UKM Indonesia

​Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing



sumber : urbandigital

Istilah digital marketing tentu sudah tidak asing lagi bukan untuk Sahabat Wirausaha? Ya Sahabat Wirausaha, digital marketing merupakan langkah atau strategi pemasaran yang menggunakan media digital dan internet. Saat ini, konsep digital marketing sudah sangat marak dilakukan untuk dapat mendongkrak penjualan dari sebuah merek. Namun, yang perlu Sahabat Wirausaha ketahui, dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, maka beragam tren penggunaan digital marketing pun mengalami banyak kemajuan, termasuk Instagram salah satunya.

Instagram, sebagai anak perusahaan dari Meta, merupakan platform digital yang mengandalkan konten visual. Oleh karena itu, tentu tren maupun strategi yang Instagram miliki berbeda dengan platform lainnya, seperti Twitter maupun Facebook. Ya Sahabat Wirausaha, meskipun Facebook juga berada di bawah naungan Meta, namun karakteristik setiap platform berbeda, sehingga tren dan strateginya pun menjadi berbeda.

Gambar 1. Meta Corp.

sumber : engadget

Sebelum kita masuk dalam pembahasan beragam tren dalam Instagram yang dapat Sahabat Wirausaha optimalkan dalam strategi digital marketing, ada beberapa hal dasar yang perlu Sahabat lakukan terlebih dahulu, yaitu :

1. Instagram Bisnis

Hal yang pertama kita bahas ini merupakan langkah fundamental dalam bisnis Sahabat Wirausaha. Ibarat sebuah gerbang, memiliki akun Instagram Bisnis menjadi pintu yang akan membawa kita menemukan beragam tren fitur Instagram lainnya yang memiliki manfaat besar untuk kelangsungan bisnis Sahabat Wirausaha. Oleh karena itu, jika saat ini Sahabat Wirausaha masih menggunakan akun pribadi di platform Instagram, kami rekomendasikan Sahabat untuk merubahnya ke akun bisnis dengan mengikuti beberapa langkah berikut :

  1. Masuk ke halaman profil dan klik garis tiga yang berada di pojok kanan atas
  2. Pilih setting
  3. Pilih Account
  4. Scroll ke bawah hingga menemukan Switch to Professional Account

Gambar 2. Langkah Mengubah Akun Pribadi menjadi Akun Bisnis

sumber : Instagram

Setelah empat langkah di atas selesai Sahabat Wirausaha lakukan, Sahabat dapat mengklik tombol “Lanjutkan” dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan, seperti kategori akun, alamat email dan nomor handphone, serta melengkapi data profil lainnya.

2. Optimasi Akun Bisnis Instagram

Setelah Sahabat Wirausaha berhasil merubah akun pribadinya menjadi akun bisnis, maka langkah berikut yang penting untuk dilakukan adalah melakukan optimasi pada akun bisnis tersebut. Untuk dapat melakukan optimasi tersebut, ada beberapa hal yang perlu Sahabat Wirausaha lakukan, antara lain :

  • Memilih username yang simple dan mudah dikenali

Sahabat Wirausaha dapat mengecek terlebih dahulu, apakah username yang diinginkan sudah digunakan oleh pengguna Instagram lainnya atau belum. Jika sudah, maka Sahabat perlu mencari nama lain.

Pastikan username yang digunakan simple ya. Hal ini sangat penting agar akun kita mudah dikenali dan mudah diingat pula oleh konsumen. Jangan sampai, karena konsumen sulit mengingat username kita, konsumen tidak menemukan akun kita sehingga membatalkan pembelian lho. Atau bisa juga konsumen salah melakukan tag ketika upload foto maupun video.

  • Tampilkan foto profil terbaik

Dari mata turun ke hati, pepatah lama yang rasanya tidak lekang oleh waktu ya Sahabat. Namun, hal ini relevan banget dengan platform Instagram. Sebagai platform yang mengandalkan konten visual, maka tampilan visual yang kita suguhkan haruslah menarik, termasuk foto profil dalam akun bisnis Sahabat Wirausaha tentunya. Pilihlah foto profil terbaik yang terlihat profesional untuk ditampilkan. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan logo brand atau logo bisnis yang Sahabat Wirausaha miliki.

  • Isi bio yang menarik

Instagram memberikan kita fasilitas untuk menulis bio dengan panjang maksimal 150 karakter. Sahabat Wirausaha harus mengoptimalkan karakter ini ya. Tuliskan bio yang menarik dan interaktif, serta sesuaikan dengan target konsumen yang Sahabat Wirausaha tuju.

  • Masukkan Call to Action

Salah satu cara mengoptimalkan bio, adalah dengan memasukkan call to action atau CTA di akhir bio Sahabat Wirausaha. Sebagai contoh, CTA yang dapat Sahabat gunakan adalah “Dapatkan Promonya Sekarang” atau “Gratis Ongkir Hari Ini”.

  • Lengkapi dengan link

Setelah Sahabat Wirausaha memasukkan CTA yang powerful, lengkapi pula dengan link yang sesuai ya. Misal Sahabat sedang membuat promo di Shopee, maka lengkapi pula dengan link ke toko Shopee Sahabat. Atau jika Sahabat menyediakan fasilitas gratis ongkir hari ini, lengkapi dengan link ke Whatsapp agar konsumen bisa langsung berinteraksi dengan kita disana.


Tren Instagram yang dapat Dioptimalkan

Nah, setelah Sahabat Wirausaha telah melengkapi hal-hal dasar dari akun di Instagram, maka kini saatnya Sahabat Wirausaha mengoptimalkan beragam fitur dan trend menarik yang Instagram miliki, antara lain :

1. Instagram Feed

Secara umum, konten di feed Instagram dapat diisi dengan foto maupun video. Untuk video, durasi maksimal 60 detik dengan dimensi 1080 x 608 untuk portrait dan 1080 x 1350 untuk landscape. Adapun ragam konten dalam Instagram feed yang dapat Sahabat bagikan, antara lain :

  • Behind the scene

Behind the scene adalah gambar yang menunjukkan sisi bisnis Sahabat Wirausaha yang tidak banyak diketahui orang lain. Gambar ataupun video ini merupakan postingan yang menampilkan apa yang terjadi di balik layar dalam bisnis Sahabat. Postingan ini bisa merupakan gambar maupun video yang menunjukkan proses pembuatan produk hingga proses packing sebelum dikirim ke konsumen. Usahakan gambar di balik layar ini apa adanya dan tidak dibuat-buat agar bisa memberikan kesan natural di mata konsumen.

  • Edukasi

Konten yang tidak kalah penting lainnya adalah konten yang berisi edukasi. Konsumen tentu ingin mendapat manfaat dari hal yang kita posting bukan? Berikan konten edukasi yang relevan dengan produk maupun jasa yang Sahabat Wirausaha miliki. Terlebih jika value dari edukasi ini bisa menguatkan asosiasi konsumen terhadap produk kita.

  • Support dari KOL

Sahabat Wirausaha berjejaring dengan key opinion leader atau KOL untuk mengembangkan usahanya? Sangat tepat jika foto maupun video yang menampilkan support dari KOL tersebut, kita posting di feed Instagram. Hal ini tentu akan menambah nilai dari produk kita terlebih, jika KOP tersebut relevan dengan target pasar yang kita tuju.

Gambar 3. Influencer

sumber : dkonten.com

  • Testimoni dari konsumen

Sebetulnya tidak harus testimoni ya Sahabat Wirausaha. Kita pun dapat me-regram postingan dari konsumen ketika mereka sedang berinteraksi dengan produk kita, misal ketika memakai produk maupun bercengkrama di toko offline kita. Seluruh konten tersebut akan meningkatkan engagement kita dengan konsumen

2. Instagram Stories

Seperti yang Sahabat Wirausaha ketahui, Instagram Stories tentu berbeda dengan Instagram Feed. Adapun keunggulan Instagram Stories dibandingkan dengan Instagram Feed, antara lain :

  1. posisi Instagram Feed yang strategis, dimana langsung terlihat di halaman home Instagram dengan posisi paling atas, sehingga visibility pengguna Instagram sangat tinggi
  2. meskipun hanya dapat bertahan 24 jam, namun postingan di Instagram Story dapat di highlight sehingga tampil di halaman profile. Selain itu, postingan di Instagram Story dapat di post kembali di waktu lainnya
  3. tersedia beragam stiker maupun filter yang akan mempercantik postingan Instagram Story kita
  4. beragam tools gratis dapat kita manfaatkan pula untuk membuat tampilan Instagram Story Sahabat Wirausaha menjadi lebih menarik, seperti Canva salah satunya

Setelah Sahabat Wirausaha mengetahui beragam keunggulan Instagram Story, yuk kita pelajari bersama tren atau fitur di Instagram Story yang dapat Sahabat Wirausaha optimalkan, sebagai berikut ini :

1. Polling

Fitur ini adalah salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan follower Sahabat Wirausaha. Melalui fitur ini, kita bisa melakukan riset pasar, mendapatkan saran, atau mengetahui preferensi dari konsumen kita.

Gambar 4. Polling Instagram

sumber : Whello Indonesia

2. Ask Question

Selain melalui polling, Sahabat Wirausaha juga bisa berinteraksi dengan follower melalui ask question, dimana Sahabat Wirausaha dapat mengajukan pertanyaan di Stories. Menariknya, pertanyaan ini bisa dalam bentuk dua arah lho. Sehingga, bukan hanya Sahabat Wirausaha saja yang bisa bertanya kepada follower, melainkan juga follower bisa bertanya kepada Sahabat Wirausaha.

3. Swipe Up

Secara umum, fitur Swipe Up link di Instagram story ini pada dasarnya ditujukan kepada pengguna Instagram sebagai akun bisnis yang berfungsi untuk mengarahkan followers Sahabat untuk menuju sebuah website yang dimiliki, atau sponsor agar meningkatkan trafik atau pengunjungnya. Jadi, kalau Sahabat Wirausaha sudah merubah akun pribadinya menjadi akun bisnis seperti penjelasan di awal artikel ini, maka fitur Swipe Up sangat pas untuk digunakan dalam akun bisnis Sahabat Wirausaha.


Informasi lainnya yang perlu Sahabat Wirausaha ketahui terkait dengan fitur swipe up adalah fitur ini hanya bisa digunakan bagi yang akun Instagramnya telah memiliki jumlah followers 10.000 atau lebih. Nah bagaimana dengan Sahabat Wirausaha yang belum memiliki jumlah followers yang fantastis seperti itu, apakah tidak bisa menggunakan fitur Swipe Up? Tenang saja Sahabat Wirausaha, kita tetap bisa menggunakan fitur tersebut. Sahabat Wirausaha dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1: Membuat saluran dan upload video di IGTV

  • Di langkah pertama ini, Sahabat Wirausaha dapat membuka home Instagram, kemudian tekan icon IGTV di kanan atas layar
  • Tekan icon setting, lalu pilih buat saluran
  • Setelah saluran dibuat, Sahabat Wirausaha dapat menekan icon profil Sahabat Wirausaha (dimana posisinya sama persis dengan icon setting sebelumnya)
  • Silahkan Sahabat Wirausaha klik unggah video. Pilih video yang telah Sahabat Wirausaha buat sebelumnya
  • Jika ingin memasukkan thumbnail, silahkan pilih gambar kecil yang ada dibawahnya. Jika sudah, Tekan selanjutnya.
  • Isi judul sesuai kebutuhan Sahabat Wirausaha, judul ini yang akan diklik di dalam videonya. Lalu, isikan keterangan dengan link yang akan Sahabat Wirausaha bagikan, seperti link Youtube, Blog, Website, dan lainnya, lalu tekan kirim
  • Tunggu proses upload videonya
  • IGTV sudah berhasil terbuat, dan sudah dapat dilihat di profil instagram Sahabat Wirausaha

Gambar 5. Membuat Saluran dan Upload Video di IGTV

sumber : tumeskecil.com

Langkah 2: Membagikan IGTV ke Instagram Story

Langkah kedua agar Sahabat Wirausaha dapat Swipe Up tanpa 10k followers adalah dengan membagikan IGTV ke instastory. Caranya yaitu dengan :

  • Buka profil instagram Sahabat Wirausaha dan tekan IGTV yang telah Sahabat Wirausaha buat sebelumnya
  • Tekan icon kapal kertas di samping icon komen. Selanjutnya tekan tambahkan video ke cerita Sahabat Wirausaha
  • Silahkan posting seperti Sahabat Wirausaha membuat instastory biasa
  • Nantinya, followers yang klik instastory Sahabat Wirausaha akan diarahkan ke IGTV. Dan di IGTV tersebut juga akan ada link yang bisa di klik di pojok kiri atas layar
  • Buatlah video IGTV yang menarik agar bisa mendapatkan kunjungan ke link yang Sahabat Wirausaha bagikan karena jika tidak, followers yang melihat akan berkunjung sampai ke IGTV saja tanpa klik link yang Sahabat Wirausaha bagikan. Cara diatas bisa Sahabat Wirausaha gunakan sambil menunggu instagram kamu mencapai 10k follower, mulai tingkatkan followers Sahabat Wirausaha dengan posting hal-hal yang lebih menarik.

Gambar 6. Membagikan IGTV ke Instagram Story

sumber : tumeskecil.com

4. Instagram Live

Untuk meningkatkan engagement, Sahabat Wirausaha bisa mencoba melakukan siaran langsung di Instagram. Lebih jauh, berdasarkan penelitian livestream, 80% orang lebih memilih menonton siaran langsung dari merek tertentu daripada membaca artikel di blog. Luar biasa, bukan Sahabat Wirausaha?

Gambar 7. Riset terkait Live Video

sumber : livestream

Opsi untuk live ini terletak di paling kiri saat Sahabat Wirausaha hendak membuat stories. Setelah Sahabat Wirausaha live, follower akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis. Sehingga, mereka bisa langsung tahu bahwa Sahabat Wirausaha sudah memulai siaran langsung. Selain itu, saat Sahabat Wirausaha melakukan siaran langsung, maka posisi stories Sahabat Wirausaha juga berubah menjadi yang terdepan dibandingkan stories lainnya. Jadi, live Sahabat Wirausaha benar-benar akan menjadi hal pertama yang follower lihat saat membuka Instagram.

Oh ya Sahabat, pastikan juga Sahabat Wirausaha sudah mengumumkan akan melakukan live sebelumnya, seperti melalui website, postingan di Instagram atau dalam bentuk stories. Sebab, semakin banyak penonton yang bisa Sahabat Wirausaha kumpulkan, semakin tinggi pula kesempatan untuk ditampilkan di “Top Live” pada Explore.

Live Instagram ini juga bisa Sahabat Wirausaha gunakan untuk banyak hal. Beberapa di antaranya adalah mengumumkan produk baru, merekam event yang sedang terjadi, hingga menjalankan sesi tanya jawab secara langsung dengan follower.

Setelah siaran langsung selesai, Sahabat Wirausaha juga bisa mempostingnya dalam bentuk stories yang akan tersedia selama 24 jam. Jadi, bagi follower yang kelewatan, tetap bisa tahu apa yang Sahabat Wirausaha bahas dalam sesi live stream.\

5. Instagram TV

Instagram TV atau yang biasa disingkat dengan IGTV, memungkinkan pengguna untuk menonton video dengan durasi panjang langsung dari aplikasi Instagram atau dari aplikasi IGTV terpisah. IGTV ini sangat mirip dengan YouTube dan di masa depan diprediksi bisa menjadi pesaing bagi platform berbagi video raksasa tersebut.

Untuk mulai menggunakan IGTV bagi bisnis Sahabat Wirausaha, download terlebih dahulu aplikasi IGTV. Setelah itu, Log In menggunakan akun Instagram Sahabat Wirausaha. Lalu, klik tombol Plus (+) di kanan atas untuk mulai membagikan video.

Ada beberapa persyaratan yang harus Sahabat Wirausaha ketahui sebelum mulai berbagai video di IGTV, antara lain:

  • Video yang dibagikan minimal berdurasi satu menit
  • Panjang durasi maksimal video saat di upload lewat handphone adalah 15 menit, sedangkan saat di-upload dari web, durasi maksimal menjadi 60 menit
  • Video haruslah dalam format MP4
  • Untuk video vertikal, rasio aspeknya adalah 9:16, sedangkan video horizontal 16:9
  • Resolusi video minimal adalah 720 piksel dan framerate minimal 30 FPS
  • Ukuran maksimal video berdurasi 10 menit atau kurang adalah 650 MB, sedangkan ukuran file maksimal untuk video berdurasi hingga 60 menit adalah 3,6 GB
  • Ukuran sampul video yang disarankan adalah 420px kali 654px

Sahabat Wirausaha bisa menggunakan IGTV untuk berbagi video promosi produk yang Sahabat Wirausaha miliki, video tutorial, kejadian di belakang layar, ataupun untuk berbagai info mengenai bisnis Sahabat Wirausaha.

Itulah tadi beragam tren di Instagram yang dapat Sahabat Wirausaha optimalkan dalam rangka meningkatkan performa bisnis. Selamat mencoba ya!

Sumber referensi :

Livestream. Live Video Stats: What Consumer Want .

Tumeskecil. Cara Membuat Swipe Up Instagram Stories Tanpa 10K Followers.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: