Saat ini banyak para pelaku usaha yang tidak hanya promosi offline, namun juga memanfaatkan digital marketing sebagai sarana promosi online. Misalnya melalui media sosial seperti FB atau IG, melalui media komunikasi seperti WA/Line, atau sudah berjualan di platform ecommerce/marketplace. Setelah menggunakan perangkat digital marketing tersebut, apakah promosi melalui digital marketing sudah optimal digunakan? Melakukan promosi melalui digital marketing memang penting, namun setelah anda memutuskan menggunakan digital marketing tentunya “Mengelolanya” adalah kewajiban. Tidak sedikit para pelaku usaha hanya ikut tren untuk promosi online, tapi setelah itu tidak dikelola. Misalnya, punya akun media sosial usaha, jika sempat posting jualan jika tidak sempat yah tinggalkan saja. Lalu, jika terus-terusan tidak sempat bagaimana? Bisa jadi pelanggan mengira bisnis anda sudah tidak ada.

Baca Juga: Soft Selling, Hard Selling


Oleh karena itu, kita perlu optimalkan sarana digital marketing yang kita miliki dengan agenda dan saluran yang memang tepat. Berikut tips langkah-langkah dalam mengoptimalkan digital marketing :

1. Ukur efektivitas promosi digital

Untuk mengukur efektivitas promosi digital yang kita miliki saat ini maka kita perlu melakukan:

  1. Memiliki indikator yang jelas tujuan dari promosi digital

Tetapkan tujuan anda melakukan promosi digital karena indikator dari melakukan promosi digital bisa berbeda-beda. Beberapa indikator kinerja digital marketing, yaitu :

  • Peningkatan follower
  • Peningkatan engagement (jumlah like di postingan dan jumlah komen)
  • Peningkatan pesanan/penjualan online

2. Menghitung konversi dari promosi digital

  • Untuk menghitung konversi dari promosi digital yang anda lakukan anda dapat menghitungnya secara manual. Menghitung konversi dari Instagram dapat dibaca di link /baca-artikel/247
  • Jika anda memiliki website, anda juga dapat melihat data konversi melalui Google Analytics. Google memiliki Tools/alat yang dapat digunakan untuk menganalisis kinerja website: melacak, melihat umur, mengetahui jumlah dan pola prilaku pengunjung. Analisis yang dilakukan di Google Analytics dapat dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan serta membuat konten yang lebih baik untuk pelanggan (customers). Cara Mengakses Google Analytics Ada dua cara yaitu melalui akun mandiri di http://www.google.com/analytics, atau melalui akun Google Ads yang tertaut.

Baca Juga: Tips Membuat Jadwal Konten di Media Sosial

2. Evaluasi ketepatan jadwal posting dan target sasaran

Sudah tepatkan jadwal posting anda? Dalam beriklan, ada istilah prime time”, prime time adalah waktu yang sangat baik untuk anda menayangkan iklan. Jadwal posting ini sebaiknya juga menyesuaikan dengan target sasaran. Misalnya anda berjualan skin care natural, target sasaran produk anda adalah perempuan pekerja. Maka waktu prime time anda pada saat jam makan siang 12.00-13.00, juga jam malam hari 20.00-22.00. Waktu tersebut merupakan waktu istirahat, kebanyakan orang membuka media sosial/email mereka.

3. Evaluasi saluran promosi digital

Saluran promosi dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu :

Saluran promosi yang kita gunakan tentu perlu dievaluasi apakah saluran promosi yang digunakan sudah tepat? Perlukah mengurangi/menambah salurannya? Atau fokus memperbaiki kualitas konten? Atau perbaiki pelayanan transaksi? Segera evaluasi saluran promosi yang sudah anda gunakan! Format evaluasi dapat diunduh disini

Baca Juga: Menentukan Unique Selling Proposition

4. Tentukan kembali target promosi kedepan

Tentukan kembali target promosi sesuai dengan hasil evaluasi. Misalnya, mengganti influencer karena persona influencer sebelumnya kurang sesuai terbukti dengan jumlah feedback yang minim atau memperbaiki konten pada posting rutin dengan tujuan meningkatkan jumlah like dan komen karena konten sebelumnya ternyata respon warganet kurang terlihat dari sedikitnya like dan tidak adanya komentar.Anda dapat mulai membuat target promosi kedepan. Silahkan unduh Format Target Promosi disini

Setelah membuat target, hal penting untuk dibuat adalah “ Agenda atau Jadwal Promosi” yang direncanakan dalam periode misalnya bulanan. Perlu diingat bahwa Pengelolan digital marketing yang baik akan membantu anda mengoptimalkan kinerjanya. Berikut contoh agenda atau jadwal promosi di digital marketing :

Yuk segera buat Agenda atau Jadwal Promosi Digital anda. Format Jadwal Promosi Digital Bulanan dapat diunduh disini.

Baca Juga: Membedah Penggunaan Analisis SWOT pada UKM

Sekian tips-nya! Mengelola digital marketing dengan baik tidak sulit, tapi butuh komitmen dan konsistensi. Agenda posting bisa jadi peta dan pengingat kita! Yuk segera praktikan dan semoga promosi digital anda akan semakin optimal!

Untuk mempelajari lebih banyak dan lengkap mengenai dasar-dasar digital marketing, kini anda juga bisa mengakses gratis modul Digital marketing di website https://welearn.unwomen.org/

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.