UKM Indonesia

​5 Aplikasi Pembuat Konten Yang Perlu UKM Miliki

Penulis : Azhar Saputra
Editor : Sonia Fatmarani
06 Juli 2022
Lama Baca : 7 menit

Sahabat wirausaha harus percaya di era saat ini digitalisasi usaha begitu ampuh untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satu caranya dengan membuat konten promosi untuk keperluan media sosial. Dalam hal ini, kita harus bisa memilih media promosi yang tepat sebelum membuat konten yang diinginkan. Masing-masing media platform tentu memerlukan jenis konten yang berbeda. Konten untuk Instagram akan berbeda untuk keperluan promosi di YouTube.

Baca Juga : Tren dalam Youtube yang Penting Bagi Digital Marketing

Kami sudah merangkum 5 aplikasi yang layak untuk dicoba. Selain gratis, kelebihan lainnya yakni user friendly atau ramah pengguna. Yang paling penting dapat dipakai di HP berbasis Android maupun iOS. Penasaran apa saja ragam aplikasi tersebut? Berikut ulasannya.

1. Canva

Foto diambil dari canva.com

Alasan kami menempatkan Canva pada urutan pertama karena aplikasi yang satu ini bisa dibilang paket komplit dalam membuat konten visual. Mau untuk keperluan edit-edit foto sampai video, Canva sangat bisa diandalkan. Belum lagi, aplikasi ini dapat dipakai segala jenis platform mulai dari Personal Computer (PC), laptop baik dengan sistem operasi Windows maupun Mac, atau bagi pengguna smartphone berbasis Android hingga iOS.

Khusus bagi pengguna Android, rating Canva terbilang cukup tinggi karena memiliki capaian 4,8 / 5.0. Belum lagi ulasan-ulasan dari pengguna sebelumnya yang terlihat cukup puas dengan kehadiran aplikasi desain grafis daring ini. Dan yang tak kalah, Google Play menempatkan Canva pada urutan pertama dalam kategori aplikasi seni dan desain.

Yang terbaru, Canva menyempurnakan fitur poles otomatis, retus wajah, sampai fokus otomatis yang dapat dipakai dengan sekali tap. Lalu menambah efek seperti duotone, mosaik huruf, piksel dan fitur menarik lainnya. Namun yang jelas, Canva telah lama dikenal sebagai aplikasi edit foto dan video untuk keperluan seperti membuat logo usaha, membuat tampilan poster biar lebih menarik lagi.

Kemudian membuat infografik agar konten jualan kita lebih variatif, membuat newsletter (bagi pengusaha yang mengandalkan email pada teknik pemasaran), lalu membuat konten media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Dan tak kalah ketinggalan, membuat thumbnail untuk keperluan promosi di Youtube. Yang tak kalah ketinggalan, Canva dapat digunakan untuk mendesain kemasan produk, membuat invoice, sampai membuat banner iklan.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Paket Iklan Online yang Perlu Diketahui

Untuk memulai menggunakan Canva, sahabat wirausaha tinggal menyiapkan perangkat yang telah disebutkan diatas, kemudian unduh dan terakhir mendaftarkan diri atau login bagi yang sudah memiliki akun. Mudah dan simple. Setelah masuk kita akan disambut oleh fitur menarik.

2. InShot

Foto diambil dari playgoogle.com

Sudah tak dipungkiri lagi, memperkenalkan produk melalui tampilan video dapat membantu kita meningkatkan volume penjualan. Kita bisa memulainya dengan membuat video perkenalan produk, review, sampai testimoni. Selain itu, dengan bantuan video, kita juga dapat meyakinkan pelanggan dengan produk yang kita tawarkan. Untuk menjawab itu semua, kita tentunya membutuhkan aplikasi mobile yang power full dan mudah digunakan. Salah satu aplikasi terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan itu adalah InShot.

Dengan bantuan InShot melakukan edit video menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Hal itu karena sistem interface yang dimiliki aplikasi ini begitu sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi serupa. Belum lagi InShot sudah memiliki font, stiker, musik, filter yang lengkap, serta terintegrasi dengan aplikasi media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, hingga YouTube.

Baca Juga : Tips Buat Bisnis Viral Lewat TikTok

Sehingga, melakukan sunting pada video menjadi lebih menarik. Setelah jadi, hasilnya juga tidak memiliki water mark seperti kebanyakan aplikasi gratis lainnya. Tentunya kelebihan ini akan menambah kepercayaan pelanggan dari hasil karya yang kita buat. Satu lagi, InShot dapat digunakan sampai kapan pun alias gratis, meskipun pihak pengembang juga menyiapkan versi berbayar dengan kelengkapan fitur yang jauh lebih banyak.

Bagi pengguna Android, aplikasi ini tersedia di Google Play. Untuk memulainya, buka aplikasi yang sudah di unduh, kemudian pilih projek video, pilih video yang mau di edit lalu manfaatkan fitur yang telah disediakan seperti: tentukan kanvas, tambah musik, stiker, teks, filter, pra potong, split, menghapus potongan video, menambah latar belakang, mengatur kecepatan video, memotong video, mengatur volume, menggandakan, hingga membekukan gerakan dalam video. Setelah semuanya selesai, jangan lupa simpan hasil editan pada smartphone. Cara menggunakan InShot di atas juga berlaku bagi pemakai iOS.

Baca Juga : Tips Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Bisnis

3. Snapseed

Foto diambil dari selular.id

Setelah mencoba aplikasi untuk kepentingan konten video, aplikasi digital selanjutnya dibutuhkan bagi kepentingan mengedit foto dengan nama Snapseed. Hampir setiap pedagang yang selalu melakukan sunting foto baik pengguna Android maupun iOS, pasti pernah menggunakan aplikasi buatan Google LCC ini dalam HP. Alasannya karena dalam Snapseed memiliki 29 fitur utama seperti kecerahan, crop, kontras, kuas, ambiance, perspektif, menambahkan teks dan lainnya.

Untuk memulai menggunakan Snapseed setelah di unduh kemudian pilih “Buka”, lalu klik menu “Buka Foto” pada layar utama, sambil memilih foto yang ingin kita edit diiringi dengan klik tanda pensil di sudut kanan bawah. Tujuannya untuk menampilkan tools pada menu utama. Setelah terbuka, kita tinggal berkreasi sambil memilih fungsi sunting yang dibutuhkan.

Baca Juga : Tips Mengambil Foto Produk Secara Profesional

4. PicCollage

Foto diambil dari piccollage.com

Waduh, sepertinya ada yang kurang, tapi apa ya? kata-kata itu mungkin diucapkan ketika sahabat wirausaha sudah memasang dan mencoba aplikasi sebelumnya yang sudah kita bahas yakni, Snapseed. Memang, aplikasi di perangkat mobile tidak lengkap aplikasi yang ada di Personal Computer (PC) atau laptop. Hal itu terkait keterbatasan yang dimiliki oleh HP sendiri. Kekurangan yang ada pada Snapseed seperti tidak bisa menggabungkan foto (kolase), lalu efek duplikat sampai menambah water mark agar foto jualan kita tidak mudah diambil akan tertutupi ketika sahabat wirausaha juga menambah aplikasi tambahan PicCollage pada smartphone.

Baca Juga : Rekomendasi Perlengkapan dan Properti Untuk Foto Produk

Kebutuhan seni menggabungkan foto memang sudah tak terelakkan lagi terutama bagi kalangan pedagang seperti kita. Selain karena dapat memberikan pembuktian pada konsumen dalam bentuk testimoni, juga dapat memberikan informasi berupa foto before-after (bagi pedagang skin care) selama kita berjualan melalui media digital. Dengan memiliki keahlian dalam membuat foto kolase, konsumen yang melihat jualan kita pasti akan terus-terusan melirik. Apa lagi jika foto kolase dibuat secara rutin, berbeda dari pedagang lain.

Kelebihan lainnya, selain tersedia untuk perangkat mobile, aplikasi ini juga diperuntukkan bagi pengguna PC atau laptop. PicCollage juga dapat membuat foto kolase hingga 30 gambar, menambahkan efek, duplikat, klip gambar, sampai mengubah latar belakang pada gambar. Bagi pengguna Android, aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play. Cara menggunakannya, buka aplikasi kemudian klik select photos lalu cari foto dan klik ok. Disini kita dapat memilih jenis gaya foto yang diinginkan seperti bentuk grids untuk membuat banyak foto dalam satu gambar, freestyle untuk mendapatkan dua atau lebih foto dengan gaya tertentu dan templates untuk menggunakan templates yang sudah disediakan aplikasi. Cara diatas juga dapat diterapkan bagi pengguna iOS.

5. remove.bg

Foto diambil dari remove.bg

Aplikasi pembuat konten terakhir yang juga tak kalah penting adalah remove.bg. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang hanya berukuran 2.5 MB (Android) ini membantu kita dalam menghapus background yang dianggap mengganggu. Karena keterbatasan yang kita miliki (tidak menggunakan jasa fotografer profesional), foto-foto produk yang dihasilkan mungkin masih memiliki baground. Dengan menggunakan aplikasi remove.bg, baground yang tadinya tidak kita inginkan dapat kita filter dan hilang.

Baca Juga : Baca Juga: Jenis-jenis Konten yang Efektif di Media Sosial

Cara penggunaanya sangat mudah. Ketika kita menggunakan komputer dekstop atau laptop, tinggal ketik “remove.bg” (tanpa tanda kutip) pada url browser (Chrome, Mozila Fire Fox, Safari atau browser sejenih lainnya). Setelah terbuka, unggah foto yang dibutuhkan. Tunggu sesaat dan hasilnya dapat kita unduh dalam bentuk format .png. Hal serupa juga berlaku bagi pengguna iOS. Sedikit berbeda bagi pengguna Android karena tidak menggunakan browser melainkan mengunduhnya langsung melalui Google Play. Hasil foto tersebut dapat kita gunakan untuk membuat testimoni atau membuat foto kolase.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Konten di Ruang Digital Kita Dengan 3S: Saring Sebelum Sharing

Selain kelima hal tersebut, ada beberapa aplikasi yang Sahabat Wirausaha juga gunakan untuk membuat konten digital dan dapat diunduh melalui Playstore dan App Store, antara lain:
  1. VEED - Aplikasi ini menyediakan fasilitas mengedit video dengan cara yang mudah dan praktis. Anda bisa menambahkan subtitle, mengetik teks, dan translasi bahasa secara otomatis di aplikasi ini.
  2. Lightroom - Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengedit foto produk agar tampak semakin menarik. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan, kontras, saturasi, dan lainnya dengan langkah yang mudah.
  3. VSCO - Anda bisa mengedit foto dan video dengan aplikasi ini dengan menu filter dan efek yang beragam. Namun, aplikasi ini hanya dapat diunduh dan tersedia di App Store.

Lima aplikasi digital di atas kami harapkan membuat Sahabat Wirausaha lebih bersemangat lagi dalam membuat konten digital. Jangan lupa juga tidak melanggar undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Bagi UMKM, yang perlu digarisbawahi adalah tidak melakukan Pelanggaran Kekayaan Intelektual terkait hak cipta, sampai plagiarisme. Intinya, konten yang kita buat adalah asli dan bukan duplikat hasil karya orang lain.

Sumber foto:

  1. https://pixabay.com/photos/people-google-polaroid-...
  2. https://www.canva.com/id_id/
  3. https://play.google.com/store/apps/details?id=com....
  4. https://selular.id/2021/05/cara-mengedit-foto-deng...
  5. https://piccollage.com/
  6. https://www.remove.bg/upload

Sumber Artikel:

  1. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/06/18/180000/7-aplikasi-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi-content-creator
  2. https://kominfo.go.id/content/detail/10331/ragam-konten-yang-bisa-diadukan-melalui-aduankontenid/0/videografis
  3. https://www.canva.com/download/android/
  4. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.niksoftware.snapseed&hl=en&gl=US
  5. https://play.google.com/store/apps/details?id=com....
  6. https://play.google.com/store/apps/details?id=bg.r...
  7. https://play.google.com/store/apps/details?id=com....
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: