Sudahkah Sahabat Wirausaha merancang visi bisnis? Atau Sahabat Wirausaha masih bingung apa sih visi itu, apa manfaatnya untuk bisnis dan seberapa pentingnya sebuah visi untuk keberlangsungan bisnis? Sadar atau tidak, setiap pelaku usaha pastinya memiliki arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam menjalankan bisnisnya.
Nah, dengan adanya visi, akan membantu Sahabat Wirausaha untuk dapat fokus mencapai tujuan tersebut. Kebayangkan bagaimana jadinya kalau Shabat Wirausaha memiliki suatu tujuan tetapi tidak direncanakan dengan baik?
Bagi Sahabat Wirausaha yang masih bingung apa pentingnya dan bagaimana membuat visi bisnis, yuk simak ulasan berikut ini.
Baca Juga: Apa itu Business Model Canvas (BMC)?
Pengertian Visi
Visi atau Vision adalah sebuah pandangan atau rencana dalam jangka panjang yang ingin dicapai oleh setiap bisnis. Visi sebuah bisnis biasanya cenderung singkat, namum mampu mencakup keseluruhan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai.
Visi adalah gambaran tentang masa depan (future) yang realiastis dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi merupakan pernyataan yang diucapkan atau ditulis dan merupakan proses manajemen yang mencakup masa depan (Akdon: 2006:94).
Visi bagi bisnis berfungsi sebagai tujuan umum yang bisa dijadikan landasan utama dalam menjalankan bisnis.
Baca Juga: Mengenal Perbedaan Pemilik dan Pengelola Perusahaan
Pentingnya Visi Bagi Bisnis
1. Memberikan Standar Kerja yang Optimal
Dengan adanya visi, maka Sahabat Wirausaha akan lebih mengerti dan memahami apa tujuan bisnis yang sedang dijalankan. Tentu visi yang dibuat memiliki cita-cita mulia untuk mencapai kesejateraan bersama baik kesejahteraan Sahabat Wirausaha maupun karyawan yang ada. Tidak hanya itu, visi juga mencakup kesejahteraan untuk masyarakat. Karena bisnis yang baik tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan owner dan karyawannya saja, tetapi juga memiliki manfaat bagi khalayak umum.
Jika Shabat Wirausaha dan karyawan memahami visi yang ada, itu artinya bisnis Sahabat Wirausaha sedang menuju puncak kejayaan dalam meningkatkan omset dan pertumbuhan usaha.
Selain itu, visi dapat membantu menyelaraskan (menyesuaikan) sumber daya dengan tepat untuk mencapai masa depan yang sukses.
2. Memastikan Tujuan Dasar dari Sebuah Bisnis
Memiliki visi sama saja dengan memetakan secara jelas apa saja yang menjadi dasar tujuan didirikannya sebuah bisnis. Dengan demikian, adanya visi diharapkan dapat memberikan dampak signifikan (penting) pada peningkatan keuntungan dan kemajuan bisnis.
Baca Juga: Tipe-tipe Struktur Kepemilikan pada Social Enterprise
3. Menjadi Acuan Sebuah Bisnis dalam Mengembangkannya
Sebuah bisnis tentunya perlu memiliki landasan untuk menentukan apa saja perencanaan bisnis yang akan dikembangkan, nah dengan adanya visi, maka Sahabat Wirausaha telah memiliki acuan dalam menjalankan bisnis. So bagi Sahabat Wirausaha yang saat ini belum memiliki visi bisnis, yuk segera rumuskan visi bisnis Sahabat Wirausaha!
4. Sebagai Pedoman Kerja bagi Elemen Bisnis
Dari sebuah visi yang dibangun, karyawan Sahabat Wirausaha menjadi tahu apa saja deskripsi pekerjaan yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dihindari agar tepat sasaran dan tidak salah dalam mengambil langkah atau kebijakan penting.
5. Sebagai Sarana dalam Pengambilan Keputusan Bisnis
Saat sebuah bisnis membuat kebijakan, maka visi berperan dalam pengambilan keputusan. Visi memastikan bahwa semua keputusan yang dibuat selaras dengan apa yang ingin dicapai oleh bisnis. So ketika Sahabat Wirausaha ingin mengambil keputsan bisnis, baik dari segi operasional, manajemen, sumber daya, legal dll, penting sekali mengacu pada visi bisnis yang sudah ditetapkan demi mencapai tujuan bisnis.
Baca Juga: Cara UMKM Menetapkan Target Usaha
Perihal yang harus diperhatikan dalam menyusun visi bisnis
- Visi harus berorientasi ke masa depan bisnis, untuk jangka waktu yang panjang,
- Visi harus bisa meyakinkan semua elemen bisnis tentang masa depan yang lebih baik,
- Visi harus mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai oleh bisnis,
- Visi harus menginspirasi, mampu mengobarkan semangat dan komitmen semua elemen bisnis,
- Visi harus mampu mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan bisnis ke arah yang lebih baik,
- Visi harus menjadi dasar perumusan misi dan tujuan bisnis,
- Visi tidak memiliki multi tafsir agar bisa dijadikan acuan yang mempersatukan semua pihak dalam bisnis.
Langkah-Langkah Menyusun Visi Bisnis
Dalam menentukan visi bisnis, penting sekali Sahabat Wirausaha memperhatikan dan melalukan langkah-langkah berikut ini, minimal diantaranya:
1. Tentukan 3 (tiga) hal berikut:
- Tujuan berdirinya bisnis,
- Manfaat bisnis; dan
- Ruang lingkup bisnis.
Cara mentukan 3 hal di atas cukup mudah loh Sahabat Wirausaha, cobalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini ya!
- Tujuan berdirinya bisnis: apa tujuan utama Sahabat Wirausaha mendirikan bisnis, mengapa bisnis Shabat Wirausaha perlu ada?
- Manfaat bisnis: bagaimana bisnis Sahabat Wirausaha memiliki manfaat untuk Stakeholder bisnis (pemangku kepentingan seperti; karyawan, pelanggan, pemasok, masyarakat sekitar dll) dan bagaimana Shabat Wirausaha mampu menjalankan bisnis dengan cara yang unik serta berbeda dari kompetitor, yang pastinya lebih baik serta efisien.
- Ruang Lingkup bisnis : ruang lingkup yang harus ditentukan oleh Sahabat Wirausaha adalah mengenai apa yang harus/boleh dan tidak boleh dilakukan oleh elemen bisnis untuk mencapai tujuan bisnis.
2. Tidak Ambigu
Buatkah kalimat yang efektif, bagus, jelas dan tidak ambigu. Jangan lupa menggunakan tanda baca ya, tanda baca sering kali diabaikan sehingga menjadi kalimat bermakna ganda sehingga maksud dari tujuan bisnis tidak tercapai dan menjadikan visi tidak bermakna.
3. Komitmen
Visi umumnya merangkum semua tujuan, strsategi, dan nilai-nilai inti bisnis Sahabat Wirausaha dalam mengembangkan bisnis untuk beberapa tahun kedepan.
Sahabat Wirausaha diharapkan bisa berkomitmen pada pernyataan visi yang telah dirumuskan dalam kehidupan bisnis. Share visi yang sudah Sahabat Wirausaha susun di dalam sosial media, akun e-commerce dsb guna menarik perhatian calon Customer, hal ini juga dapat menarik perhatian calon investor loh Sahabat Wirausaha. serta hiasi juga lingkungan kerja dengan visi guna meneguhkan dan mengingatkan para pekerja maksud dan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Selain itu selalu sosialisasikan visi bisnis kepada karyawan secara berkala, khususnya ketika terjadi perubahan visi bisnis. Hal ini akan meningkatkan awarness (kesadaran) karyawan dalam menjalankan pekerjaannya guna mewujudkan visi bisnis.
Contoh Visi Beberapa Perusahaan Besar
1. Visi Perusahaan IKEA
Menciptakan Kehidupan Sehari-hari yang lebih Baik untuk Banyak Orang
2. Visi Perusahaan Google
Me-manage (mengelola) seluruh informasi dunia dan membuatnya dalam genggaman, sangat mudah diakses sehingga dapat diambil manfaatnya secara universal
Baca juga: Pola Struktur Organisasi bagi UMKM
3. Visi Perusahaan Ace Hardware
Kami berusaha menjadi pusat ritel perlengkapan rumah dan gaya hidup yang terdepan di Indonesia.
4. Visi Perusahaan Aqua
Menginspirasi Masyarakat Indonesia untuk Hidrasi yang Lebih Sehat.
5. Visi Perusahaan Indofood
Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan.
6. Visi Perusahaan Fashion
Menjadi perusahaan pakaian jadi yang profesional serta memiliki kualitas standar produk di tingkat nasional dengan mengangkat keunikan lokal.
Sahabat Wirausaha, itulah tips bisnis yang dapat membantu dalam menentukan visi bisnis. Bagi teman-teman yang beleum menentukan visi bisnisnya, yuk mulai segera tentukan. Karena tanpa arahan yang jelas, kita tidak mungkin mampu untuk terus mengembangkan bisnisnya. Ingat, visi bisnis juga harus diterjemahkan menjadi target setiap tahunnya yah. Semangat untuk naik kelas!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi
- Linovhr.com
- Acehardware.com
- Ekrut.com
- Koinworks.com
- Tumpi.id
- Subitukreasibusana.com