Tips Memilih Influencer untuk Bisnis Kopimu

Sahabat wirausaha pasti pernah kan, mendengar tentang penggunaan influencer untuk mempromosikan produk dan meningkatkan brand awareness kita? Menurut Mediakix, 80% responden menyatakan bahwa penggunaan influencer efektif untuk meningkatkan pemasaran produk, lho. Namun, tahukah bahwa influencer terbagi menjadi 5 kategori? Yaitu nano influencer, micro influencer, mid tier influencer, macro influencer, dan mega influencer. Setiap kategori influencer mempunyai kriterianya masing-masing, lho. Pada kamus bisnis ini, kita akan mempelajari tentang salah satu jenis influencer, yaitu micro influencer dan manfaatnya untuk bisnis kita. Yuk, mari simak artikel berikut!

Baca Juga : Tips Memilih Endorser/Influencer yang Tepat


Pengertian Micro Influencer

Micro influencer adalah seseorang yang mempunyai pengikut yang lebih banyak daripada orang biasa, namun lebih kecil daripada pengikut selebritas. Pada dasarnya, seseorang akan dikategorikan sebagai micro influencer saat mempunyai lebih dari 1000 sampai dengan 100.000 pengikut di media sosial.

Micro influencer akan mempromosikan produk yang memang sesuai dengan minat atau keahlian para pengikutnya. Oleh karena itu, target pasar micro influencer lebih tersegmentasi jika dibandingkan dengan selebritas atau macro influencer, sehingga penggunaan micro influencer untuk mempromosikan bisnis kita akan lebih efektif menjangkau konsumen (dalam hal ini adalah pengikut micro influencer).

Baca Juga : Influencer Rate Card

Salah satu alasan mengapa teknik pemasaran menggunakan micro influencer di media sosial efektif adalah micro influencer memungkinkan brand kita terlibat secara tidak langsung dengan audiens. Jika brand kita bekerjasama dengan micro influencer yang relevan dan sesuai dengan target pasar kita, kampanye media sosial kita akan dapat disampaikan dengan baik, dengan cara otentik sehingga brand kita mendapatkan kepercayaan oleh audiens.


Mengapa perlu menggunakan micro influencer untuk bisnis kita?

  1. Micro influencer mempunyai audiens yang lebih tersegmentasi, sehingga tingkat engagement yang dihasilkan lebih tinggi dan dapat meningkatkan konersi penjualan. Contohnya adalah seorang beauty vlogger yang baru saja merintis karirnya. Tentu target dan pengikutnya adalah komunitas yang menyukai dunia kecantikan.
  2. Micro influencer lebih kredibel dan otentik. Audiens atau pengikut micro influencer mengikutinya karena alasan tertentu yang sesuai dengan minat mereka, sehingga micro influencer cenderung lebih menghargai pengikutnya dan tidak akan mempromosikan produk yang tidak disukai atau tidak sesuai dengan audiens mereka.
  3. Biaya penggunaan micro influencer lebih terjangkau dan efisien. Karena pengikut micro influencer tidak terlalu banyak, biaya kerjasama dengan micro influencer pun biasanya lebih murah. Sedangkan seperti pada poin sebelumnya, micro influencer hanya akan mempromosikan produk yang sesuai dengan audiensnya. Oleh karena itu, terdapat nilai yang lebih tinggi dalam konten yang dihasilkan oleh micro influencer.
  4. Tingkat engagement yang dihasilkan oleh micro influencer lebih tinggi. Pada poin pertama telah dijelaskan bahwa audiens micro influencer lebih tersegmentasi, sehingga tingkat interaksi antara micro influencer dan pengikutnya lebih tinggi karena mempunyai ketertarikan yang sama.

Baca Juga : Social Media Influencer

Itu dia sahabat wirausaha, pengertian dan alasan mengapa kita perlu menggunakan micro influencer dalam strategi pemasaran kita. Jika baru saja memulai mengembangkan bisnis dan ingin meningkatkan brand awereness, penggunaan micro influencer dapat menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan audiens atau calon pembeli yang sesuai dengan target pasar kita. Setelah membaca kamus bisnis ini, apakah kamu tertarik untuk menggunakan jasa micro influencer? Dengan tingkat engagement yang lebih tinggi, strategi ini layak dicoba, lho. Yuk, saatnya UMKM naik kelas!

Baca Juga : Strategi Pemasaran Digital Menggunakan Influencer

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Sumber:

Tribe Digital

Accurate