Bruce Mars/Unsplash

Sahabat Wirausaha, salah satu skill yang perlu dimiliki oleh seorang pebisnis adalah mampu beradaptasi dengan kondisi dan keadaan yang dapat berubah sewaktu-waktu. Misalnya, ketika memasuki era transformasi digital, setiap pebisnis dituntut untuk mampu beradaptasi dengan teknologi cerdas.

Bisnis yang biasanya hanya dijalankan secara offline, kini dapat dijalankan secara online. Segala aktivitas bisnis pun menjadi lebih efisien dan lebih mudah untuk dilakukan.

Di era transformasi digital saat ini, bisnis yang dijalankan secara online seakan dipermudah dengan hadirnya beberapa aplikasi layanan pengirim pesan instan seperti telegram, whatsapp bisnis, dan line. Ketiga aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di smartphone maupun komputer/laptop. Lantas, seperti apa aplikasi-aplikasi tersebut? Dan apa manfaatnya bagi sebuah bisnis? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: On Demand Platform


Telegram

Disadur dari sumber Wikipedia, telegram merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan instan multiplatform berbasis internet yang bersifat gratis dan nirlaba, yang dirilis pertama kali pada Agustus 2013 oleh dua orang bersaudara yaitu Nikolai dan Pavel Durov. Multiplatform atau disebut juga lintas platform berarti aplikasi telegram ini dapat dioperasikan pada berbagai sistem baik di PC maupun smartphone seperti Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch, MS Windows, Linux, dan OS X.

Sumber: Christian Wiediger/Unsplash

Nah, Sahabat Wirausaha dapat menggunakan aplikasi telegram untuk menjalankan bisnis dengan memanfaatkan fitur-fiturnya antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Membedah Penggunaan Whatsapp Business Untuk Naik Skala Bisnis

1. Fitur Channel

Pada fitur channel, Sahabat Wirausaha dapat menyiarkan pesan teks berupa promosi produk hingga informasi penting lainnya kepada para pelanggan tanpa batas.

2. Fitur Grup Baru

Melalui fitur ini, Sahabat Wirausaha dapat membuat grup dengan kapasitas dua ratus ribu anggota grup. Misalnya, membuat grup khusus untuk pelanggan yang loyal. Pada grup khusus tersebut, Sahabat Wirausaha dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dengan pelanggan yang loyal.

3. Fitur Rekomendasi Folder

Selain itu, Sahabat Wirausaha dapat menata setiap chat yang masuk ke dalam folder yang berbeda melalui fitur ini. Tentu hal ini dapat mempermudah Sahabat Wirausaha ketika melayani chat dari para pelanggan.

4. Fitur Bot

Fitur bot/chatbot dapat dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pelanggan seputar produk maupun layanan.

Baca Juga: Chatbot


WhatsApp Bisnis

Aplikasi ini dirilis lebih awal daripada aplikasi telegram yaitu pada Januari 2009. Sama halnya dengan telegram, whatsapp merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan instan berbasis internet yang bersifat gratis. Aplikasi whatsapp terbagi atas dua jenis yaitu whatsapp messenger untuk komunikasi secara umum dan whatsapp business untuk komunikasi khusus bisnis. Perbedaannya terletak pada fitur-fitur yang terdapat dalam kedua jenis whatsapp ini.

Sumber: Adem AY/Unsplash

Sebagai pelaku usaha, Sahabat Wirausaha dapat menggunakan aplikasi whatsapp bisnis untuk menjalankan bisnis dan melayani pelanggan. Apa saja fitur-fiturnya? Simak penjelasannya.

Baca Juga: Cara Praktis Buat Katalog Produk di WhatsApp Business

1. Fitur Profil Bisnis

Sahabat Wirausaha dapat memperkenalkan profil singkat tentang bisnis yang sedang dijalankan kepada pelanggan melalui fitur ini seperti nama bisnis, kategori/bidang bisnis, deskripsi yang memuat jam operasional bisnis, serta alamat.

2. Fitur Katalog

Pada fitur ini, Sahabat Wirausaha dapat menampilkan produk bisnis dan menawarkan produk tersebut langsung kepada pelanggan. Pada katalog tersebut, Sahabat Wirausaha dapat menampilkan gambar produk, harga, dan deskripsi singkat mengenai produk.

3. Fitur Label Chat

Selanjutnya, terdapat fitur label chat yang dapat memudahkan Sahabat Wirausaha untuk mengelompokkan chat pelanggan berdasarkan kategori khusus seperti kategori pelanggan baru atau pelanggan loyal. Menarik, bukan?

Baca Juga: Chat Commerce

4. Fitur Perpesanan

Selain itu, Sahabat Wirausaha dapat mengirimkan pesan otomatis melalui fitur perpesanan yang bersifat otomatis. Fitur ini terdiri dari dua bagian yaitu fitur salam untuk menyapa para pelanggan baru yang menghubungi Sahabat Wirausaha. Kemudian, fitur pesan di luar jam kerja yang berfungsi ketika para pelanggan menghubungi di luar jam operasional bisnis. Fitur ini digunakan untuk memberitahukan mereka bahwa Sahabat Wirausaha akan menghubungi mereka kembali di jam operasional.

5. Fitur Balas Cepat

Apakah Sahabat Wirausaha pernah merasa kewalahan dalam menjawab semua pertanyaan dari pelanggan? Fitur balas cepat ini dapat membantu Sahabat Wirausaha dalam menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seperti ketersediaan produk, harga produk, ongkos kirim, dan lainnya. Respon cepat seperti ini tentu disukai oleh pelanggan.


Line

Aplikasi ini dirilis pertama kali pada Juni 2011. Disadur dari sumber Wikipedia, line merupakan aplikasi layanan pengirim pesan instan yang dapat digunakan pada berbagai perangkat elektronik, seperti smartphone maupun komputer/laptop. Cara penulisan namanya pun menggunakan huruf kapital yaitu LINE. Aplikasi line memiliki empat jenis layanan yaitu line pay (layanan pembayaran), line taxi (layanan untuk memesan taxi yang dibayarkan melalui line pay), line wow (layanan jasa kurir untuk mengantar pesanan), dan line today (layanan informasi/berita).

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Platform E-Commerce Untuk UKM

Sumber: Adem AY/Unsplash

Disadur dari sumber Akun Youtube LINE Indonesia, terdapat beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah bisnis yaitu:

1. Fitur Profil Akun

Fitur ini memuat informasi tentang profil bisnis. Pada bagian rincian bisnis, Sahabat Wirausaha dapat memilih jenis usaha yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan saat ini, seperti steakhouse, coffee shop, atau bakery.

2. Fitur ID Premium

Merupakan fitur berbayar yang dapat dibeli dengan menggunakan Paymaster. Nama akun bisnis Sahabat Wirausaha dapat dipatenkan pada aplikasi line melalui fitur id premium untuk mencegah terjadinya plagiat nama bisnis. Tujuan menggunakan fitur ini adalah agar akun bisnis dapat lebih mudah dicari oleh pelanggan.

Baca Juga: Sukses Ekspor Dengan Penggunaan Platform Digital

3. Fitur Approved Account

Atau dengan kata lain, fitur “akun yang disetujui”. Tujuannya agar akun bisnis mudah dicari pelanggan dan dapat lebih dipercaya. Bagaimana caranya? Sahabat Wirausaha dapat melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Agar lebih jelas, Sahabat Wirausaha dapat membaca panduan pendaftaran approved account melalui link rebrand.ly/approvedaccount.

4. Fitur Greeting Message

Fitur ini memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk mengirimkan pesan berisi sapaan secara otomatis ketika pelanggan menambahkan akun bisnis Sahabat Wirausaha sebagai teman.

5. Fitur Auto Reply

Ketika Sahabat Wirausaha sedang tidak aktif di aplikasi line, atau berada di luar jam operasional bisnis, maka fitur ini membantu Sahabat Wirausaha untuk menginformasikan kepada pelanggan yang menghubungi. Sahabat Wirausaha dapat melakukan penyesuaian waktu, kapan fitur ini diaktifkan.

Baca Juga: Membedah Platform E-Commerce Untuk UKM Ekspor

6. Fitur Perbanyak Teman

Fitur ini dapat digunakan untuk memperluas jaringan dengan menambah teman di aplikasi line melalui undangan yang disebarkan ke daftar kontak yang tersedia. Sahabat Wirausaha pun dapat menautkan link url aplikasi line di media sosial lainnya untuk mempromosikan akun bisnis line Sahabat Wirausaha.

Kesimpulannya adalah baik telegram, whatsapp bisnis, maupun line, memiliki sejumlah manfaat bagi bisnis Sahabat Wirausaha. Jangan ragu untuk memanfaatkan semua fitur pada ketiga aplikasi tersebut untuk menjangkau para pelanggan. Nah, tertarik mencoba? Selamat mencoba ya! Semoga ulasan artikel ini juga dapat bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi: Wikipedia, Youtube.