UKM Indonesia

​Password

Penulis : Azhar Saputra
Editor : Annisa Anastasya
18 Agustus 2022
Lama Baca : 3 menit


Sahabat Wirausaha, istilah password mungkin sudah terdengar cukup familiar ya. Pada kamus bisnis kali ini, kita akan membahas apa itu password dan mempelajari cara tepat untuk menjaga keamanan password.


Apa Itu Password?

Password atau kata sandi adalah simbol yang berguna untuk melakukan verifikasi identitas setiap pengguna untuk melakukan autentikasi atau mendapatkan akses ke perangkat, aplikasi, sampai menuju situs web tertentu. Biasanya, sebelum mengisi kata sandi yang bentuknya titik atau tanda bintang, Sahabat Wirausaha terlebih dahulu diharuskan mengisi username atau nama pengguna.

Baca Juga: 14 Hal yang Wajib Dilakukan Untuk Menjamin Keamanan Komunikasi Digital di WhatsApp

Setiap developer perangkat, aplikasi, hingga situs web di dunia ini tak memiliki panduan baku. Sehingga ketika akan memasukkan kata sandi (perangkat, aplikasi, web) antara satu dengan lain kadang memiliki perbedaan. Misalnya baris huruf, angka dan karakter khusus yang tidak sama.

Namun biasanya setiap urutan dan variasi karakter selalu dijadikan sebagai penentu kekuatan keamanan, dari kata sandi yang kita buat. Karenanya, kebanyakan pemilik perangkat, aplikasi, atau web saat ini meminta pengguna untuk membuat kata sandi yang terdiri dari huruf kapital, angka, dan simbol. Hal yang tak boleh dilupakan juga, detail dari kata sandi yang kita buat tidak boleh disebarluaskan. Jika lalai, pengguna yang tidak sah dengan bebas dapat memperoleh akses yang coba kita lindungi tersebut.

Baca Juga: Fitur Tokopedia Yang Jarang Diketahui Pelapak


Cara Membuat Password yang Aman

Sebelum membuat password, hal yang menjadi perhatian kita adalah menggunakan akses internet yang terbebas dari peretas. Berikut beberapa cara membuat password yang aman.

1. Buat kata sandi yang memiliki panjang minimum delapan karakter dan maksimum antara 16 hingga 64 karakter. Hal ini dapat dilakukan jika dalam pembuatan kata sandi tidak memiliki batasan.

Baca Juga: Marketing Campaign, Seberapa Efektif Meningkatkan Penjualan?

2. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah variabel pada sandi yang kita buat.

3. Masukkan satu nomor dan satu karakter khusus.

4. Hindari menggunakan elemen yang mudah ditebak seperti nomor rumah, tanggal lahir, nama anak dan lainnya.

5. Setelah membuat kata sandi, manfaatkan alat manajemen kata sandi yang tersedia dalam bentuk extension pada browser atau dalam bentuk aplikasi yang bisa di install pada perangkat. Beberapa diantaranya seperti lastpass, 1Password, Bitwarden, Keepass, NordPass, RoboForm, Sticky Password, Keeper, dan lainnya.

Baca Juga: Menentukan Strategi Pemasaran di Media Sosial Melalui Audit Performa Akun

Setelah ini mulailah mengingat setiap kata sandi yang sudah kita buat apakah sudah aman atau tidak. Jika jawabannya adalah tidak, segera ganti saat ini juga demi keamanan dari setiap akses yang sudah kita lindungi. Semoga tips tersebut bermanfaat.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Sumber artikel:

  1. https://www.techtarget.com/searchsecurity/definiti...
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: