Gambar diambil dari pixabay.com

Bagi sahabat wirausaha yang baru memulai usaha, tentu masih bingung bagaimana caranya menarik perhatian calon dan pelanggan agar usaha yang kita rintis cepat dikenal. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan strategi multichannel marketing.

Baca Juga: Online Marketing

Selain mudah untuk diterapkan bagi pengusaha yang baru memulai bisnisnya, multichannel marketing terbukti efektif karena diangggap lebih hemat waktu dan biaya. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya.


Apa Itu Multichannel Marketing?

Multichannel marketing merupakan satu dari sekian banyak strategi pemasaran yang memanfaatkan berbagai channel komunikasi dengan tujuan agar para pelanggan dapat mengakses segala informasi tentang usaha yang sahabat wirausaha tawarkan.

Artinya, kita dituntut agar tidak hanya memiliki akun Instagram, Twitter, Facebook sampai TikTok saja. Jika pelanggan belum puas lalu ingin mengenal lebuh dalam lagi, kita harus menyiapkan informasi tambahan melalui website.

Baca Juga: Optimalkan Digital Marketing Dengan Agenda dan Saluran yang Tepat

Kita juga dituntut agar bisa berinteraksi secara langsung (offline) dengan pelanggan seperti pengalaman berbelanja di toko, memiliki katalog pesanan, dan lainnya. Artinya, dengan multichannel marketing ini pelanggan memiliki lebih banyak pilihan untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang kita tawarkan.


Menerapkan Strategi Multichannel Marketing

Agar strategi multichannel marketing membuahkan hasil, di awal-awal sahabat wirausaha harus menentukan siapa calon pelanggan yang diinginkan. Tujuannya agar kita mendapatkan informasi tentang produk apa yang dia butuhkan.

Baca Juga: Social Media Marketing

Selanjutnya, sampaikan pesan secara harmonis dan selaras di semua channel yang kita miliki. Jangan samakan juga pesan antara Instagram, TikTok atau Twitter. Yang tak kalah pentingnya juga mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten di semua channel yang kita miliki.

Bagaimana, mudah bukan? Sahabat wirausaha hanya tinggal melakukan beberapa cara seperti menentukan calon pelanggan, menyampaikan pesan secara harmonis dan selaras di semua channel yang kita miliki dan terakhir menciptakan pengalaman pelanggan secara konsisten di semua channel.

Baca Juga: Viral Marketing

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Referensi:

https://www.sas.com/sk_sk/insights/marketing/multi...