UKM Indonesia

Peluang Pasar : Produk Aksesoris Wanita.



Cantiknya Peluang Aksesoris Wanita.

Apa yang dimaksud dengan aksesoris wanita?

Apa kabar sahabat Ukm?, semoga semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Agar semakin semangat, kali ini yuk simak “Cantiknya Peluang Pasar Aksesoris Wanita”. Ya, aksesoris wanita adalah produk yang dapat dijumpai di keseharian, karena manfaat dan fungsi produk ini pasti digunakan oleh seluruh kaum hawa di dunia. Akseoris wanita ini digunakan, dari usia batita, balita, anak-anak, remaja, hingga dewasa tentu menggunakan produk ini. Hal tersebut tentu digunakan oleh semua umur karena , para wanita ingin tampil fashionable, rapi, dan mempesona. Berakar dari inilah, kebutuhan aksesoris Wanita akan selalu terbuka dan memiliki tempat di segmentasi pasarnya.

Apa saja yang masuk dalam aksesoris Wanita?

Wah, mendengar hal tersebut mungkin diantara sahabat ukm, sudah ada yang tergiur untuk mencoba peluang yang satu ini?. Jika jawaban sahabat adalah iya, maka ayo kita pahami bersama apa yang dimaksud dengan aksesoris wanita, dihimpun dari beberapa sumber yang dimaksud dengan aksesoris wanita adalah benda-benda yang digunakan untuk memenuhi fungsi aksesoris, tersebut, yang dapat juga digunakan untuk menunjang penampilan pemakainya.

Aksesoris wanita ada beberapa kategori yang diklasifikasikan menurut fungsinya, yaitu :

  1. Perhiasaan.
Aksesoris yang berfungsi sebagai perhiasan yaitu kalung, gelang, cincin, gekang kaki, subeng, anting-anting, mahkota. Perhiasaan ini menjadi salah satu aksesoris wanita yang menjadi primadona para hawa. Selain, berfungsi untuk menunjang penampilan, di beberapa bahan baku aksesoris dapat juga digunakan sebagai investasi, diantaranya yang berbahan baku emas dan perak. Nah, kalo sahabat ukm suka aksesoris wanita berupa perhiasaan karena apa?.

  1. Aksesoris Rambut.
Pada kategori ini aksesoris rambut adalah produk yang dapat digunakan untuk mempercantikan tampilan rambut. Contohnya : Bandana, Bando, Jepit rambut, hair clip, ikat rambut, dan harnet. Nah, pasti sudah tidak asing kan dengan produk-produk ini, langsung terbayang kan betapa luasnya target pasar segment ini, dari anak kecil hingga dewasa pasti membutuhkannya.

  1. Aksesoris Hijab.
Aksesoris hijab dapat dimasukan dalam kategori aksesoris wanita, pada kategori ini contohnya adalah bross, peniti, bandana, ikat rambut. Produk produk ini tidak hanya menambah kecantikan para wanita yang menggunakan hijab, namun juga memberikan manfaat, contohnya agar rambut tetap rapi tidak keluar dari hijab dapat menggunakan bandana dan ikat rambut, agar hijab dapat ditata lebih rapi dapat menggunakan peniti atau pin kain.

  1. Aksesoris Fashion.
Aksesoris fashion pada hal ini adalah aksesoris yang menunjang pakaian atau tampilan. Contohnya : kacamata, topi, ikat pinggang, syal, dan masker kain. Wow, apakah salah satu produk ini merupakan favorit para sahabat ukm?. Jika iya, bisa dimulai dari hobi menjadi penambah pundi-pundi.

Bagaimana trend aksesoris saat ini ?

Tren aksesoris saat ini cenderung naik, beriringan dengan kebutuhan aksesoris hijab, rambut, dan perhiasaan. Dari kata kunci yang digunakan, customer sudah spesifik mencari sesuai kebutuhannya. Oleh karena itu, trend aksesoris akan selalu ada, beriiringan dengan munculnya trend trend terbaru yang tersebar melalui sosial media atau pun majalah.

Apa faktor yang mempengaruhi kebutuhan aksesoris wanita?

Dari sumber goggle trend dan beberapa sumber kebutuhan pasar untuk aksesoris wanita cukup menggirukan. Pada contoh data grafik diatas, kebutuhan dengan kategori aksesoris wanita, banyak dicari, karena ada banyak faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan ini yaitu :

  1. Trend Fashion.
Saat ini semakin banyaknya chanel sosial media, semakin banyak peluang untuk para penggunaanya untuk berekspresi, dengan gaya khas masing-masing, dan semua itu tidak mengenal batas ruang gerak. Contohnya : Di Korea Drama sedang menjadi trend menggunakan bandana, maka di Indonesia juga dapat menyaksikan trend tersebut, dari hal inilah trend semakin meluas ke masyarakat. Belum lagi, dengan adanya gelombang trend aksesoris Korea yang saat ini semakin marak, dibarengi dengan maraknya Korea Drama dan K-Pop. Tentu hal ini, menjadi faktor pendorong untuk mengikuti idolanya, dan ini menjadi peluang untuk penjualan aksesoris Wanita yang memiliki konsep Korea style.

  1. Fungsi.
Penggunaan yang disesuai dengan kebutuhan. Contohnya ikat rambut agar rambut tertata dengan rapi, sekaligus memberikan kesan estetis, tentu pengguna memilih ikat rambut yang berfungsi untuk mempercantik penampilan, dan juga dapat merasakan manfaatnya.

  1. Hadiah.
Aksesoris Wanita dapat juga digunakan sebagai hadiah, akseosris Wanita beragam tidak hanya dapat digunakan sendiri, namun dapat juga digunakan sebagai hadiah. Contohnya : Pada beberapa toko online menyediakan aksesoris Wanita berupa gelang couple (Gelang pasangan), untuk digunakan dengan pasangannya atau sahabat. Dari sini, aksesoris dapat berfungsi sebagai penanda sebuah relasi.

  1. Koleksi.
Pada brand brand tertentu, terdapat series-series yang dikeluarkan secara limited editon (koleksi terbatas), pengikut brand tersebut biasanya mengoleksi keluaran produk terbaru. Selain itu, aksesoris Wanita sebagai koleksi juga dapat menyasar, target pasar yang mengoleksi barang barang tertentu. Contohnya : Ada target pasar yang menyukai berbagai macam produk yang berbentuk kerang, maka bisa saja dia juga mengoleksi aksesoris yang terdapat gambar kerrang. Dimulai dari anting-anting dari kerrang, ikat rambut, hingga cincin berbentuk kerang.

  1. Memiliki nilai tambah value.
Nilai tambah disini adalah adanya penambahan nilai jika target pasar membeli produk tersebut. Contohnya : Produk anting-anting yang terbuat dari daur ulang limbah plastik, dengan nilai lebih ini, dapat menjadi salah satu faktor pertimbangan customer untuk memutuskan membeli. Selain dapat merasakan manfaat dari fungsi aksesoris, customer juga dapat berkontribusi untuk misi sosial yang ada dalam produk tersebut.

Bagaimana peluang penjualan aksesoris wanita ini?

Sahabat ukm, saat ini penjualan produk semakin luas, tidak hanya dapat dijual secara offline, contohnya : membuka outlet, atau sistim konsinyasi. Lebih luas lagi, dapat menggunakan sistem daring atau online. Dengan menggunakan sistem in, sahabat ukm dapat merambah ke sosial media untuk membranding merk bisnis, dan menjangkau calon pelanggan dengan menggunakan kekuatan konten konten yang terkait dengan produk aksesoris.

Membiacarakan peluang bisnis aksesoris wanita tentu tidak lengkap, dengan menghadirkan produk sahabat ukm di toko online yang dapat membuat produk sahabat menjadi lebih luas, menjangkau dari berbagai wilayah. Saat ini, toko online juga dapat merambah ke manca negera, contohnya beberapa platfoatm toko online luar negeri yaitu Etsy dan Amazon. Wah, bagaimana sudah semakin semangat dengan peluang cantik yang satu ini?.

Nah, jika sudah semakin tertarik, sahabat wirausaha dapat merambah sosial media, dengan memberikan konten konten terkait, contohnya :konten mengenai mix and match aksesoris dan busana yang digunakan, tips menyimpan aksesoris agar awet. Dapat juga membuat sebuah video edukasi membuat hair style untuk rambut pendek, rambut panjang, dan style hijab. Semakin konten, dekat dengan keseharian customer tentu akan lebih berpeluang mendapatkan respon. Respon ini diantaranya : like postingan, koment di kolom komentar, save konten, atau membagikan konten ke sosial media.

Bagaimana memulai memasarkan aksesoris wanita?

Pada produk akseoris wanita ini, beragam macam yang dikategorikan berdasarkan fungsinya, dapat dipasarkan dengan berbagai macam cara, berikut ini hal hal yang dapat dimulai untuk memperkenalkan produk kemasyarakat luas :

1.Mulai memposting konten konten edukasi produk di sosial media. Konten edukasi ini dapat berupa video dan foto. Jadi, sahabat wirausaha dapat mengkreasikannya yang dapat disesuaikan dengan produk yang akan dijual.

2.Membuat giveaway pada sosial media, untuk dapat semakin berinteraksi dengn audiens sosial media. Meningkatkan interaksi audiens ini penting untuk meningkatkan kepercayaam audiens dengan bisnis yang sahabat bangun.

3. Jika produk, sahabat wirausaha melimpah, dapat juga mencoba sistem konsinyasi, dengan toko yang menyediakan produk aksesoris. Namun, pastikan ya prosentase pembagian penjualannya, hal ini untuk menyiapkan harga jual yang akan dibandrol pada toko. Perjanjian di awal sangat penting untuk meminimalisir munculnya perselisihan.

4. Endorsment, jika sahabat wirausaha memiliki anggran untuk iklan, dapat juga menganggarkan untuk endorsment. Endorsment dengan menggunakan influencer tentu saja diharapkan, mampu menaikan kepercayaan pelanggan kepada sebuah brand.

5. Market place, juga dapat menjadi tempat online untuk sahabat wirausaha mencoba menjual produk aksesoris. Berjualan pada produk market place, pastikan sahabat dapat memberikan deskripsi. Produk yang jelas, foto produk, dan pastikan ketepatan pengiriman. Hal ini, perlu diperhatikan karena pada sistem marketplace, ketepatan pengiriman dan kecepatan dalam merespon pembeli akan mempengaruhi rating toko online. Nah, bagaimana sudah siap untuk merambah dunia ecommerce?.

Dari kelima pemaparan tentang langkah merintis bisnis aksesoris, mana yang paling menjadi prioritas sahabat wirausaha?. Bagaimana, sudah terfikir langkah mana yang akan sahabat wirausaha gunakan, untuk memperkenalkan produk bisnis sahabat?. Jika sudah terfikirkan, kira kira produk apa yang akan diproduksi atau dijual di bisnis aksesoris sahabat wirausaha?. Berikut ini contoh laporan penjualan aksesoris wanita yang menyediakan bandana dan schrunchie.

  1. Pengeluaran :
    • Belanja bahan : Motif bunga 10 meter
Motif Daun 10 meter

Kain polos warna salem 10 meter

Kain polos warna merah 10 meter

1 rol karet elastis

1 rol benang 1 set warna

1 set kapur jahit

Total belanja Rp 850.000

  • Packing : Thanks Cards
Kartu vocher

Stiker alamat

Plastik pengiriman

Total : 50.000

  • Pulsa dan transportasi. Rp 150.000
  • Total pengeluaran : Rp 1.050.000
  1. Pendapatan:
    • Hasil konsinyasi Toko Darling 20 pcs bandana @Rp 20.000 = 400.000
    • Penjulan online 10 bandana @20.0000. = 200.000
    • Penjualan online 15 schrunchie @ 10.000 = Rp 150.000
    • Pesanan hampers bridemide aksesoris paket silver (bandana, sisir mini, shrunchie, 1 set card bridsmide) 16 set @55.000 = 880.000
    • Penjualan Paket gift birthday 6 @35.000 = 210.000
    • Penjualan paket workshop online Diy Schrunchie 12 paket @ 77.000 = 924.000
Total pendapatan 2.764.000

Jadi laba yang didapat 1.714.000.

Semoga contoh laporan penjualan mingguan ini dapat memberikan gambaran kepada sahabat wirausaha untuk mencoba bisnis yang ciamik ini. Nah, dalam berjualan aksesoris ini sahabat wirausaha dapat juga membuat produk dengan sistem preorder. Apakah masih asing dengan istilah tersebut?, berikut ini ulasannya.

Minimalisir resiko dengan sistem pre order.

Meminimalisir resiko penjualan pada kategori penjualan aksesoris bisa dilakukan dengan cara menggunakan sistem preorder. Jadi, sahabat wirausaha membuat produk tersebut ketika ada pesanandari pihak customer. Namun, memang dengan menggunakan sistem ini juga memiliki kekurangan yaitu jika pelanggan membutuhkan produk saat itu juga, sehingga dapat beralih ke penyedi yang lain, yang memiliki stok tersedia.

Menggunakan sistem pre order ini sahabat wirausaha, juga harus menyiapkan beberapa hal yaitu foto produk sebagai katalog produk, agar pelanggan dapat memilih produk yang diinginkan. Pastikan sahabat wirausaha memberikan Informasi yang jelas terkait estimasi waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian produk yang dipesan. Nah,hal ini perlu diperhatikan agar menghindari keluhan pelanggan terkait pemenuhan produk pre order.

Selain, memastikan estimasi waktu pemenuhan, jika aksesoris ini menggunakan ukuran. Pastikan ukuran yang dipesan oleh pelanggan sudah tepat, jadi pastikan pelanggan akan mendapatkan produk yang sesuai dengan pesananya. Menyedikan produk preorder memang memiliki waktu untuk pemenuhan pesanan, namun usahakan dapat mengerjakan dengan cepat dan tepqt, agar pelanggan puas dengan pelayanan sahabat wirausaha. Jika, terjadi kendala keterlambatan, pastikan komunikasian dengan pelanggan.

Pemaparan tentang peluang aksesoris wanita ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi sahabat wirausaha. Tetap semangat untuk menggapai tujuan sahabat ya. Jika, sahabat menyukai artikel seperti kategori ini. Berikut, rekomendasi artikel artikel yang terkait dengan pembahasan peluang pasar, salah satu artikel yang direkomendasikan adalah kamus bisnis : Dropshiper, dan Tips Bisnis : Langkah langkah jadikan bisnis pakaian peduli lingkungan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagai sahabat ukm dan dapat menambah semangat mengembangkan bisnis para sahabat ukm.




Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: