Sahabat Wirausaha, dalam melakukan pemasaran produk, penting bagi bisnis untuk mengenali perilaku konsumen agar strategi emasaran yang kita gunakan efektif dan tepat sasaran. Dalam memahami perilaku konsumen (consumer behaviour), kita mengenal istilah psikologi konsumen (consumer psychology).

Dengan mempelajari psikologi konsumen, kita dapat memahami faktor-faktor apa saja yang dapat mendorong perilaku konsumen untuk memutuskan membeli produk kita. Wah menarik, bukan? Untuk lebih jelasnya kita akan ulas melalui artikel berikut!

Baca Juga: Fenomena Conscious Consumption (Kemelekan Konsumsi) yang Perlu Dimanfaatkan UMKM


Psikologi Konsumen dan Consumer Behaviour (Perilaku Konsumen)

Psikologi konsumen dan perilaku konsumen sangat erat hubungannya. Faktor-faktor psikologis tertentu dapat mendorong suatu perilaku konsumen, misalkan faktor kelangkaan dapat mendorong konsumen untuk membeli barang atau produk dalam jumlah besar karena timbul perasaan ‘takut’ kekurangan produk tersebut.

Berdasarkan contoh diatas, faktor kelangkaan atau takut kekurangan produk disebut sebagai faktor psikologis sedangkan perilaku panic buying atau pembelian dalam jumlah besar merupakan perilaku konsumen.

Psikologi konsumen sendri mengacu pada sebuah proses bagaimana pelanggan untuk memilih, membeli, menggunakan, dan menolak produk dan/atau layanan. Psikologi konsumen bertujuan untuk mengetahui alasan konsumen dalam membuat keputusan yang mereka lakukan.

Dengan mengetahui alasan tersebut, kita dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengasah produk, meningkatkan produk, layanan dan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Menjamin Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Mitra Bisnis Lewat Kontrol Kualitas

Berikut merupakan beberapa pertanyaan yang harus dijawab dalam menentukan psikologi konsumen:

  • Bagaimana konsumen memilih di antara merek yang bersaing, dan apa yang membuat mereka memilih opsi tertentu?
  • Bagaimana konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor di lingkungan mereka, termasuk media dan budaya?
  • Bagaimana perilaku konsumen saat berbelanja?
  • Faktor apa saja yang membuat konsumen beralih merek?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu bisnis melakukan perubahan pada produk dan strategi pemasaran mereka sehingga menjadi lebih menarik bagi konsumen.

Misalnya, jika supermarket menemukan melalui penelitian bahwa pelanggan mengasosiasikan 'kesegaran' sebagai faktor positif, mereka dapat menggunakan bau roti yang baru dipanggang melalui toko untuk menarik pelanggan dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.


Mengapa Psikologi Konsumen Penting Untuk Menentukan Strategi Pemasaran

Sahabat Wirausaha, untuk mengembangkan strategi dan taktik pemasaran yang efektif penting bagi kita untuk memahami kompleksitas perilaku konsumen. Kompleksitas perilaku konsumen dipengaruhi oleh psikologi konsumen. Psikologi konsumen mempengaruhi bagaimana konsumen berpikir dan mempertimbangkan sebuah alternatif produk atau layanan, hingga akhirnya memilih antara alternatif yang berbeda tersebut.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial

Dengan mempelajari apa saja faktor psikologis konsumen yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen, hal ini akan membantu kita dalam memahami bagaimana konsumen bertindak saat berbelanja dan pengaruh sosial di balik pembelian, termasuk pengaruh seperti media dan faktor budaya.

Secara keseluruhan, memahami konsumen psikologi akan membantu kita untuk menyesuaikan taktik atau strategi pemasaran dan meningkatkan kampanye dalam upaya untuk lebih efektif menjangkau konsumen.


Tips Menerapkan Psikologi Konsumen untuk Pemasaran

Sahabat Wirausaha, dalam menerapkan psikologi konsumen untuk pemasaran, kita harus mempertimbangkan faktor-faktor psikologis konsumen yang dapat mendorong perilaku konsumen tertentu, seperti pembelian produk.

Terdapat empat faktor psikologis utama yang dapat kita gunakan untuk menentukan strategi pemasaran, seperti motivasi, persepsi, sikap dan keyakinan, seiring dengan gaya hidup

Baca Juga: Tempa Hubungan Baik Dengan Mitra Bisnis Lewat 9 Cara Berikut

1. Yang pertama, dan bisa dibilang paling penting, faktor ketika mempertimbangkan pengaruh psikologis pada perilaku konsumen, adalah motivasi

Motivasi adalah apa yang mendorong konsumen untuk bertindak dalam cara atau membeli produk tertentu. Konsumen termotivasi untuk membeli produk tertentu berdasarkan keinginan untuk memuaskan kebutuhan tertentu atau keinginan tertentu.

Kebutuhan ini atau keinginan dapat didasarkan pada sensasi fisik seperti lapar atau haus, atau bisa lebih didasarkan pada kebutuhan psikologis, seperti keinginan untuk memiliki

Pengaruh motivasi terhadao perilaku manusia dapat digambarkan melalui hierarki kebutuhan, yang dikembangkan oleh seorang psikolog bernama Abraham Maslow. Setiap tingkat kebutuhan menggambarkan kebutuhan yang berbeda bahwa orang berusaha untuk mengisi.

Lima tingkat kebutuhan yang fisiologis, keamanan, memiliki, harga diri, dan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa kebutuhan paling dasar, fisiologis (misalnya, kebutuhan akan sesuatu) penting untuk kelangsungan hidup seperti makanan atau air), harus terenuhi sebelum orang lain.

Baca Juga: 3 Langkah Pemanfaatan Data Untuk Mengambil Keputusan Bisnis

Sahabat Wirausaha dapat menggunakan prinsip-prinsip dasar ditetapkan oleh hierarki kebutuhan Maslow dalam untuk menentukan apakah produk kita dapat memuaskan kebutuhan konsumen pada tingkat hierarki yang mana dan meyakinkan konsumen jika mereka membeli produk kita, kebutuhan mereka akan terpuaskan.

Misalnya, Sahabat Wirauaha mengembangkan kampanye untuk perusahaan kecantikan seperti makeup dan skincare. Dalam hal ini kita menyadari bahwa bagi banyak individu, menggunakan kecantikan produk seperti perawatan kulit dan makeup berkontribusi untuk memandang diri mereka sendiri secara positif, dan karenanya membantu memuaskan kebutuhan mereka akan ‘harga diri’.

Sahabat Wirausaha dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan strategi kampanye untuk menyampaikan kepada konsumen bahwa menggunakan produk akan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

2. Persepsi juga memainkan peran penting dalam perilaku konsumen

Persepsi adalah suatu cara individu dalam memilih dan mengatur informasi untuk mengembangkan pengertian atau pola pikir mereka sendiri. Dengan bantuan persepsi, kita dapat membangun brand image dimata konsumen yang akan mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Tiga komponen penting dari persepsi adalah perhatian selektif, retensi selektif, dan pemahaman selektif. Ketiga hal ini, masing-masing mempengaruhi cara konsumen mempersepsikan informasi dengan cara yang unik, sebagai berikut:

Baca Juga: 7 Strategi Mengelola Hubungan Baik Dengan Konsumen

  • Perhatian selektif adalah kemampuan milik individu untuk memperhatikan dan memperhatikan hal-hal tertentu rangsangan lingkungan.
  • Retensi selektif mengacu pada fakta bahwa individu tidak dapat menyimpan semua informasi yang mereka proses. Dalam arti konsumen perilaku, ini berarti bahwa konsumen kemungkinan akan melupakan sebagian dari pesannya dan/atau iklan yang mereka lihat.
  • Pemahaman selektif mengacu pada konsumen menafsirkan informasi dengan cara yang menegaskan bahwa keyakinan yang telah mereka pegang. Ini dapat menyebabkan rasa setia loyalitas merek, dimana konsumen akan membeli produk tertentu karena mereka percaya merek itu yang terbaik, terlepas dari itu dari kinerja produk yang sebenarnya.

3. Sikap dan keyakinan juga faktor penting dari perilaku konsumen

'Sikap' mengacu pada pandangan konsumen tentang merek, produk, atau layanan tertentu. Sikap adalah biasanya dipengaruhi oleh faktor sosial. 'Keyakinan' mengacu pada pandangan konsumen tentang merek, produk, atau jasa, yang didasarkan pada faktual yang sebenarnya pengetahuan atau pendapat pribadi.

Wirausaha harus memperhatikan dengan seksama terhadap sikap dan keyakinan konsumen untuk memastikan bahwa konsumen memiliki pandangan yang akurat tentang produk atau layanan yang bersangkutan, dan jika tidak, maka kita harus memfokuskan kampanye pada mengoreksi keyakinan yang salah.

4. Pengaruh terakhir pada konsumen perilaku adalah gaya hidup, atau bagaimana konsumen cenderung menghabiskan waktu atau uang mereka

Penting bagi kita untuk memahami gaya hidup konsumen dan cara mereka melakukan pembelian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang tepat untuk mempromosikan produk. Konsumen yang memiliki gaya hidup tinggi cenderung berperilaku konsumtif. Harga bukan faktor utama.

Baca Juga: Menjamin Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Mitra Bisnis Lewat Kontrol Kualitas

Konsumen dengan gaya hidup seperti ini cenderung didorong oleh faktor kepuasan dalam membeli barang yang memiliki nilai tertentu. Memahami faktor gaya hidup juga dapat berguna bagi kita untuk mengembangkan pemahaman tentang pendapat konsumen pada berbagai masalah sosial dan/atau politik.

Sahabat Wirausaha, memahami mengapa konsumen berperilaku tertentu, atau mengapa mereka membeli barang tertentu, sangat penting untuk mengembangkan kampanye pemasaran yang sukses yang akan menarik minat konsumen dan berpotensi mempengaruhi mereka untuk bertindak secara tertentu, seperti melakukan pembelian produk.

Baca Juga: Retensi Pelanggan

Faktor psikologis utama yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen adalah motivasi, persepsi, sikap dan keyakinan, seiring dengan gaya hidup. Memahami faktor-faktor ini akan membantu kita dalam memahami perilaku konsumen dan bagaimana cara menarik hati konsumen untuk melakukan pembelian.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. Jurnal.id
  2. Psychologytoday.com
  3. Workspace.co.uk