Sahabat Wirausaha pasti sudah sering mendengar atau membaca kata-kata promosi, bukan? Mungkin bisa dari media elektronik, media cetak, papan reklame, internet atau bisa juga melalui obrolan dengan teman, keluarga hingga tetangga.
Nah, pertanyaannya adalah, apakah Sahabat Wirausaha sudah benar-benar tahu apa itu promosi? Terlebih sebagai pelaku usaha, Sahabat Wirausaha perlu tahu apa itu promosi dan seberapa penting promosi itu bagi sebuah bisnis. Selain itu, Sahabat Wirausaha juga perlu tahu, lho, apa saja sih jenis-jenis promosi itu dan seperti apa contoh-contohnya. Nah, kali ini UKM Indonesia akan membahas seputar promosi tersebut, nih! Oke, langsung saja kita simak ulasan berikut.
Baca Juga: Apa itu Guerilla Marketing?
Definisi Promosi
Berbicara definisi, pengertian promosi menurut salah seorang ahli pemasaran, Harper Boyd, menjelaskan bahwa promosi merupakan upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan. Ada lagi nih, menurut ahli pemasaran lainnya, yaitu Boone dan Kurtz, promosi diartikan sebagai suatu proses menginformasikan, membujuk dan mempengaruhi seseorang akan suatu keputusan pembelian.
Nah, pada dasarnya, pengertian promosi yang dikemukakan oleh banyak ahli memiliki kesimpulan yang kurang lebih sama, yaitu sebuah proses untuk menginformasikan, memberitahu, menawarkan, menyebarluaskan hingga membujuk seseorang akan suatu produk atau jasa dengan tujuan agar calon konsumen dapat melakukan pembelian.
Baca Juga: Apa itu Creativepreneur?
Pentingnya Promosi dalam Bisnis
Setelah tahu apa itu promosi, Sahabat Wirausaha mungkin juga akan bertanya, sebenarnya seberapa penting sih promosi itu untuk sebuah bisnis? Jawabannya adalah, tentu saja itu SANGAT PENTING! Kenapa? Karena promosi menjadi salah satu proses penting dalam berbisnis yaitu untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan. Tanpa adanya promosi, sebuah bisnis akan sulit untuk eksis dan berkembang.
Nah, selain untuk memberikan informasi produk atau jasa dan mendatangkan pembeli, promosi dalam bisnis juga sangat penting untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi, meningkatkan profit serta membangun brand awareness.
Baca Juga: Apa itu Comparative Advantage?
Jenis-jenis Promosi
Biasanya, berbeda produk atau jasa maka berbeda pula cara dan media promosinya. Nah, setelah kita tahu akan pentingnya sebuah promosi, kita juga perlu tahu apa saja sih jenis-jenis promosi itu. Dari jenis-jenis itu kita akan tahu apa-apa saja cara dan media promosinya.
Salah satunya adalah promosi secara fisik. Jenis promosi yang satu ini bisa memanfaatkan acara-acara tertentu seperti konser, bazar, pameran, festival dan semacamnya. Umumnya, para penjual akan membuka ‘stand’ atau ‘booth’ untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasa.
Jenis promosi lainnya adalah promosi yang dilakukan di media, baik tradisional maupun digital. Adapun media tradisional yang umum digunakan adalah koran, majalah, tabloid dan sejenisnya. Atau melalui media elektronik seperti radio dan televisi. Selain itu, media tradisional lainnya yang umum digunakan untuk promosi adalah papan reklame, banner, dan sejenisnya.
Sementara untuk media digital biasanya mencakup internet dan sosial media atau jejaring sosial. Nah, dari semua jenis promosi di atas, jenis promosi yang paling banyak dilakukan saat ini adalah promosi melalui media digital.
Baca Juga: Apa itu Affiliated Marketing?
Contoh Promosi
Sahabat Wirausaha pasti sudah sering mendengar atau membaca kalimat seperti, ‘beli 2 gratis 1’. Nah, kalimat tersebut merupakan salah satu contoh promosi yang sudah umum kita jumpai. Sahabat Wirausaha juga dapat membuat promosi sesuai yang diinginkan. Misalnya, ‘diskon 30% dengan pembelanjaan minimum tertentu’.
Kesimpulan
Bagaimana Sahabat Wirausaha, dari penjelasan di atas, sudah jelas bukan apa itu promosi, manfaat, jenis hingga contohnya? Satu hal yang perlu diingat adalah, promosi menjadi satu hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Semoga informasi di atas bermanfaat ya Sahabat Wirausaha!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.