Tahukah Sahabat Wirausaha, bahwa salah satu strategi marketing yang penting untuk diterapkan adalah retargeting? Jika Sahabat Wirausaha memiliki website sebagai toko online dalam menggerakan usaha, strategi retargeting penting untuk dilakukan oleh pemilik usaha. Tujuannya agar pelanggan kembali ke website itu dan berujung melakukan pembelian terhadap produk. Kira-kira apa pengertian retargeting? Lalu, apa manfaatnya jika diterapkan dalam marketing? Berikut penjelasannya di bawah ini.
Apa Itu Retargeting?
Retargeting adalah strategi marketing yang ampuh untuk mendapatkan kembali pelanggan yang pernah berinteraksi dengan website atau brand milik Sahabat Wirausaha. Sebagai contoh, seumpama Sahabat Wirausaha sebagai calon pembeli terlihat baru saja berinteraksi dengan website A, kemudian pergi meninggalkan website tersebut. Setelah itu, ketika Sahabat Wirausaha menelusuri website-website lainnya, iklan dari website A tersebut akan selalu muncul di layer gawai atau laptopmu. Nah, peristiwa tersebut secara tidak langsung dinamakan sebagai retargeting.
Bisa dikatakan, retargeting merupakan suatu bentuk dari online advertising yang dapat membantu para pebisnis untuk membuat mereknya berada di depan dari bounce traffic setelah pelanggan meninggalkan website.
Bagi kebanyakan website, kurang lebih sebanyak 2% dari web traffic yang akan mengkonversikan kunjungan pertama pelanggan. Oleh karena itu, retargeting merupakan sebuah alat yang didesain untuk membantu pebisnis meraih sisanya, yaitu sebanyak 98% pelanggan yang belum dikonversikan dengan benar.
Baca Juga: Membedah Platform E-Commerce untuk UKM Ekspor
Manfaat Retargeting
Karena retargeting adalah salah satu strategi yang memiliki peran penting dalam marketing, maka penting bagi Sahabat Wirausaha untuk mengetahui manfaatnya. Apa saja, ya?
1. Meningkatkan brand awareness
Dengan retargeting, kesadaran pelanggan terhadap brand milik Sahabat Wirausaha tentu akan semakin meningkat. Jika ini dilakukan secara efektif, besar kemungkinan bisnis akan berjalan dengan baik dalam jangka waktu yang panjang.\
2. Terhubung dengan pelanggan
Selain itu, retargeting akan membantu dalam menjaga hubungan dengan calon pelanggan potensial, loh! Saat mereka sempat berinteraksi dengan website milik Sahabat Wirausaha dan meninggalkannya untuk mengunjungi situs web lain, di situlah peran penting dari retargeting terlihat.
Baca Juga: Apa itu Lean Start-up?
3. Meningkatkan penjualan
Retargeting membuat pelanggan tentu tertarik dengan produk Sahabat Wirausaha karena sempat berinteraksi melalui website atau platform lainnya. Walaupun ada pelanggan yang belum langsung membeli, tetapi kemungkinan mereka akan datang kembali dan membeli produk akan meningkat.
Tips Melakukan Retargeting
Jika Sahabat Wirausaha ingin menggunakan strategi retargeting dapat menggunakan Google Ads dan Facebook Ads. Nah, sebelum melakukan strategi tersebut, ada beberapa tips yang harus diperhatikan terlebih dahulu agar kampanye iklan berjalan maksimal :
1. Perbarui iklan secara berkala
- Sangat penting untuk memperbarui iklan setiap bulan agar pelanggan tidak bosan dengan bentuk iklan yang monoton.
- Buat kampanye iklan semenarik mungkin dan persuasif supaya pelanggan rela menghabiskan uangnya untuk membeli produk dari Sahabat Wirausaha.
- Tambahkan CTA (call to action) yang unik dan menarik.
2. Targetkan pelanggan dengan tepat
Sahabat Wirausaha harus menargetkan iklan kepada pelanggan yang terindikasi memiliki niat membeli tinggi. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat cart, formulir kontak serta statistik pengunjung.
Baca Juga: Mengemas Narasi yang Efektif Optimalkan Strategi Direct Response Marketing
3. Lakukan eksperimen iklan
Sahabat Wirausaha juga dapat melakukan eksperimen pada kampanye iklan pertama dengan memasang iklan tersebut dalam jangka waktu 2-3 hari. Jika hasilnya menunjukkan peningkatan, Sahabat Wirausaha bisa menambah durasi iklan ke depannya sampai satu minggu atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Gimana, Sahabat Wirausaha? Sudah jelas ya, bahwa retargeting memiliki peran penting dalam meningkatkan bisnis melalui digital. Retargeting dinilai lebih efektif karena Sahabat Wirausaha menargetkan orang yang telah mengenal brand usaha milik Sahabat Wirausaha. Yuk segera coba untuk dilakukan dan lihat hasilnya, ya!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Link :