UKM Indonesia

Tips Memulai Usaha Yang Sukses



Sumber : investasi.online

Sahabat wirausaha pasti ingin sukses kan? Ya, pasti semua orang ingin sukses. Kesuksesan adalah hal yang dicari setiap orang. Salah satu cara yang dilakukan orang untuk meraihnya adalah dengan berbisnis. Saat ini banyak orang yang sudah sukses menjadi pengusaha di usia muda. Sangat memungkinkan salah satu dari pengusaha sukses tersebut adalah Sahabat wirausaha sendiri.

Perlu Sahabat Wirausaha pahami memulai usaha yang sukses tidak selamanya berjalan sesuai keinginan, tanpa adanya hambatan. Dibutuhkan keterampilan dan langkah-langkah yang tepat untuk diikuti agar usahanya dapat berjalan dengan baik. Bahkan ada yang berpendapat bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Namun nyatanya, siapa pun bisa menjadi pengusaha jika mau belajar dan bekerja keras.

Maka pada tulisan ini kita akan membahas apa itu usaha, mengapa memulai usaha dan bagaimana memulai usaha hingga sukses. Yuk disimak ya Sahabat Wirausaha!

Apa itu usaha?

Pertama kita harus pahami ya Sahabat wirausaha apa sih pengertian usaha itu sendiri. Jadi… usaha atau bisnis adalah kegiatan atau aktivitas di mana menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk memperoleh keuntungan. Dalam penerapan usaha atau bisnis, penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan. Penjual memperoleh laba dari hasil penjualan produk usaha, sementara pembeli mendapatkan manfaat dari produk yang dibeli.

Mengapa harus memulai suatu usaha?

Nah.. Sahabat Wirausaha di bawah ini diuraikan faktor-faktor yang menjadi pendorong seseorang untuk memulai usaha.

1. Kebebasan dan keleluasaan

Bekerja secara sendiri pasti lebih bebas dan lebih leluasa dibandingkan bekerja dengan orang lain. Saat kita bekerja di kantor atau perusahaan tertentu, kita merasa bergantung terhadap perusahaan dan harus mematuhi seluruh aturan yang berlaku selama bekerja. Berbeda dengan mendirikan usaha, kita bebas berinovasi dan menentukan pilihan aturan dalam usaha pribadi. Sehingga salah satu alasan orang memilih mendirikan usaha dibandingkan bekerja karena faktor kebebasan dan keleluasaan.

2. Lapangan kerja terbatas

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), di Indonesia jumlah pengangguran mencapai 6,87 juta jiwa. Jumlah tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu faktor penyebabnya dikarenakan ketersediaan lapangan kerja yang kurang memadai. Oleh karena itu, kondisi tersebut mendorong seseorang untuk merintis usaha. Selain itu, menjadi seorang pengusaha dapat memiliki peluang yang besar untuk membantu orang lain dengan cara membuka lapangan pekerjaan baru.

3. Memperoleh tambahan pendapatan

Semakin hari harga kebutuhan pokok semakin meningkat. Namun hal tersebut tidak diiringi gaji atau penghasilan yang meningkat. Kondisi tersebut terkadang memaksa kita untuk bekerja lebih keras lagi agar mampu menyesuaikan antara pendapatan dan pengeluaran secara baik. Oleh karena itu banyak pekerja yang mulai membangun bisnis sebagai pemasukan sampingan.

4. Sebagai investasi di hari tua

Mendirikan usaha di usia muda dapat menjadi investasi di hari tua. Usaha yang dirintis akan berkembang hingga memiliki karyawan. Saat operasional usaha sudah mampu berjalannya tanpa campur tangan pemilik usaha, maka Anda tinggal menikmati laba dari bisnis yang sudah dimulai.


Tips Memulai Usaha Yang Sukses

Sahabat Wirausaha yang baru memulai usaha perlu menyimak tips di bawah ini tentang cara untuk membuat sukses usaha!

1. Fokus pada satu peluang usaha

Digitalisasi yang semakin berkembang pesat, menjadikan peluang usaha bisa didapatkan dari berbagai hal. Peluang usaha yang begitu banyak untuk dimanfaatkan ini, mungkin akan membingungkan sehingga disarankan untuk untuk memilih satu peluang usaha mana yang tepat untuk Sahabat wirausaha kembangkan.

2. Melakukan apa yang disukai

Apabila Sahabat wirausaha mencintai apa yang dilakukan, tentunya akan dilakukan dengan sepenuh hati, bukan karena paksaan. Karena setiap pekerjaan jika dilakukan dengan sepenuh hati akan memberikan hasil yang maksimal. Bagi Sahabat wirausaha yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses, jangan memulai usaha hanya karena melihat keuntungan besar, kelihatannya bagus, atau karena dorongan seseorang. Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan saat memulai suatu usaha adalah berdasarkan hobi.

3. Mengetahui segala tentang usaha yang digeluti

Dalam memulai sebuah usaha, biasanya jarang ada investor yang mau untuk menaruh uangnya pada usaha tersebut. Namun peluang ini bisa datang kapan saja, jadi Sahabat Wirausaha harus benar-benar menguasai segala sesuatu tentang usaha yang digeluti, dan selalu siap untuk menjelaskannya sejelas mungkin. Hal ini dimaksudkan untuk membuat investor yakin untuk menaruh uang mereka di tangan yang tepat.

4. Selalu mau belajar dari orang lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, jadi sangat penting Sahabat Wirausaha untuk terbuka terhadap pendapat atau pemikiran orang lain. Dengan Sahabat Wirausaha berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman atau orang sukses lainnya.

5. Hidup sederhana

Sahabat wirausaha lupakan semua keindahan-keindahan yang didapatkan jika ingin menjadi pengusaha sukses. Rumah megah, mobil mewah, restoran kelas atas, atau apa pun yang menunjukkan kemewahan. Hiduplah sederhana dengan pandangan bahwa kita adalah seorang pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan cara ini, kita akan lebih menikmati perjalanan menuju kesuksesan dan semua yang diimpikan akan terjadi tepat waktu.

6. Belajar dari kegagalan

Ingat ya Sahabat wirausaha, tidak ada yang pasti di dunia ini. Begitu pula dengan dunia usaha. Ada dua pilihan dalam hidup yang dapat menentukan kesuksesan, yaitu move on atau diam. Jika ingin maju, Sahabat wirausaha harus rela menghadapi kegagalan. Karena semua yang direncanakan tidak selalu sesuai dengan yang diinginkan.

Sebaliknya, kegagalan harus terjadi untuk mengajari dan mempersiapkan Sahabat wirausaha menjadi orang yang sukses di kemudian hari. Ketika mengalami kegagalan, janganlah putus asa. Teruslah mencoba dan belajar dari pengalaman, karena kegagalan adalah guru terbaik.

7. Membuktikan bahwa konsep usaha yang dimiliki merupakan yang terbaik

Tidak ada investor yang mau berinvestasi dalam usaha yang belum dipahami dengan benar konsepnya sehingga kita harus menunjukkan bahwa konsep ini akan sangan menguntungkan bagi para investor. Terapkan konsep usaha dengan modal minimum untuk memberikan bukti nyata kepada investor.

8. Membuktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata

Berhati-hatilah dengan apa yang Sahabat wirausaha katakan. Katakan apa yang kita bisa lakukan, Buktikan apa yang bisa kita lakukan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata, karena jika Sahabat wirausaha melakukannya orang akan bisa lebih menilai hasil kerjamu.

9. Menjaga kesehatan

Untuk sukses, memang harus bekerja keras, namun jangan lupa bahwa menjaga kesehatan juga tanggung jawab kita juga ya Sahabat wirausaha…! Dengan menjaga kesehatan, percayalah apapun yang kita kerjakan akan lebih produktif.

Atur pola makan, berolahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan. Bayangkan jika kamu jatuh sakit, tidak ada yang dapat kita lakukan dengan sempurna. Kesehatan memberi kita kesempatan untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih baik. Sebisa mungkin seimbangkan pekerjaan dengan menjaga kesehatan.

10. Mengetahui kapan harus berhenti berusaha

Sahabat Wirausaha.. berhenti berusaha tidak selalu bentuk dari menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa kita untuk berhenti, jika tidak kita akan semakin terpuruk. Demikian juga dalam merintis bisnis. Terkadang, bisnis yang Sahabat Wirausaha mulai tidak membawa kepada kesuksesan, melainkan malah membuat Sahabat Wirausaha menjadi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka Sahabat Wirausaha harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu Sahabat Wirausahauntuk terhindar dari keterpurukan.

Jadi, itulah 10 tips untuk Sahabat wirausaha yang mau sukses memulai bisnis. Jangan ragu untuk memulai meski Sahabat wirausaha masih pemula, terus belajar dan ambil peluang ya…! Tidak ada yang tidak mungkin selama Sahabat Wirausaha berani bermimpi dan mau berusaha. Jalani semua yang Sahabat Wirausaha inginkan dengan selalu memberi yang terbaik karena percayalah, proses tak akan mengecewakan hasilnya. Selamat sukses dan semangat!

Referensi :

https://smesco.go.id/berita/tips-sukses-memulai-us...

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/03/25/car...

https://disdag.samarindakota.go.id/berita/artikel/...

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: