Di artikel sebelumnya Sahabat UKM sudah belajar mengenal metode SWOT. Mengulas kembali dasar dari analisis ini, metode SWOT merupakan akronim dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman) dari organisasi bisnis Sahabat UKM.
Selain itu, di artikel sebelumnya Sahabat UKM juga sudah mencoba melakukan analisis pada salah satu UKM yang bergerak di industri halal, bernama Alif Qurban. Analisis SWOT secara lengkap dapat Sahabat UKM lihat di tabel berikut ini.
Baca Juga: Analisis Tren: Produk Seperti Apa yang Akan Laku di Tahun 2022
Tabel 1. Analisis SWOT UKM Alif Qurban
Strength |
Weakness |
S1. Menyediakan berbagai jenis hewan qurban S2. Garansi hewan sesuai syariat S3. Menyediakan layanan potong hewan di kandang, penyaluran daging qurban, dan pengiriman daging hak pengqurban ke lokasi konsumen serta berbagai pilihan layanan aqiqah S4. Menggunakan sistem video real stock S5. Memiliki program Nabung Qurban S6. Harga kompetitif S7. Bebas biaya pengantaran untuk wilayah JABOTABEK S8. Memiliki jejaring yang luas dengan generasi millenial dan mahasiswa S9. Database calon potensial customer yang besar di Whatsapp |
W1. Meskipun telah memiliki website dan instagram, namun pemasaran masih mengandalkan akun pribadi owner W2. Lokasi kandang yang cukup jauh sehingga menyulitkan jika konsumen ingin datang meninjau lokasi secara langsung W3. Jumlah armada pengantaran yang masih terbatas W4. Konsumen utama yang dapat dilayani saat ini hanya untuk JABOTABEK W5. Visual box aqiqah pesaing lebih menarik dan kekinian W6. Tidak memiliki tim khusus pemasaran W7. Website masih menggunakan platform berbasis cloud untuk pembuatan website secara gratis, sehingga sulit dilakukan optimasi |
Opportunity |
Threat |
O1. Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam O2. Banyaknya perusahaan ekspedisi yang dapat diajak kolaborasi O3. Keinginan berqurban untuk generasi millenial dan mahasiswa cukup tinggi O4. Literasi digital yang cukup baik untuk generasi millenial dan mahasiswa O5. Besarnya keinginan mahasiswa untuk menjadi agen Alif Qurban O6. Banyaknya supplier box makanan kekinian O9. Kebijakan PPKM membatasi aktivitas masjid terkait penyelenggaraan Idul Adha O10. Banyaknya tutorial di Google terkait merubah domain menjadi .com O11. Kemudahan beriklan melalui Google Ads |
T1. Penggunaan marketplace untuk pemasaran T2. Pandemik COVID-19 yang mempengaruhi daya beli konsumen T3. Website kompetitor yang lebih update dan sudah dioptimasi |
Sumber: website Alif Qurban
Dari tabel 1 tersebut, Sahabat UKM dapat melihat bahwa ada beragam variabel beserta dimensinya yang dapat Sahabat UKM gunakan dalam melakukan identifikasi kondisi internal dan eksternal organisasi bisnis. Ragam variabel dan dimensinya dapat Sahabat UKM lihat dalam tabel berikut.
Tabel 2. Variabel dan Dimensi Analisis SWOT
Faktor |
Variabel |
Dimensi |
Internal (Strength dan Weakness) |
Sumber Daya Manusia |
|
Proses |
|
|
Produk |
|
|
Harga |
|
|
Saluran Distribusi |
|
|
Promosi |
|
|
Layanan Konsumen |
|
|
Eksternal (Opportunity dan Threats) |
Ekonomi |
|
Sosial, Budaya, Demografi, dan Lingkungan |
|
|
Politik |
|
Sumber: Dyson - University of Warwick
Selain memahami variabel dan dimensi analisis SWOT, seperti yang Sahabat UKM lihat dalam tabel 1, penulisan analisis SWOT menggunakan kode S1, W1, O1, T1, dan seterusnya. Hal ini digunakan untuk memudahkan rencana tindak lanjut ke depannya. Ya Sahabat UKM, ada rencana tindak lanjut yang dapat kita lakukan setelah melakukan analisis SWOT. Kita biasa menyebutnya dengan analisis TOWS Matrix.
Baca Juga: Analisis Profitabilitas
Mengenal Analisis TOWS Matrix
Analisis TOWS matrix merupakan analisis yang mempelajari dan menginvestigasi peluang faktor eksternal terlebih dahulu dibandingkan faktor internal, karena dianggap bersifat lebih strategik, dinamis, dan bersaing.
Setelah dilakukan analisis faktor eksternal dan internal, Sahabat UKM dapat mengidentifikasi beberapa rencana aksi yang dapat meningkatkan posisi perusahaan. Dengan demikian, Sahabat UKM dapat memilih beberapa strategi yang paling efektif dan memanfaatkan peluang yang tersedia melalui analisis TOWS Matrix.
Gambar 1. SWOT dan TOWS
Sumber: wbrand.agency
Berdasarkan namanya, analisis TOWS memiliki kemiripan dengan analisis SWOT. Hal ini terjadi karena memang komponennya sama, yaitu threats (ancaman), opportunities (peluang), weaknesses (kelemahan), dan strengths (kekuatan).
Baca Juga: Membedah Penggunaan Analisis SWOT pada UKM
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perbedaan diantara SWOT dan TOWS adalah terletak dari fokusnya, dimana jika analisis TOWS mempelajari dan menginvestigasi peluang faktor eksternal terlebih dahulu dibandingkan faktor internal, maka analisis SWOT lebih menekankan pada faktor kondisi dan situasi internal, yaitu kekuatan dan kelemahan internal perusahaan bisnis (SW) baru kemudian mempelajari dan diperhitungkan faktor eksternal, ancaman dan kesempatan (OT).
Empat Strategi Analisis TOWS Matrix
TOWS matrix memiliki empat strategi yang biasa digunakan untuk masuk ke pasar dan menanggulangi ancaman yang datang. Berikut empat strategi TOWS:
- Strength/Opportunity (SO) - Biasa dikenal sebagai strategi yang agresif, dimana strategi SO membuat organisasi bisnis Sahabat UKM menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengeksploitasi peluang
- Weakness/Opportunity (WO) - Sahabat UKM dapat mengatasi segala kelemahan yang dimiliki dan mengambil keuntungan dari peluang yang ada melalui strategi WO dengan cara mengurangi kelemahan dan mengeksploitasi peluang
- Strength/Threat (ST) - Biasa dikenal sebagai strategi diversifikasi, dimana Sahabat UKM dapat mengeksploitasi kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi potensi ancaman yang akan hadir
- Weakness/Threat (WT) - Biasa dikenal sebagai strategi defensif atau bertahan. Pilihan strategi yang sebetulnya kurang menarik, karena menggunakan langkah dengan mengurangi kelemahan untuk menghindari ancaman.
Baca Juga: Penyusunan Rencana Untuk Menunjang Pertumbuhan Usaha
Gambar 2. TOWS Matrix
Sumber: pinterest.com
Tujuan Analisis TOWS Matrix
Jika analisis SWOT bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal yang terlibat sebagai input untuk merancang proses, hingga kegiatan operasional bisnis dapat berjalan optimal, efektif, dan efisien, maka analisis TOWS juga memiliki beberapa tujuan dalam pelaksanaannya, antara lain :
- Memunculkan seluruh alternatif yang mungkin dijalankan oleh organisasi bisnis berdasarkan faktor kunci internal dan eksternal
- Memaksimalkan peluang atau opportunity tersedia
- Mengantisipasi segala bentuk tantangan atau threats dan menyediakan beragam solusinya
- Memastikan kelemahan tidak membebani organisasi bisnis
Melakukan Analisis TOWS Matrix
Berdasarkan tabel 1, kita akan coba membuat TOWS Matrix sesuai dengan yang ada di gambar TOWS Matrix dapat Sahabat UKM lihat di tabel berikut ini.
Baca Juga: Menyiapkan Company Profile, Rencana Usaha, dan Proposal Bisnis untuk Mengundang Investor
Tabel 3. Analisis TOWS Matrix Alif Qurban
Strengths S1. Menyediakan berbagai jenis hewan qurban S2. Garansi hewan sesuai syariat S3. Menyediakan layanan potong hewan di kandang, penyaluran daging qurban, dan pengiriman daging hak pengqurban ke lokasi konsumen serta berbagai pilihan layanan aqiqah S4. Menggunakan sistem video real stock S5. Memiliki program Nabung Qurban S6. Harga kompetitif S7. Bebas biaya pengantaran untuk wilayah JABOTABEK S8. Memiliki jejaring yang luas dengan generasi millenial dan mahasiswa S9. Database calon potensial customer yang besar di Whatsapp |
Weakness W1. Meskipun telah memiliki website dan instagram, namun pemasaran masih mengandalkan akun pribadi owner W2. Lokasi kandang yang cukup jauh sehingga menyulitkan jika konsumen ingin datang meninjau lokasi secara langsung W3. Jumlah armada pengantaran yang masih terbatas W4. Konsumen utama yang dapat dilayani saat ini hanya untuk JABOTABEK W5. Visual box aqiqah pesaing lebih menarik dan kekinian W6. Tidak memiliki tim khusus pemasaran W7. Website masih menggunakan platform berbasis cloud untuk pembuatan website secara gratis, sehingga sulit dilakukan optimasi |
|
Opportunity O1. Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam O2. Banyaknya perusahaan ekspedisi yang dapat diajak kolaborasi O3. Keinginan berqurban untuk generasi millenial dan mahasiswa cukup tinggi O4. Literasi digital yang cukup baik untuk generasi millenial dan mahasiswa O5. Besarnya keinginan mahasiswa untuk menjadi agen Alif Qurban O6. Banyaknya supplier box makanan kekinian O7. Banyaknya lulusan SMK yang paham digital marketing O8. Pemberlakuan PPKM oleh pemerintah sehingga kebutuhan pembelian secara online meningkat O9. Kebijakan PPKM membatasi aktivitas masjid terkait penyelenggaraan Idul Adha O10. Banyaknya tutorial di Google terkait merubah domain menjadi .com O11. Kemudahan beriklan melalui Google Ads |
Strategi SO
|
Strategi WO
|
Threats T1. Penggunaan marketplace untuk pemasaran T2. Pandemik COVID-19 yang mempengaruhi daya beli konsumen T3. Website kompetitor yang lebih update dan sudah dioptimasi |
Strategi ST
|
Strategi WT
|
Sumber: olahan penulis
Layaknya Analisis SWOT yang mencantumkan kode S1, W1, O1, T1, dan seterusnya, maka analisis TOWS sebagai rencana tindak lanjut dari SWOT juga harus mencantumkan kode serupa untuk menelusuri dari mana strategi ini muncul. Jika strategi tersebut melibatkan lebih dari satu kondisi di strength ataupun komponen lainnya, maka hal tersebut tidak masalah.
Baca Juga: Menyusun Anggaran dan Proyeksi Pertumbuhan Usaha untuk Rencanakan Kesuksesan
Sahabat UKM dapat menuliskan sumber kode lebih dari satu, misal seperti di contoh terdapat strategi SO yaitu “Mengoptimalkan Whatsapp untuk memperluas product knowledge Alif Qurban ke calon potential customer (S1-7, S9, O1, O4)”. Maka dalam hal ini, strategi tersebut muncul dari gabungan kekuatan organisasi bisnis dari poin strength pertama hingga ketujuh.
Rencana Tindak Lanjut UKM
Setelah melakukan analisis TOWS Matrix, Sahabat UKM dapat mengetahui seluruh alternatif yang mungkin dijalankan oleh organisasi bisnis berdasarkan faktor kunci internal dan eksternal sebagai rencana tindak lanjut. Yang perlu Sahabat UKM ketahui, Analisis TOWS bukan memunculkan alternatif strategi yang terbaik ya, melainkan seluruh alternatif yang mungkin dijalankan.
Sebagai contoh, berdasarkan empat strategi Analisis TOWS Matrix yang telah Sahabat UKM pelajari sebelumnya, saat ini kita dapat mengetahui bahwa kita memiliki empat alternatif strategi agresif yang dilakukan, yaitu :
- Aktif memperkenalkan program Nabung Qurban kepada generasi Millenial dan Mahasiswa melalui sosial media (S5, S8, O3, O4)
- Membuat program keagenan Alif Qurban untuk mahasiswa (S8, O5)
- Mengoptimalkan Whatsapp untuk memperluas product knowledge Alif Qurban ke calon potential customer (S1-7, S9, O1, O4)
- Sosialisasi layanan pemotongan hewan qurban di kandang dan penyaluran daging qurban serta pengiriman daging hak pengqurban ke lokasi konsumen
Baca Juga: Pendampingan Penyusunan Rencana Usaha (Business Plan)
Dalam hal ini, Analisis TOWS Matrix tidak memberikan rekomendasi mana dari keempat strategi agresif tersebut yang paling baik untuk dilakukan oleh Sahabat UKM. Sahabat UKM dapat melakukan keempat strategi tersebut atau juga dapat memilih sebagian strategi untuk dijalankan.
Jika harus memilih, Sahabat UKM dapat memilih berdasarkan strategi mana yang sekiranya paling penting dilakukan saat ini dan juga siap untuk dilakukan. Siap dalam hal ini adalah sudah memiliki infrastruktur yang dibutuhkan, seperti modal, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.
Ada kalanya sebuah strategi penting dilakukan, namun sayangnya UKM tidak siap untuk melakukannya karena membutuhkan modal yang besar. Untuk itu, dalam memilih strategi mana yang akan dilakukan, setidaknya kriteria urgensi atau pentingnya strategi tersebut dan kesiapan organisasi bisnis Sahabat UKM dapat menjadi tolak ukurnya.
Bagaimana Sahabat UKM, bermanfaat sekali bukan Analisis TOWS Matrix untuk kelangsungan bisnis kita di masa mendatang? Luangkan waktu yang cukup untuk membuat analisis TOWS ini ya, agar Sahabat UKM bisa mendapatkan beragam alternatif strategi yang dapat dijalankan kedepannya. Selamat mencoba!
Baca Juga: Memantapkan Rencana Usaha Sederhana Dengan Kanvas Model Bisnis
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
- alifqurbanofficial.wixsite.com. Tentang Alif Qurban.
- dyson, R. G. Strategic development and SWOT analysis at the University of Warwick.