Bukalapak

Sahabat Wirausaha, perkembangan e-commerce di Indonesia turut membuat perilaku konsumen berubah, dari membeli langsung ke toko menjadi pembelian online. Sayangnya, tidak jarang konsumen melakukan kesalahan saat pembelian online, karena tidak dapat menyentuh, mencoba, atau melihat secara langsung. Terkadang konsumen hanya bisa mengandalkan deskripsi produk dan melakukan riset sederhana melalui ulasan dan bintang dari konsumen lainnya.

Baca Juga: Retensi Pelanggan

Gambar 1. Ulasan dan Bintang

Sumber: Search Engine Journal

Jangan pernah remehkan ulasan dan bintang yang diberikan pelanggan, karena menurut econsultancy.com, 61 persen pembeli akan membaca ulasan online sebelum membuat keputusan pembelian atau pemesanan suatu produk. Lebih lanjut, data dari Boston Strategy menyebutkan sebanyak 80 persen konsumen akan merubah pikiran mereka untuk tidak membeli ketika ada ulasan buruk mengenai produk tersebut.

Bagi Sahabat Wirausaha pun ulasan dan bintang akan menjadi data yang dapat membantu perbaikan usaha kedepannya. Yuk kita pelajari lebih lanjut tentang ulasan, bintang, dan data laporan di artikel ini!

Baca Juga: Menjamin Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Mitra Bisnis Lewat Kontrol Kualitas


Manfaat Ulasan dan Bintang

Menjaga kualitas layanan dari sudut pandang konsumen sangatlah penting bagi setiap usaha, karena hal ini akan berhubungan langsung dengan perkembangan bisnis Sahabat Wirausaha kedepannya. Berikut adalah manfaat yang bisa Sahabat Wirausaha peroleh melalui ulasan bintang, yaitu :

1. Bahan evaluasi

Ulasan dan bintang yang diberikan oleh konsumen kepada Sahabat Wirausaha, baik positif atau kritik membangun harus dijadikan data laporan yang kelak menjadi bahan evaluasi untuk perkembangan bisnis Sahabat selanjutnya.

Gambar 2. Evaluasi berdasarkan Ulasan Pelanggan

Sumber: Saintif

2. Membangun kepercayaan pelanggan

Ulasan positif dan bintang mengenai produk kita akan membangun kepercayaan dan mempengaruhi calon pelanggan untuk melakukan transaksi. Dengan adanya ulasan dan bintang, calon konsumen yang awalnya sudah mulai tertarik, semakin meningkat keinginannya yang biasa kita sebut dengan desire atau memiliki keinginan kuat, sehingga potensi terjadinya transaksi pembelian semakin besar.

Baca Juga: Optimalkan Digital Marketing Dengan Agenda dan Saluran yang Tepat

3. Sarana promosi gratis

Kepercayaan dan kepuasan pelanggan akan membawa keuntungan bagi bisnis Sahabat Wirausaha, karena ulasan positif dan bintang yang konsumen berikan akan membawa pelanggan baru kepada kita. Pelanggan yang puas pun secara umum akan dengan senang hati merekomendasikan bisnis Sahabat ke jejaring yang dimiliki.

4. Meningkatkan visibilitas

Terlebih untuk Sahabat Wirausaha yang menggunakan platform online sebagai ujung tombak penjualannya, ulasan dan bintang yang diberikan konsumen akan meningkatkan visibilitas atau digital presence bisnis Sahabat Wirausaha. Sehingga, calon konsumen akan lebih mudah menemukan bisnis Sahabat Wirausaha melalui pencarian Google.

Baca Juga: Digital Marketing 101: Memilih Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis Kita

Contohnya seperti yang ada di foto berikut nih Sahabat Wirausaha, ketika kita memasukkan kata kunci “pecel ayam terenak”, maka penjual pecel dengan ulasan dan bintang akan ditampilkan oleh mesin penelusuran Google, sehingga visibilitasnya pun meningkat.

Gambar 3. Digital Presence

Sumber: Google


Waktu yang Tepat Meminta Ulasan Pelanggan

Secara umum, tidak ada waktu yang baku kapan sebaiknya ulasan tersebut diminta. Namun, ada baiknya Sahabat Wirausaha menanyakan ulasan tersebut segera setelah konsumen membeli atau menerima produk kita. Hal ini dirasa penting, karena merek dan produk Sahabat masih segar dalam ingatan konsumen dan kemungkinan besar konsumen masih akan cukup terbuka untuk memberikan ulasan dan bintang.

Baca Juga: Memilih Kata Kunci dan Tagar yang Tepat Agar Bisnis Mudah Ditemukan di Internet

Jika Sahabat Wirausaha menunggu terlalu lama, maka momentum tersebut akan hilang, sehingga akan menjadi jauh lebih sulit untuk benar-benar membuat mereka berpartisipasi.


Cara Meminta Ulasan dan Bintang dari Pelanggan

Secara umum, konsumen jauh lebih mungkin untuk berbagi pengalaman negatif daripada yang positif. Hal ini dipertegas dengan riset ZenDesk yang menyatakan bahwa 95 persen konsumen akan berbagi pengalaman buruk di halaman ulasan. Angka ini lebih besar dibandingkan konsumen yang akan berbagi pengalaman positif, yaitu sebesar 87 persen.

Namun Sahabat Wirausaha tenang saja, karena sebagian besar calon konsumen lebih memilih untuk membaca ulasan positif, yaitu sebesar 69 persen, dimana angka ini lebih tinggi daripada ulasan negatif sebesar 63 persen dari sebuah layanan online. Yuk kumpulkan ulasan dari konsumen dengan beragam tips berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Aplikasi Pesan Untuk Bisnis (Telegram, WA Bisnis, Line)

1. Optimalkan beragam kanal untuk mendapat ulasan

Dalam hal ini, Sahabat Wirausaha dapat mengoptimalkan kanal apapun, baik yang bersifat online maupun offline, seperti survei kuesioner, live chat, social media, email, hingga kotak komentar. Untuk penggunaan live chat, Sahabat dapat memulai obrolan melalui aplikasi live chat ketika ada pelanggan yang berkunjung di situs Sahabat.

Dari obrolan tersebut, Sahabat juga bisa mendapatkan feedback dan ulasan secara langsung dari pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan juga akan merasa bahwa ada orang di balik layar yang peduli akan feedback dan ulasan yang diberikannya.

Gambar 4. Live Chat

Sumber: Flip

Ada bentuk chat lainnya yang dapat Sahabat Wirausaha optimalkan selain live chat, yaitu riwayat chat. Terlebih jika Sahabat memiliki online shop. Saat barang sudah sampai, secara umum pelanggan akan memberitahukannya, menjelaskan kebahagiaannya sekaligus berterima kasih. Chat-chat tersebutlah yang dapat Sahabat gunakan untuk melengkapi daftar testimoni.

Jika cara ini ingin dilakukan, pastikan Sahabat mendapatkan izin untuk mengambil screenshot chat tersebut dari pelanggan ya, karena alasan privasi. Jika pelanggan tidak keberatan, Sahabat bisa langsung mengambil tangkapan layar tersebut. Jangan lupa juga untuk menutup wajah, nama, dan nomor pelanggan tersebut saat akan mempublikasikannya.

Baca Juga: Tren Dalam TikTok yang Penting Bagi Digital Marketing

Gambar 5. Riwayat Chat

Sumber: Dokumentasi Pribadi

2. Berikan penghargaan pada pelanggan yang memberikan ulasan

Sahabat Wirausaha dapat memberi penghargaan kepada para pelanggan yang sudah mengulas dan memberi bintang untuk produk Sahabat. Dengan memberi penghargaan, maka akan mendorong peningkatan keterlibatan dan menciptakan ulasan pelanggan yang positif untuk menarik calon pelanggan baru.

Penghargaan yang dapat diberikan dalam hal ini, seperti menawarkan poin, kupon, voucher, atau diskon kepada pelanggan yang sudah memberikan testimoni. Strategi ini juga dilakukan oleh merek sekelas Tom Sushi, dimana Tom Sushi menempelkan barcode untuk akses pelanggan memberikan review, dan pelanggan terpilih akan mendapatkan voucher senilai Rp 100.000.

Gambar 6. Barcode untuk Review Pelanggan

Sumber: Ghumi

3. Optimalkan konten sahabat wirausaha

Sebelum calon pelanggan mengunjungi situs bisnis kita, Sahabat harus memastikan tampilan ulasan bisnis kita mudah dinavigasi, khususnya lewat ponsel pintar. Buat tampilannya agar tetap sederhana dan tidak membingungkan calon pelanggan yang akan memberikan ulasan dan bintang.

Selain itu, Sahabat Wirausaha juga dapat menggunakan platform testimoni yang sudah dilengkapi dengan widget testimonial yang dapat disematkan di situs web Anda. Sebagai contoh, seperti yang ada di website UKM Alif Kurma n Friends berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Platform E-Commerce Untuk UKM

Gambar 7. Testimoni dalam Situs Website

Sumber: Website Alif Kurma n Friends

Cara lain yang dapat Sahabat Wirausaha lakukan adalah menyalin testimonial, ulasan, atau rekomendasi bisnis Sahabat dari situs lain, seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Sahabat harus mengimpornya secara manual ke back end untuk menggabungkan dan menampilkan semuanya di situs web bisnis Sahabat Wirausaha.

Sahabat Wirausaha, itulah penjelasan terkait pentingnya ulasan, bintang, dan data laporan. Pada dasarnya, seluruh ulasan dan bintang yang diberikan pelanggan, baik positif maupun dalam bentuk kritik yang membangun, dapat menjadi data laporan yang berharga untuk bisnis Sahabat Wirausaha kedepannya. Semoga dapat menambah wawasan, selamat bertumbuh!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

customerthermometer.com. Customer Service Stats for 2020.

econsultancy.com. Ecommerce Consumer Reviews : Why You Need Them and How to Use Them.

madisonmain.com. Study Says 80 Percent of Consumer Change Their Mind.