Sebagai pelaku usaha, pasti Sahabat Wirausaha sudah memiliki strategi pemasaran tersendiri untuk mempromosikan usaha baik online maupun offline, ya? Salah satu strategi pemasaran efektif adalah melalui YouTube, yang merupakan situs video terbesar di dunia. Sudah banyak orang yang mendadak menjadi terkenal karena mengunggah videonya di YouTube. Peluang besar terbentang besar jika melakukan promosi melalui situs ini. Menarik, bukan?

Yang Perlu Diketahui Sebelum Berpromosi di Youtube

Sebelum membuat materi promosi untuk ditayangkan di YouTube, Sahabat Wirausaha harus mengidentifikasi terlebih dahulu target penonton sesuai dengan segmentasi usaha masing-masing. Hal ini sangat penting, karena dengan mengetahui target penonton, kita dapat mengetahui faktor-faktor yang bisa membuat mereka tertarik dengan video yang dibuat.

Untuk mengidentifikasi target penonton, Sahabat Wirausaha perlu sebuah persona. Persona diperlukan untuk merangkum dan menggambarkan karakteristik penonton video Sahabat Wirausaha.

Apa saja aspek-aspek yang terkandung di dalam persona?

  • Demografis : umur, gender, dan lokasi penonton
  • Psikografis : ketertarikan dan gaya hidup penonton
  • Metrik lainnya : platform yang sering dikunjungi, jenis device yang digunakan, dan sejenisnya.

Persona dapat membantu Sahabat Wirausaha mengetahui siapa yang akan menonton video-video yang dibuat. Sehingga, Sahabat Wirausaha bisa menentukan cara paling efektif untuk melakukan promosi video.

Baca Juga : Tips Promosi di YouTube Untuk UKM


Langkah Berpromosi Yang Harus Dilakukan

Setelah mempersiapkan aspek-aspek dalam persona, Sahabat Wirausaha dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan video promosi. Sebetulnya, membuat iklan berupa video dan iklan di TV melalui proses yang sama, yaitu menggunakan audio visual sebagai cara untuk promosi. Begitupun jika menggunakan YouTube sebagai sarana promosi.

Yuk, ikuti langkah-langkah berpromosinya :

1. Tentukan pesan video

Memang tidak selamanya membuat video yang memiliki pesan tertentu, tapi jika Sahabat Wirausaha perhatikan, iklan video yang memiliki pesan tertentu walau tidak disampaikan, akan lebih mudah mendapat perhatian para penonton.

2. Tentukan tampilan video yang menarik dan unik

Video yang menarik dan unik akan mengundang rasa penasaran para penonton yang ada di luar sana. Video ini bisa didefinisikan dalam berbagai hal tergantung bagaimana ide kreatif Sahabat Wirausaha menggambarkannya. Sahabat Wirausaha dapat membuat video promosi berupa video kreatif, video lucu, atau video yang menunjukan kemampuan berbeda.

3. Tentukan cerita yang kuat dan mudah dipahami

Cerita yang ada di balik video atau storytelling yang terlihat sangat kuat serta mudah dipahami tentu akan menarik banyak perhatian. Cerita yang menyentuh, menggugah, memberi semangat atau yang bersifat mengingatkan juga bisa dijadikan alur cerita video iklan tersebut. Sahabat Wirausaha akan membutuhkan bantuan seorang konseptor yang bisa menggambarkan alur cerita yang bagus sehingga membuat banyak orang tertarik untuk menonton.

4. Fokus pada emosi, body language bukan pada teks atau pembicaraan

Sahabat Wirausaha tahu di mana orang merasa bosan dan jenuh? Yaitu, ketika diberi informasi yang berisi omongan atau teks hingga terkesan serius dan kaku. Hal ini akan membuat penonton merasa konten video terasa membosankan. Gunakan teks secukupnya dan pembicaraan seperlunya hanya sebagai penjelas begitu yang berhubungan dengan cerita. Perkuatlah dengan emosi dan body language sehingga mudah dipahami.

Baca Juga: Google Adsense

5. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Gunakan dua bahasa yang cukup mudah dipahami oleh banyak, seperti Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

6. Kualitas video

Zaman sekarang adalah zaman video dengan kualitas tinggi. Saat ini eranya video digital berkualitas HD atau HQ. Untuk mendapatkan hasil terbaik pada video yang diupload, maka Sahabat Wirausaha harus upload video dengan resolusi 16:9. Ukuran video terbaik tersebut diantaranya: 240pixel: 426×240 (16:9) 360pixel: 640×360 (16:9). Dengan video yang jernih dan bening, tentu mata akan lebih segar untuk menontonnya. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mampu membuat video yang baik, kan?

7. Buat headline yang menimbulkan rasa penasaran

Headline dalam YouTube adalah judul video konten. Judul merupakan salah satu poin yang pertama kali dilihat oleh pengguna sebelum akhirnya memutuskan untuk menontonnya. Untuk bisa berhasil mengajak pengguna membuka video konten Sahabat Wirausaha, buatlah judul yang eye-catchy.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pembuat Konten Yang Perlu UKM Miliki

8. Pasang thumbnail yang menarik

https://www.centerklik.com

Selain judul, thumbnail image adalah hal lainnya yang dilihat oleh pengguna untuk pertama kalinya sebelum memutuskan untuk membuka konten video Sahabat Wirausaha. Untuk itu, sama seperti judul, thumbnail sebaiknya dibuat semenarik dan sekreatif mungkin, serta relevan dengan isi video. Sahabat Wirausaha juga bisa menampilkan foto produk pada thumbnail untuk memberikan clue kepada pengguna mengenai produk apa yang akan dibahas pada video.

Baca Juga : Tips Buat Bisnis Viral Lewat TikTok

9. Masukkan identitas produk pada konten

Foto : www.blog.designcrowd.com

Informasi produk harus diberikan secara lengkap. Salah satu informasi produk yang menjadi identitas dan wajib dimasukkan adalah logo produk. Mengingat konten pada YouTube merupakan konten visual, maka menampilkan logo produk adalah langkah yang tepat untuk membuat produk lebih mudah diingat oleh audience. Selain logo, nama dan tipe/jenis produk juga menjadi informasi produk yang penting untuk disampaikan.

10. Berkolaborasi dengan YouTube channel lain

Kolaborasi adalah strategi yang cocok diterapkan untuk Sahabat Wirausaha yang baru memiliki YouTube Channel dengan viewers yang masih sedikit. Sahabat Wirausaha bisa berkolaborasi dengan para content creator yang telah dikenal di masyarakat dan memiliki banyak subscriber.

Sahabat Wirausaha perlu membuat penawaran yang menguntungkan kedua belah pihak agar para content creator tersebut tertarik untuk membantu mempromosikan produk Sahabat Wirausaha.

11. Manfaatkan iklan berbayar dari Google Ads

Mempromosikan produk dengan iklan berbayar dapat memudahkan Sahabat Wirausaha untuk bisa menjangkau audience yang sesuai dengan target market, loh! Mulai tentukan budget untuk promo ini, yuk!

Baca Juga : Mengenal Content Marketing untuk Tingkatkan Penjualan


Kenali YouTube Builder Untuk UMKM

Sebuah kabar gembira bagi Sahabat Wirausaha! Pada tahun 2020, YouTube meluncurkan tools untuk membuat video promosi atau iklan pendek, yang ditujukan untuk pemilik usaha kecil menengah atau UMKM. Tools ini dinamakan YouTube Video Builder, yang hadir untuk mempermudah para pengusaha bisnis kecil menengah, untuk membuat dan mengkreasikan video berdurasi pendek. Video itu bisa dipakai untuk mempromosikan produk Sahabat Wirausaha melalui kanal YouTube.

YouTube meluncurkan tools ini guna membantu pemilik usaha kecil menengah memperbaiki keuangan bisnis mereka, di tengah pandemi Covid-19 yang memengaruhi kinerja penjualan. Untuk menggunakan tools tersebut, Sahabat Wirausaha hanya cukup memiliki akun Google untuk mengakses layanan, seperti Gmail dan YouTube. Jika tidak memiliki akun Google, Sahabat Wirausaha bisa menghubungkan e-mail non-Google mereka dengan akun Google.

Yang menyenangkan juga adalah, cara penggunaan tools ini juga mudah dilakukan untuk pemula, loh, yaitu :

  • Untuk versi beta dari Video Builder, Sahabat Wirausaha dapat membuat animasi statis dari bisnis milik Sahabat Wirausaha, yang mencakup gambar, teks, foto, dan dipadukan dengan musik yang dapat diambil langsung dari YouTube.
  • Sahabat Wirausaha juga bisa memilih video berdurasi 6 atau 15 detik.
  • Dapat memilih berbagai template dengan tema atau konsep promosi yang diinginkan, lalu dihiasi dengan warna dan font yang cocok dengan tema yang telah dipilih.
  • Video promosi yang dibuat kemudian bisa dipublikasikan melalui kanal YouTube Sahabat Wirausaha.
  • Video promosi itu juga dapat dibagikan ke platform media sosial lain, atau disematkan ke situs web.

Baca Juga : Tren dalam Youtube yang Penting Bagi Digital Marketing

Promosi memang menjadi sebuah hal penting dalam meningkatkan penjualan, ya, Sahabat Wirausaha. Tapi jangan lupa, bahwa di balik sebuah promosi usaha yang tepat, ada langkah yang harus dipikirkan, dicermati dan dijalankan dengan value lain selain keuntungan usaha semata. Yuk, jangan mau kalah dalam hal berpromosi di media sosial, sebab sudah saatnya UKM Naik Kelas!

Link :

  1. https://www.niagahoster.co.id
  2. https://koinworks.com
  3. https://dailysocial.id
  4. https://tekno.kompas.com

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.