Bisnis Keripik Sehat, Pawaris Store – Sahabat Wirausaha, usaha produk makanan dikenal sebagai pilihan bisnis yang “tidak ada matinya” karena permintaannya akan selalu ada. Ya, produk makanan sebagai kebutuhan primer manusia akan menjadi incaran bagi konsumen, apalagi jika rasanya enak dan mengenyangkan.

Namun, produk makanan yang diincar konsumen ternyata tidak hanya berdasarkan dari dua hal tersebut saja lho!. Kini, konsumen juga menginginkan produk makanan yang menyehatkan untuk meminimalisir berbagai ancaman penyakit yang mengintai.

Hal inilah yang menginspirasi seorang perempuan hebat bernama Riris Waradya Pakpahan, untuk membuka usaha produk makanan ringan menyehatkan bernama “Pawaris Store” yang menggunakan bahan dasar alami seperti daun kelor dan tempe.

Bahkan, ia juga telah mengekspor produk makanan ringannya dan menjalin hubungan baik dengan relasi bisnis di 5 (lima) negara besar! Wah, kira-kira seperti apa ya kisahnya? Yuk kita bahas selengkapnya pada artikel berikut ini!


Asal Usul Bisnis Bisnis Keripik Sehat Pawaris Store, Terinspirasi Saat Mengikuti Pelatihan

Siapa sangka, bisnis Pawaris Store ini justru tercetus dari Ibu Riris Waradya setelah dirinya mengalami PHK dari perusahaan tempatnya bekerja. Namun, hal itulah yang melatarbelakangi dirinya untuk bangkit dan memutuskan untuk berbisnis.

Ia pun mulai mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) di bidang pangan untuk mendalami ilmu di bidang produk kuliner, serta rajin berbincang dengan peserta lainnya dari kegiatan tersebut untuk mendapat inspirasi.

Dari bincang-bincang dengan beberapa peserta diklat tadi, Ibu Riris pun merasa “tercerahkan” untuk membuat bisnis keripik sehat dengan bahan yang simpel, yaitu daun kelor dan tempe.

Akhirnya, usaha Pawaris ini resmi didirikan pada 4 Maret 2021 lalu, bertepatan saat ia terdaftar sebagai anggota binaan Jakarta Enterpreneur (JAKPreneur) di daerah Kramat Jati, Jakarta Timur. Adapun segmen konsumen produk ini adalah para Milenial dan Gen Z, karena mereka rata - rata sudah memiliki penghasilan dan suka camilan makanan ringan untuk menemani waktu santai atau mengganjal perut yang lapar.

Baca Juga: 6 Cara Memulai Usaha Makanan Ringan dengan Modal Minim dan Untung Maksimal


Perjalanan dan Tantangan Bisnis Keripik Sehat Pawaris Store: Berkurangnya Kolega Bisnis dan Mengalami Keterbatasan Modal

Mulanya, usaha ini bernama “VERATRIS” yang didirikan oleh Ibu Riris bersama kedua orang temannya. Namun, seiring berjalannya waktu kedua temannya mengalami kendala dan tidak kunjung berpartisipasi dalam hal permodalan bisnis.

Akhirnya, Ibu Riris pun memutuskan untuk menjalankan usaha ini sendiri dengan mengganti nama brandnya menjadi “PAWARIS”, yang berasal dari singkatan nama lengkap Ibu Riris sendiri yaitu Riris Waradya Pakpahan.

Mengelola bisnis tanpa adanya tim membuat Ibu Riris menghadapi berbagai rintangan pada bisnis keripik sehat Pawaris Store miliknya. Mulai dari kekurangan modal dan tidak berani untuk pinjam di bank, berkali - kali ganti resep untuk menghilangkan rasa “langu” dari daun kelor dan after taste agak pahit dari keripik tempe, sampai produk keripiknya sempat ditolak untuk kegiatan ekspor. Bagi mereka, rasa kelornya kurang dan keripik tempenya kebanyakan tepung (tempenya tidak terasa), sehingga Ibu Riris pun harus membuat ulang resepnya.


Mulai Merekrut Karyawan Hingga Bisa Ekspor ke USA

Dari keadaan tersebut, Ibu Riris pun merasa perlu untuk merekrut tenaga kerja / pegawai untuk membantu kegiatan operasional bisnisnya. Selain itu, ia juga terus mencoba berkali – kali untuk mengubah racikan resep supaya bisa menciptakan rasa yang enak untuk para konsumen.

Adapun yang dilakukan yaitu mengurangi kadar tepung pada produk keripik tempenya, serta pada keripik daun kelor ia pun menambah racikan bumbunya agar lebih sedap rasanya dan bisa diminati oleh konsumen.

Sayangnya, Ibu Riris juga mengalami dinamika pergantian karyawan karena belum ada komitmen yang kuat dari para tenaga kerjanya, salah satunya admin di bidang promosi. Akibatnya, mau tidak mau ia pun harus belajar digital marketing untuk mempromosikan produk keripiknya di media sosial, sambil terus menjalin relasi secara digital.

Ternyata, hal ini berbuah manis bagi bisnis Pawaris, di mana Ibu Riris berkesempatan untuk mengikuti program ekspor ke USA pada tahun 2022 lalu, serta mengikuti pameran berskala internasional bernama “E-PRIX” di Grand Indonesia, West Mall Lantai 2 di tahun yang sama. Keren banget, bukan?

Gabung jadi Member ukmindonesia.id buat update terus info seputar UMKM dan peluang usaha!


Memanfaatkan Media Sosial dan Berkolaborasi dengan Influencer untuk Promosi

Kini, bisnis keripik sehat Pawaris Store sudah semakin berkembang, dan akan berfokus pada kanal promosi digital seperti media sosial. Hal ini dikarenakan target pasar Ibu Riris adalah para Milenial dan Gen Z yang suka ngemil.

Maka, ia pun mulai bekerja sama dengan reseller, influencer, serta menggunakan ads/iklan untuk media Instagram dan TikTok agar bisa menjangkau target konsumen yang lebih besar. Mantap betul!

Dalam pengembangan kontennya, Ibu Riris juga menggunakan teknologi AI atau kecerdasan buatan agar bisa menyesuaikan dengan tren saat ini. Tidak ketinggalan, ia pun menggunakan aplikasi/tools editing yang sedang populer saat ini seperti Canva dan CapCut untuk membuat konten foto dan video, agar bisa menghasilkan konten promosi yang berkualitas.


Strategi Bisnis Pawaris Store DI Masa Mendatang: Terus Beradaptasi dan Menjalin Relasi yang Berkelanjutan

Saat ini, bisnis keripik sehat Pawaris Store telah berkembang dengan beragam produk makanan ringan yang ditawarkan. Adapun beberapa di antaranya dinamakan “Moringa” dengan varian seperti Moringa Tea, Moringa Cookies, serta Moringa Chips. Tidak ketinggalan juga ada Tempeh Chips yang siap menemani keseruan ngemil para konsumen setia.

Varian Produk dari Pawaris Food (Sumber: Instagram)

Selain itu, untuk menghadapi perubahan pasar dengan tetap mengikuti tren selera konsumen yang selaras dengan inovasi produk, Pawaris Store juga telah merilis produk keripik tempe dengan 4 varian rasa, yaitu rasa original, keju manis, balado dan barbeque. Ibu Riris juga sedang berupaya untuk meracik resep produk keripiknya agar bisa 100% Gluten Free, agar tetap aman dikonsumsi oleh para kawula muda yang menjadi target konsumennya. Top banget ya, Sahabat Wirausaha!

Sambil menjalankan bisnis, Ibu Riris juga terus menjalin hubungan diaspora yang ada di 5 (lima) negara besar, seperti USA, Jepang, Jerman, Belanda, Serta Singapura. Hal ini dilakukan agar produk keripiknya bisa semakin dikenal di negara tersebut, mengingat produk Pawaris juga telah melakukan kegiatan ekspornya pada 2022 lalu.

Terkait perizinan, bisnis keripik sehat Pawaris Store telah memiliki izin usaha yang cukup lengkap, seperti NIB, NPWP, IUMK, PIRT, HALAL, serta saat ini sedang proses untuk HAKI untuk menjaga eksistensi bisnis agar berada di dalam perlindungan hukum.

Terakhir, Ibu Riris berpesan kepada pelaku UKM agar tetap menjalankan bisnis dengan niat yang kuat dan menjalin hubungan baik dengan rekan bisnis. “Untuk membangun bisnis dari beberapa mitra yang ada, tidak hanya dari berdasarkan perkataan saja, tapi harus ditunjukkan lewat komitmen dalam perjanjian ikatan yang kuat di hadapan pejabat notaris agar sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku. Selain itu, bangun jaringan atau relasi bisnis seluas - luasnya, demi menciptakan kolaborasi untuk membangun tim yang solid dan berkelanjutan” pungkasnya.

Baca Juga: Paling Laku! 5 Cara Memulai Bisnis Snack Anti Gagal

Sahabat Wirausaha, dari kisah inspiratif bisnis keripik sehat Pawaris Store di atas kita dapat mempelajari bahwa dalam berbisnis tentunya akan ada banyak tantangan yang dihadapi. Seperti yang dihadapi oleh Riris Waradya, mulai dari perbedaan prinsip dengan rekan bisnis, gagal dalam membuat resep produk, hingga mau tidak mau perlu belajar hal baru dalam mempromosikan produk makanan ringannya.

Namun, hal ini justru bisa mendatangkan “keuntungan” lain dalam bisnisnya, seperti bisa menjalin relasi yang lebih luas lagi hingga bisa ekspor ke mancanegara. Maka, sebagai pelaku usaha kita juga perlu beradaptasi dengan lingkungan serta kondisi yang ada, agar bisa tetap bertahan untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Semoga artikel ini bisa menginspirasi ya, Sahabat Wirausaha!

Profil Bisnis Pawaris Store

  • Kapasitas Produksi/ Bulan                : 50 kg - 100 kg
  • Kelengkapan Perizinan                        : NIB, NPWP, IUMK, PIRT, HALAL
  • Link Katalog WhatsApp                         : https://wa.me/c/6285697188400
  • Link Akun Instagram                        : https://instagram.com/pawaris_store01
  • Link E-Commerce                        : https://tokopedia.link/pawaris

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk berbagi terus informasi seputar UMKM.