UKM Indonesia

​Co-Branding



Mie rasa-rasanya menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Bahkan, merek besar seperti Indomie populer hingga negara tetangga, seperti Nigeria, Mesir, Taiwan, Hong Kong, hingga Amerika Serikat. Besarnya brand ini tentu tidak terlepas dari strategi-strategi pemasaran yang dilakukan selama ini.

Salah satu strategi pemasaran Indomie yang sangat menarik adalah berkolaborasinya merek ini dengan Chitato di tahun 2016 lalu. Sahabat Wirausaha tidak pernah terbayangkan bukan sebelumnya, bahwa akan ada chiki Chitato dengan rasa mie goreng Indomie yang legendaris tersebut? Strategi ini biasa disebut dengan co-branding. Yuk kita pahami terlebih dahulu apa itu co-branding dan apakah strategi ini bermanfaat untuk Sahabat Wirausaha? Simak artikelnya disini ya.

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

Gambar 1. Co-branding Chitato X Indomie


Mengenal Apa itu Co-branding

Dilansir dari Investopedia, co-branding adalah strategi yang memanfaatkan berbagai merek produk atau jasa sebagai bagian dari aliansi strategis. Dalam hal ini, setiap merek dalam aliansi strategis tersebut menyumbangkan identitasnya untuk menciptakan brand yang menyatu dengan bantuan logo dan skema warna yang unik untuk menegaskan identitas brand. Co-branding dapat dilakukan oleh dua (atau lebih) brand yang secara sadar memutuskan untuk berkolaborasi pada produk khusus.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial


Manfaat Co-branding

Co-branding dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dalam aliansi strategis ini, termasuk Sahabat Wirausaha. Berikut tiga manfaat dari co-branding, antara lain :

1. Membangun Kredibilitas

Strategi co-branding memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk membangun atau meningkatkan merek dengan bermitra bersama bisnis lain yang bereputasi baik. Dua merek yang bersatu akan membangun dan meningkatkan kredibilitas, karena masing-masing perusahaan mampu menonjolkan dan mencerminkan aset satu sama lain sehingga memperkuat posisi di pasar.

2. Memperluas Jangkauan

Ketika merek Sahabat Wirausaha beraliansi dengan merek lain untuk membentuk kemitraan co-branding, hal ini dapat memperluas jangkauan dan visibilitas kedua merek ke pasar yang mungkin dulunya belum pernah diakses.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital

3. Efisiensi Anggaran Marketing

Sahabat Wirausaha tentu memahami bahwa biaya pemasaran produk tidak murah. Salah satu manfaat dari co-branding adalah efisiensi biaya pemasaran tersebut karena secara umum seluruh biaya akan dibagi antara kedua belah pihak. Selain efisiensi anggaran, co-branding juga memungkinkan adanya lebih banyak ide dan peluang kreatif untuk memasarkan produk atau layanan dengan lebih baik, sehingga berpotensi menghasilkan laba atas investasi atau return of investment yang lebih besar.

Sahabat Wirausaha, itulah penjelasan singkat terkait co-branding. Ada banyak ragam manfaat yang dapat Sahabat Wirausaha optimalkan melalui strategi pemasaran co-branding. Semoga dapat menambah wawasan, selamat bertumbuh!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

investopedia.com. Co-branding.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: