Handshake business men concept

Dunia bisnis merupakan dunia yang dinamis. Setiap pelaku usaha pasti ingin meningkatkan popularitas produknya dipasaran dengan tujuan untuk menguasai market margin serta mendulang profit yang melimpah. Berbagai inovasi dan strategi unik selalu dipikirkan matang oleh pelaku bisnis agar produknya selalu menjadi yang teratas, salah satu strategi unik dan sedang tren saat ini ialah strategic partner.

Sepintas strategi ini merupakan strategi antar dua brand yang saling mendukung untuk popularitas di pasar. Sungguh menarik untuk dibahas bukan, simak selengkapnya sampai ending artikel ya.


Strategic Partner Itu Apa?

Seperti yang telah sedikit disinggung diatas, strategic partner merupakan bentuk kerjasama antar dua bisnis yang sepakat untuk saling mendukung dalam rangka meningkatkan skill di suatu bidang tertentu hingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik. Lebih jelas lagi strategic partner ialah kerjasama antara dua perusahaan atau lebih yang saling menguntungkan dan ditandai dengan adanya kontrak kerja yang akan dilaksanakan bersama dalam waktu tertentu.

Baca Juga : Menjamin Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Mitra Bisnis Lewat Kontrol Kualitas


Contoh Kasus Strategic Partner Apasih?

Untuk memahami sebuah konteks yang sedang dibahas akan terasa lebih mudah dipahami jika konteks yang dibahas diberikan contoh konkret. Seperti yang sedang didiskusikan saat ini mengenai strategic partner yang merupakan bentuk kerja sama antar dua perusahaan, contoh konkret konteks ini adalah sebagai berikut:

1. Collaboration Mcdonald’s dengan BTS Meal

Sempat heboh di pertengah tahun 2021 akibat kolaborasi Mcdonald’s dengan BTS Meal yang membuat nama kedua brand ini semakin naik daun, hal ini membuktikan bahwa strategic partner ini ekeftif meningkatkan popularitas kedua brand karena Mcdonald’s meraup omset hingga Rp85 T, nilai ini meningkat 57% dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Tempa Hubungan Baik Dengan Mitra Bisnis Lewat 9 Cara Berikut

2. Permen Yupi X Dear Me Beauty

Strategic Partner yang satu ini cukup imut, ini adalah kerjasama antara permen anak-anak Yupi dengan make up brand Dear Me Beauty. Strategi ini dibuat bukan hanya untuk meningkatkan profit namun juga brand awarnesse, dimana saat customer membeli produk ini mereka akan mengingat masa kecilnya yang lucu dan menyenangkan.

3. Supreme X Oreo

Menjadi buah bibir di tahun 2020 strategic partner antar kedua brand Supreme dengan Oreo sukses membuat warga Indonesia kaget. Kendati harganya yang mahal sampai Rp500 Rb per produk namun strategi marketing ini juga sukses membuat nama brand keduanya semakin dikenal.

Baca Juga: Pentingnya Melakukan Evaluasi Kinerja Mitra Pemasok


Cara Menyusun Strategic Partner

Dalam menyusun sebuah strategi yang dilakukan oleh dua pihak dalam jangka waktu tertentu dan untuk meraih keuntungan diperlukan suatu strategi yang tepat agar goals setiap brand dapat tercapai. Berikut ialah cara Menyusun strategic partner yang patut dicoba untuk brand kamu:

  1. Pilih mitra bisnis yang tepat dan sesuai dengan brand Sahabat Wirausaha
  2. Analisis engagement dan track record mitra bisnis jika menurut Sahabat Wirausaha dapat mendongkrak popularitas brand makan boleh dicoba
  3. Tentukan tema yang akan diusung
  4. Diskusikan bagaimana masalah-masalah yang mungkin terjadi
  5. Diskusikan apabila terjadi keuntungan atau kerugian saat menjalankan planning ini
  6. Tentukan produk yang ingin di highlight agar bisa mendongkrak popularitas brand Sahabat Wirausaha
  7. Buat kontrak kerja resmi agar kedua belah tidak lari tanggung and still on rules

Baca Juga: Tips Memilih Mitra Distributor

Itulah penjelasan terkait strategic partner yang mana itu adalah suatu bentuk Kerjasama antar dua brand yang saling membantu untu saling menguntungkan. Terkadang untuk mencapai sesuatu yang besar harus diraih dengan Kerjasama, namun Sahabat Wirausaha perlu juga memastikan secara detail setiap langkah yang ingin dipijak, karena akan selalu ada resiko disetiap langkah yang kita ambil.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.