layanan fitur bisnis yang tersedia pada media sosial dapat dimanfaatkan untuk menjaring konsumen potensial secara efektif. Beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp sudah melengkapi fitur bisnis seperti wawasan statistik, kategori, katalog produk, dan fitur belanja yang memudahkan pembeli menemukan dan membeli produk.
Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial
Dari pemaparan itu dapat kita simpulkan jika kehadiran media sosial membuka kesempatan bagi Sahabat Wirausaha menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Pemanfaatan fitur-fitur bisnis di media sosial akan semakin optimal jika disertai dengan strategi pemasaran yang efektif.
Yuk mari kita tingkatkan strategi pemasaran kita di media sosial untuk terus meningkatkan omset. Salam UKM naik kelas!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
1. Investopedia.com
2. Penemuan yang Mengubah Dunia, sains.kompas.com
3. Katadata.co.id