Sumber: Freepik

Halo Sahabat Wirausaha, saat ini tentu pernah dijumpai adanya kesempatan untuk wirausaha melakukan pitching kepada investor atau sebuah lembaga, untuk dapat semakin mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, kita perlu tau, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pitching.

Dilansir beberapa sumber, istilah pitching adalah presentasi singkat founder atau pemilik usaha untuk meyakinkan investor sehingga tertarik menjalin kerjasama.


Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Pitching?

Dalam melakukan pitching, kita membutuhkan persiapan. Sebagai presenter, kita akan lebih percaya diri dan siap ketika menguasai materi yang dipresentasikan. Nah, berikut ini tips presentasi pitching, yang dapat membantu lancarnya proses pitching yang dilakukan para Sahabat Wirausaha:

  1. Siapkan materi pitching dengan baik;
  2. Berlatih pitching, sebelum bertemu investor;
  3. Pitching adalah presentasi yang relatif singkat, maka alokasikan waktu yang cukup untuk presentasi.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Pemilik dan Pengelola Perusahaan


Apa Saja Hal yang Dipresentasikan Saat Pitching?

Sahabat Wirausaha mungkin bertanya apa saja yang perlu disiapkan atau dimasukkan dalam materi presentasi saat pitching? Nah berikut ini beberapa poin yang perlu dipaparkan dalam materi pitching:

  1. Sampaikan visi dan misi usaha yang dipresentasikan;
  2. Lengkapi informasi mengenai target pasar dan peluang produk;
  3. Tambahkan informasi atau data yang dapat menunjang keakuratan data;
  4. Jika terdapat adanya masalah dalam usaha, sediakan solusi yang ditawarkan.

Baca Juga: Cara UMKM Menetapkan Target Usaha

Pemaparan tentang poin-poin yang wajib ada dalam presentasi pitching tersebut semoga membuat Sahabat Wirausaha semakin mengenal dan dapat menyiapkan materi pitching yang dibutuhkan.

Di antara Sahabat Wirausaha, mungkin ada juga yang bertanya bagaimana cara agar dapat memiliki kesempatan pitching. Untuk mendapatkan kesempatan pitching, kita dapat mengirimkan penawaran kerjasama kepada calon investor atau dengan mengikuti lomba-lomba yang memang diperuntukkan untuk permodalan. Dari event tersebut, Sahabat Wirausaha dapat memiliki kesempatan untuk pitching untuk mempresentasikan bisnis Sahabat Wirausaha.

Baca Juga: Mengemas Narasi yang Efektif Optimalkan Strategi Direct Response Marketing


Bagaimana Pitching ini Dapat Berpengaruh Dengan Penilaian Investor atau Customer?

Pada pemaparan sebelumnya sudah diulas tentang poin apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan pitching. Nah, hal-hal tersebut perlu diperhatikan dan disiapkan, agar pihak investor, merasa yakin dengan kerja sama yang akan terjalin.

Baca Juga: Cerita Inspirasi - Pawon Narasa

Dengan menyampaikan presentasi yang jelas, pihak investor dapat mengetahui gambaran usaha kita secara umum dan memahami bagaimana usaha kita berkembang. Dengan mengetahui konsep, cara kerja, dan cara menyelesaikan problem yang ada, tentu akan menjadi pertimbangan yang menambah nilai investor untuk mengambil keputusan.

Semoga dengan pemaparan tentang pitching ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha. Salam UKM naik kelas