Pasti teman-teman UMKM, start-up, pernah atau bahkan sering mendengar kata Mentoring kan?

Seperti "Program Mentoring untuk Pengembangan Usaha" atau program mentoring lainnnya yang umumnya ditujukan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan atau bahkan praktik usaha. Ada berbagai mentoring yang ditawarkan dari berbagai penyedia program untuk pelaku usaha.


Lalu apa itu mentoring?

Mentoring adalah sebuah hubungan yang terjalin antar individu yang memiliki banyak pengalaman di sebuah bidang dengan individu yang baru atau kurang memiliki pengalaman di bidang tersebut. Untuk mengetahui lebih banyak pengalaman di bidang tersebut maka dilakukan mentoring agar kita mendapatkan pengalaman yang lebih luas dalam menangani suatu masalah sesuai dengan bidang kita masing-masing. Misalnya, pelaku usaha rendang yang sudah memiliki legalitas lengkap ingin memperluas cakupan pasarnya dan mengikuti mentoring dari mentor (coach) yang berpengalaman dibidang perdagangan dan pemasaran mulai dari bagaimana mengoptimalkan pemasaran digital, strategi agen/reseller, hingga mengenai peluang pasar ekspor. Disini pelaku usaha rendang merupakan pihak yang dibimbing oleh mentor disebut sebagai mentee untuk meningkatkan kemampuan pemasarannya, atau untuk memperbaiki keterampilan dalam pemasaran

Baca Juga: Coaching

Inti dari mentoring adalah meminta seseorang membantu kita menemukan jawaban atas pertanyaan kita baik seputar bisnis maupun pribadi. Sesi pertemuan atau interaksi pada mentoring dilakukan sesuai dengan kebutuhan kita, dukungan mentoring bisa melalui tatap muka, email maupun telepon. Mentor tidak hanya menyediakan waktu, namun juga akan memperhatikan perkembangan kita sesuai dengan materi mentoring atau tujuan yang ingin kita raih dalam aktivitas mentoring.

Mentoring berbeda dengan buddy system (sistem teman / kerjasama dalam tim), dimana sistem ini dimulai oleh organisasi untuk membantu karyawan baru menyesuaikan diri dengan pekerjaan selama beberapa bulan pertama bekerja. Berbeda dengan mentoring, sistem teman ini tidak memerlukan pelatihan khusus sedangkan mentoring lebih komprehensif dan fokus pada tujuan pengembangan profesional jangka pendek dan jangka panjang.

Baca Juga: Ragam Mengembangkan Usaha dengan Mengoptimalkan Peran Pendamping/Coach/Mentor


Apa yang dilakukan seorang mentor?

  1. Mengajar tentang masalah tertentu
  2. Melatih keterampilan tertentu kepada orang yang dibimbing (mentee)
  3. Memfasilitasi pertumbuhan mentoring dengan berbagai sumber daya dan jaringan
  4. Memberi tantangan kepada mentoring untuk keluar dari zona nyamannya
  5. Menciptakan lingkungan belajar yang aman untuk mengambil resiko
  6. Fokus pada pengembangan mentee

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Visi Dalam Menentukan Arah Pengembangan Usaha


Karakteristik mentoring

  1. Komunikasi. Secara umum, dasar mentoring adalah melakukan komunikasi yang bermakna yang akan memberikan masukan bagi kehidupan atau bisnis kita.
  2. Komitmen. Mentor yang baik berusaha untuk membuat kita menjadi lebih baik. Seorang mentorberkomitmen pada perjalanan pertumbuhan kehidupan atau bisnis kita.
  3. Keingintahuan. Seorang mentor yang baik mengakomodir dan menggali keingintahuan sehingga kita mendapatkan kembali semangat untuk belajar dan bertumbuh.
  4. Kejelasan. Dalam hubungan mentoring yang baik, kejelasan merupakan karakteristik dari hubungan mentoring yang baik, yaitu kejelasan komunikasi hingga materi atau jawaban yang diberikan.
  5. Kapasitas. Seorang mentor dapat memicu kapasitas yang belum tersentuh oleh kita yang dapat kita terapkan untuk mempercepat tingkat keberhasilan.
  6. Percaya Diri. Percaya diri dalam membimbing kita dan memberikan kita motivasi untuk mengambil tindakan yang benar. Mentor yang baik mungkin tidak memberi kita kekuatan, tetapi membantu kita menemukan kekuatan yang tersembunyi dan membantu kita bergerak melampaui kemampuan kita.
  7. Koneksi. Koneksi yang tepat pada waktu yang tepat dapat membuka peluang baru, memperluas kapasitas dan memberikan kita kredibilitas (kepercayaan) dengan asosiasi. Seorang mentor yang baik akan menghubungkan kita dengan orang yang tepat melalui koneksi yang dimiliki.
  8. Perayaan. Hubungan mentoring yang baik adalah membangun hubungan yang mengarahkan pada perjalanan hidup yang lebih menarik dengan merayakan berbagai kesuksesan-kesuksesan yang diraih.

Baca Juga: Pemanfaatan SDM untuk Riset Pasar dan Pengembangan Produk

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Sumber Foto: Rawpixel from Unsplash