Apakah sahabat wirausaha sudah lama berniat pasang iklan pada mesin pencari seperti Google? Jika jawabannya adalah ya, artinya sudah saatnya kita mengenal apa itu Search Engine Marketing (SEM). Berikut ulasannya.
Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran
Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu trik iklan berbayar dengan memanfaatkan keberadaan website. Tampilan pada mesin pencari juga terbilang cukup mencolok. Iklan akan muncul di bagian atas atau bawah halaman pencarian dalam bentuk tulisan atau display produk.
Baca Juga: Social Media Marketing: Mengenal Jenis dan Manfaatnya
Contohnya, ketika kita tengah melakukan pencarian di Google, tanpa sengaja akan melihat keberadaan ads atau iklan. Eksistensi iklan tersebut dapat kita manfaatkan untuk menempatkan ragam jenis usaha. Setiap kali klik terjadi, pengunjung akan diarahkan menuju situs web, media sosial, atau bahkan nomor telepon yang sebelumnya telah kita setting.
Dengan memanfaatkan SEM, target audiens yang diinginkan seperti umur, jenis kelamin, wilayah sampai alamat domisili dapat kita atur. Tak hanya itu, durasi iklan yang kita keluarkan juga dapat dikendalikan karena iklan hanya dapat bertahan sesuai dengan jumlah biaya yang dikeluarkan. Yang tak kalah hebat, kecepatan hasil yang diberikan SEM lebih cepat jika dibandingkan dengan Search Engine Optimization (SEO).
Bagaimana Cara Beriklan Menggunakan SEM?
Sebelum memutuskan memasang iklan di Google, sebaiknya lakukan riset mengenai tujuan iklan termasuk anggaran yang kita miliki. Setelah semua itu terpenuhi, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Buka Google Ads
2. Klik "Mulai Sekarang"
3. Pilih tujuan akhir dari iklan yang dipasang
4. Masukkan nama usaha
5. Masukkan tujuan akhir dari iklan yang dipasang (website)
6. Tulis seperti apa iklan yang akan ditampilkan
7. Tambahkan tema kata kunci untuk mencocokkan iklan dengan pencarian
8. Masukkan lokasi iklan yang diinginkan
9. Masukkan besaran anggaran dari mulai harian atau bulanan.
10. Pilih metode pembayaran
Baca Juga: Closed Loop Marketing
Jadi jangan tunggu lama lagi, sudah saatnya perkenalkan usaha kita ke seluruh penjuru dunia dengan memanfaatkan media periklanan digital seperti Google.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
- https://redcomm.co.id/knowledges/memahami-beda-seo-dan-sem?readmore=true
- https://www.niagahoster.co.id/blog/search-engine-m...
- https://ads.google.com/intl/id_id/home/