Siapa sih yang nggak mau dapat handphone baru, sejumlah uang, atau voucher belanja, pulsa dan hadiah menarik lainnya? Apalagi jika cara mendapatkannya semudah meng-kliklike’ (suka), ‘comment’ (komentar) atau ‘follow’ (ikuti) salah satu akun Instagram?

Tapi, Sahabat Wirausaha pernah tidak bertanya-tanya, kenapa ya suatu brand atau seseorang memberikan hadiah secara cuma-cuma? Nah, kenyataannya, giveaway ini sekarang sudah menjadi tren, lho! Bahkan bisa menjadi strategi rahasia untuk memasarkan suatu produk. Yuk, simak ulasan berikut untuk lebih mengenal manfaat serta tips promosi giveaway yang efektif.

Baca Juga: Strategi Promosi Giveaway yang Tepat


Sekilas Tentang Giveaway

Secara sederhana, giveaway adalah kegiatan membagikan hadiah secara gratis namun dengan syarat tertentu. Jadi peserta yang ingin mengikuti kegiatan tersebut akan diwajibkan melakukan syarat yang telah ditetapkan pihak penyelenggara. Misalnya wajib meramaikan sebuah postingan, sampai dengan melakukan tantangan (challenge) tertentu. Lalu, apa saja nih jenis-jenis giveaway itu?


Jenis-Jenis Giveaway

Ada 2 tipe giveaway yang Sahabat Wirausaha perlu tahu. Apa saja?

1. Self Giveaway

Self giveaway adalah giveaway yang dilakukan secara mandiri, sendiri atau pribadi. Jadi, Sahabat Wirausahalah yang mengatur semuanya, mulai dari persyaratan, promosi, hingga terkait hadiah.

Baca Juga: Tips Promosi di YouTube Untuk UKM

2. Sponsor Giveaway

Nah, untuk Sahabat Wirausaha yang nggak mau repot dalam membuat giveaway, sponsor giveaway ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sponsor giveaway sendiri merupakan giveaway yang diselenggarakan oleh pihak ketiga, atau biasanya sih disebut dengan ‘host’.

Jadi, seluruh rangkaian kegiatan giveaway, mulai dari awal hingga akhir kegiatan diatur oleh host. Sahabat Wirausaha hanya perlu membayar jasa tersebut. Gampang, kan?


Apa Pentingnya Mengadakan Giveaway?

Ada udang di balik batu, ada manfaat giveaway yang Sahabat Wirausaha perlu tahu! Apa saja?

1. Meningkatkan Leads

Meningkatkan leads di sini maksudnya calon konsumen potensial. Dalam kegiatan giveaway, peserta akan meninggalkan kontak yang dapat berupa akun Instagram, email, hingga nomor WhatsApp. Nah, berbekal kontak tersebut, Sahabat Wirausaha bisa menghubungi kembali peserta untuk mengirimkan informasi seputar bisnis yang dikelola. Mulai dari promo tertentu hingga produk terbaru.

2. Meningkatkan Engagement

Secara singkat, Engagement adalah komunikasi dengan konsumen, yang mana hal itu penting untuk membentuk pelanggan yang loyal. Engagement tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan masukan (feedback) tentang produk dan membangun kepercayaan konsumen.

Baca Juga: Mengenal Strategi dan Konten Promosi Serta Evaluasi Efektifitasnya

3. Meningkatkan Brand Awareness

Semakin banyak yang mengikuti giveaway, semakin banyak orang tahu. Jadi, tujuan untuk mengenalkan produk tercapai, kan? Nah, brand awareness sendiri adalah kesadaran pelanggan terhadap produk atau layanan yang Sahabat Wirausaha tawarkan. Mulai dari nama, logo, warna, dan hal lainnya terkait produk tersebut.

Contohnya brand air mineral. Berapa banyak orang yang menyebut air mineral dengan ‘Aqua’? Padahal banyak merek air mineral lainnya, kan, selain ‘Aqua’? Kenapa? Itu karena brand ‘Aqua’ sudah sangat kuat. Nah, brand awareness seperti itulah yang perlu didapatkan.

Baca Juga: Printerous Pentingnya Branding dan Desain Kemasan untuk Bisnis F&B

4. Promosi dari Mulut ke Mulut

Manfaat lainnya dari giveaway adalah promosi dari mulut ke mulut. Faktanya, kita sendiri pasti cenderug akan membeli produk hasil rekomendasi dari teman kita. Semakin sering suatu produk atau brand diperbincangkan, maka produk itu akan semakin dikenal.

Pada akhirnya, ini dapat meningkatkan kepercayaan terhadap produk. Nah, pertanyaannya, di era digital seperti sekarang ini, promosi mulut ke mulut itu seperti apa ya? Promosinya bisa berupa testimoni, review dan lainnya.

5. Hemat Budget

Giveaway kok hemat budget, sih? Bukannya malah boros ya karena bagi-bagi hadiah secara cuma-cuma? Sekilas memang terlihat demikian. Tapi, dengan anggaran yang minim, hasil yang didapat bisa lebih optimal, lho. Jika kita bandingkan dengan memasang iklan di baliho.

Tentunya untuk dapat menjangkau banyak orang, maka semakin banyak juga baliho yang harus dipasang, kan? Berbeda dengan giveaway yang dapat kita lakukan di era digital ini, nilai hadiahnya bisa disesuaikan, pesertanya juga bisa lebih spesifik dan engagementnya lebih mudah diukur.

Baca Juga: Strategi Branding Mendapatkan Konsumen Loyal

Misalnya giveaway bagi-bagi kulkas dan mesin cuci, kegiatan tersebut memang ditujukan untuk menjangkau peserta yang lebih spesifik seperti ibu-ibu dan teman-temannya. Tapi, dengan biaya yang bisa diatur, jangkauan (exposure) promosinya bisa lebih luas, kan?


Membuat Giveaway yang Menarik

Dengan manfaatnya yang banyak, semakin ingin tahu cara membuat giveaway yang menarik, kan? Nah, ini dia langkah-langkahnya:

1. Menentukan Tujuan

Langkah yang paling utama dalam membuat giveaway adalah menentukan tujuan. Apakah Sahabat Wirausaha ingin followers tambah banyak, produk tambah laris, atau ingin lebih dekat dengan pelanggan?

2. Memilih Hadiah yang Pas

Sahabat Wirausaha perlu memilih hadiah giveaway yang disesuaikan dengan tujuan promosi dan peserta. Misalnya kita ngin meningkatkan leads. Nah, salah satu hadiah yang efektif adalah dengan membagikan produk Sahabat Wirausaha sendiri.

Baca Juga: Bagaimana Menentukan Besaran Promo Diskon?

3. Menentukan Persyaratan

Syarat giveaway sebaiknya juga disesuaikan dengan tujuan. Biasanya, syarat giveaway bisa saja meminta peserta untuk follow, like, komen, atau menandai teman di kolom komentar. Syarat ini sebenarnya lebih cocok untuk tujuan engagement.

Kenapa? Karena lebih mendorong interaksi peserta di akun media sosial kita. Tapi, jika tujuannya untuk meningkatkan leads atau brand awareness, maka membuat tantangan (challenge) bisa digunakan sebagai syaratnya.

4. Menentukan Lama Waktu Berlangsung

Dalam menentukan waktu, Sahabat Wirausaha bisa menyesuaikan dengan jumlah pengikut akun yang telah dimiliki. Misalnya, waktunya dibuat singkat apabila Sahabat Wirausaha sudah memiliki ribuan pengikut. Dan waktu yang lebih lama jika hanya memiliki sedikit pengikut. Hal ini dilakukan agar meningkatkan jumlah peminat yang akan mengikuti giveaway.

5. Menggunakan Hashtag

Sahabat Wirausaha pasti pernah melihat tagar (tanda pagar/hashtag) seperti #promo1212 atau #jualkeripikmurah?

Baca Juga: Memilih Kata Kunci dan Tagar yang Tepat Agar Bisnis Mudah Ditemukan di Internet

Nah, tagar sendiri berfungsi untuk mengelompokkan konten. Hal itu akan memudahkan orang-orang menemukan postingan yang kita buat dengan lebih cepat. Selain itu, tagar bisa juga digunakan untuk menunjukkan produk atau promo dan kegiatan yang dilakukan.

Karenanya, Sahabat Wirausaha jangan lupa menyertakan tagar saat melakukan giveaway. Terutama, jika tujuan Sahabat Wirausaha adalah meningkatkan engagement. Bahkan, menurut sebuah penelitian, hashtag dapat meningkatkan engagement hingga 12,6%.

6. Membuat Postingan Pengingat

Setelah berjalan beberapa hari, Sahabat Wirausaha bisa membuat postingan pengingat terkait kegiatan giveaway yang masih berlangsung. Dengan begitu, Sahabat Wirausaha bisa mendapatkan peserta lebih banyak. Jangan lupa, sertakan tanggal berakhir giveaway dalam postingan pengingat agar orang tergerak untuk segera mengikuti giveaway tersebut.

7. Menentukan Pemenang

Dalam menentukan pemenang, apabila pesertanya banyak, Sahabat Wirausaha bisa menggunakan aplikasi pengambilan acak yang bisa diunduh di AppStore atau PlayStore.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Star Seller dan Shopee Mall di Shopee?

8. Mengumumkan Pemenang Giveaway

Idealnya, pengumuman ditampilkan di media sosial seperti Instagram dan platform seperti website resmi. Tujuannya, menghindari adanya upaya penipuan oleh pihak lain. Intinya, buatlah pengumuman yang resmi menggunakan brand sendiri sehingga dapat lebih terpercaya.

Selain itu, segeralah menghubungi pemenang untuk menginformasikan cara mendapatkan hadiahnya. Sahabat Wirausaha juga dapat membuat postingan khusus untuk berterimakasih atas keikutsertaan peserta. Bila perlu, jika persyaratannya berupa pengumpulan foto dan lainnya, bisa juga ditampilkan hasil karya mereka.


Tips Promosi Giveaway yang Tepat

Sudah capek bikin giveaway, eh hasilnya malah nggak memuaskan. Nggak gitu juga, ya, Sahabat Wirausaha. Nah, berikut ini kami berikan tips promosi giveaway yang tepat agar sesuai tujuan :

1. Adakan di Momen Tertentu

Giveaway dilakukan setiap hari? Nggak mungkin, dong! Selain dapat menghilangkan kesan spesial, pastinya juga akan boros anggaran. Nah, sebaiknya diadakan di momen-momen tertentu saja ya, Sahabat Wirausaha! Misalnya saat momen hari raya atau peringatan nasional di tanggal-tanggal tertentu.

Atau bisa juga diselenggarakan pada saat pencapaian tertentu misalnya ketika akun sosial media sudah mencapai 100.000 pengikut (followers). Dan jika sudah meraih 2 kali lipatnya, maka bisa juga diadakan giveaway kembali. Begitu seterusnya. Jadi, akan terasa lebih spesial, bukan?

Dengan begitu, pengikut akun kita kemungkinan akan terus menantinya. Bahkan, bukan tidak mungkin, lho, jika mereka akan memantau sosial media kita. Baik untuk mendapatkan info giveaway atau informasi-informasi terbaru.

2. Jangkau Audiens yang Tepat

Siapa saja bisa menjadi peserta giveaway, namun Sahabat Wirausaha pastinya ingin menyasar peserta yang tepat, bukan? Karenanya, pelajarilah siapa audiens Sahabat Wirausaha. Sebab, mereka inilah yang akan menjadi calon konsumen potensial Sahabat Wirausaha.

Misalnya, Samsung mengadakan giveaway saat launching produk terbarunya. Dengan targetnya para konten kreator (content creator), hadiah berupa laptop atau HP, sepertinya sudah relevan, ya, dengan target peserta?

Apalagi jika produk terbarunya Samsung tersebut memiliki keunggulan dalam hal editing video. Maka bisa dibayangkan jika orang-orang yang akan mengikuti giveaway tersebut adalah para konten kreator yang mengincar keunggulan-keunggulan produk tersebut.

Baca Juga: Tips Memilih Endorser/Influencer yang Tepat

3. Kerjasama dengan Brand Lain atau Influencer

Tips selanjutnya yang bisa Sahabat Wirausaha lakukan adalah bekerja sama dengan brand lain. Tapi, jangan asal pilih brand untuk kerja sama, ya. Karena Sahabat Wirausaha perlu bekerja sama dengan brand yang memiliki target pasar yang sama.

Sebagai contoh, Babyologist.com adalah platform media dengan audiens ibu-ibu yang sudah memiliki anak. Saat mengadakan giveaway, Babyologist bekerja sama dengan Nuby Indonesia, yang menjual kebutuhan ibu dan anak.

Dengan mengadakan kerja sama dalam giveaway tersebut, kedua brand akan menjangkau audiens yang lebih luas dan tepat. Jadi, Babyologist bisa lebih menguatkan brand sebagai media ibu dan anak melalui giveaway tersebut. Sedangkan Nuby bisa mengenalkan produk perlengkapan kepada audiens Babyologist. Gimana? Mereka saling menguntungkan, bukan?

Sahabat Wirausaha juga bisa menggunakan jasa influencer untuk promosi program giveaway. Mungkin akan membutuhkan anggaran yang lebih besar. Namun, bisa jadi orang yang ikut program ini melebihi target. Bukan tidak mungkin juga, strategi ini bisa membuat bisnis Sahabat Wirausaha semakin dikenal.

Giveaway bisa menjadi solusi yang menguntungkan (win-win solution). Pemenang boleh mendapatkan hadiah, dan Sahabat Wirausaha bisa mendapatkan engagement, brand awareness atau leads. Jenis apapun giveaway yang akan Sahabat Wirausaha buat, langkah-langkahnya harus tepat, ya. Ingat lima cara yang sudah dijelaskan di atas: tentukan tujuan, pilih hadiah yang pas, berikan persyaratan yang relevan, tentukan lama waktu, gunakan hashtag, buat postingan pengingat, tentukan pemenang dan jangan lupa umumkan pemenang di akhir periode.

Yuk, saatnya mengadakan giveaway yang menarik!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.