Mengenal SMESCO Beberapa Sahabat Wirausaha mungkin masih ada yang asing mendengar istilah atau nama SMESCO. Hal ini tentunya sangat disayangkan, sebab program pemerintah yang satu ini punya manfaat besar untuk kita. Terutama jika Sahabat Wirausaha sedang mencari kiat-kiat praktis untuk memasarkan produk di area lokal maupun internasional. Yuk, kenalan dengan SMESCO dan ketahui ragam manfaatnya lewat ulasan berikut ini!


Mengenal SMESCO

Small and Medium Enterprise and Cooperatives (SMESCO) merupakan brand berupa pendataan UKM dari Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia berdasarkan KMK Nomor 159/KMK.05/2007. SMESCO didirikan sejak Maret 2007 dengan tujuan memberikan layanan promosi dan pemasaran UKM Indonesia.  

SMESCO mempunyai fungsi sebagai center of excellent dan pengembangan kemampuan usaha untuk pelaku UKM dan produknya serta fungsi komersial untuk berdagang. Pengembangan UKM dilakukan sebagai pelaksana: informasi pasar, fasilitas pemasaran, promosi dan distribusi produk, dan peningkatan SDM dalam manajemen serta teknik pemasaran. Menurut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, setidaknya SMESCO mempunya 9 peranan yaitu:

  1. Studio Produksi (makerspace)
  2. Pusat Konsultasi Bisnis (consulting area)
  3. Tempat penjualan produk (retail gallery)
  4. Tempat Kerja Produksi (co-working area)
  5. Tempat Konsultasi Hukum (Legal Corner)
  6. Tempat Pelatihan (education)
  7. Tempat Pertemuan antara UMKM dengan pembeli, investor, teknologi, dan investasi (link and match)
  8. Pusat Kuliner UMKM (F&B)
  9. Tempat Penyelenggaraan Acara untuk Pemasaran Produk (Area Event)

Di tahun 2022, sebanyak 82.500 UKM sudah terdaftar dan telah mengikuti berbagai program seperti inkubasi, pelatihan, dan kegiatan lokal serta internasional. Produk UKM yang terdaftar di SMESCO juga menjadi Official Merchandise pada acara G20 di Bali, loh!

Baca Juga: ​Daftar Pameran Dagang di Eropa, Peluang Promosi Produk UMKM di Kancah Global!


Program-Program SMESCO

Sumber: KOMPAS/Sharon Patricia

SMESCO memiliki banyak program dan kegiatan untuk mewujudkan UKM agar naik kelas, khususnya di dunia digital. Salah satunya di tahun 2020, SMESCO bersama Kemenkop dan UKM meluncurkan program E-Brochure. Tujuan program ini agar pelaku UMKM dapat  terhubung dengan pasar digital dengan cara membuat sendiri brosur yang dapat dibagikan ke media sosial. 

Selain itu program Indonesia Digital Meetup yaitu kegiatan kolaborasi antara pelaku UKM dengan Internet Marketer di Indonesia. Inovasi ini diperlukan agar UKM tetap bertahan di tengah kemajuan teknologi. Sebanyak 20.76 juta UKM sudah masuk ke dalam ekosistem digital. Berikut program kegiatan yang SMESCO lakukan:

1. Program SPARC

Program SPARC terdiri dari tiga aktivitas, antara lain:

  1. Sparc Trac:  platform untuk mengukur apakah sebuah UKM sudah naik kelas dan dapat menjadi dasar pertimbangan untuk pembiayaan dan pemberian dana kepada UKM.
  2. Sparc Trade: bertujuan untuk membantu pelaku UKM secara aktif mencari pembeli melalui daftar permintaan.
  3. Sparc Campus: menyediakan berbagai pelatihan daring untuk membekali pengelola UKM dengan keterampilan dan pengetahuan guna pengembangan usaha agar siap memasuki era produksi yang berkelanjutan.

2. Kurasi Produk

Kurasi produk merupakan proses penyeleksian terhadap UKM agar produk UKM tersebut dapat diekspor sehingga naik kelas. Sebanyak 3.400 UKM telah lahir dari program ini dan siap untuk melakukan pemasaran di dalam dan luar negeri.

3. Inkubasi, Pelatihan, dan Seminar

Kegiatan ini meliputi peningkatan pemahaman dan mindset para pelaku UKM, perbaikan packaging, dan pemasaran.

4. Temu Mitra UMKM

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendekatan kepada UMKM yang dibina, agar bisa lebih mengetahui keluhan dan kebutuhan para pelaku UKM. SMESCO juga mempunyai program SMESCO Hub Timur untuk menjangkau produk UMKM di wilayah timur Indonesia yang berpotensi namun belum terjangkau untuk dapat dipromosikan.

5. Gerai UKM Gallery

Menampilkan produk unggulan UKM Indonesia di dalam gerai ritel UKM Gallery.

Baca Juga: 5 Strategi Branding Melalui Label Produk Bagi UMKM, Bisa Naikkan Potensi Penjualan 4x Lipat!


Fasilitas SMESCO

Salah satu fasilitas SMESCO selain pendataan UKM adalah gudang atau Smesco Fulfillment Center (SFC). Gudang ini bermanfaat sebagai tempat penyimpanan, packing, dan pengiriman barang yang dilakukan tim profesional untuk membantu para pelaku UKM. Keuntungan menggunakan fasilitas ini adalah biaya pengiriman yang murah bahkan gratis untuk biaya sewa dan penjemputan, serta efisien dalam waktu. Gudang ini juga dapat menyimpan produk beku. 

Cara menggunakannya juga mudah, Sahabat Wirausaha hanya perlu melakukan pendaftaran, kemudian barang akan diambil oleh tim SMESCO dan disimpan di SFC. Jika ada pemesanan, Sahabat Wirausaha hanya perlu mengisi data pengiriman karena tim ekspedisi yang akan mengemas dan melakukan pengiriman dengan standar yang baik.

Selain itu, SMESCO juga mempunyai platform yang bernama SMESCO Indonesia Retail Network. Skema platform ini adalah berupa reseller atau dropshipper yang bisa dilakukan di rumah. Hal ini membantu para pelaku UKM yang kesulitan untuk menentukan tempat berjualan. Fasilitas ini sangat membantu ketika terjadi Covid-19.


Manfaat Bergabung dengan SMESCO

Mengusung slogan “UKM Naik Kelas Bersama”,  SMESCO melakukan pelayanan pemasaran bagi UKM. Nantinya, manfaat yang akan didapat Sahabat Wirausaha adalah:

  1. Mendapatkan informasi produk terlaris, tidak hanya informasi yang didapatkan dari dalam negeri, akan tetapi juga di seluruh dunia. Hebatnya lagi, informasi ini didapat setiap minggu.
  2. Mendapatkan banyak program pelatihan, inkubasi yang didampingi secara luring maupun daring, dan gratis.
  3. Berkesempatan mengikuti pameran di dalam dan luar negeri sehingga produk Sahabat dapat mendunia. Bahkan bisa mengikuti program ekspor cross-border ke Malaysia, Singapura, dan negara lainnya.
  4. Kemudahan dan terstrukturnya akses pembiayaan dari bank dan lembaga keuangan lainnya.
  5. Usaha belum ada sertifikasi? Tenang saja, dengan mendaftar sebagai anggota SMESCO, sertifikasi usaha seperti BPOM, Halal, P-IRT, dan yang lainnya dapat diakses dengan mudah dan gratis.
  6. Mendapatkan akses untuk pendampingan dalam kegiatan pengadaan lelang yang diadakan pemerintah dan BUMN.

Sumber: smesco.go.id


Cara Mendaftarkan Produk di SMESCO

Untuk dapat bergabung, ternyata tidak sulit. Langkah-langkah yang harus dilakukan Sahabat Wirausaha adalah:

  1. Memiliki usaha yang terdaftar dan terverifikasi sebagai Usaha Mikro, Kecil, atau Menengah di Indonesia.
  2. Mengisi formulir pendaftaran online di situs web Smesco Indonesia ( https://smesco.go.id/ atau kunjungi langsung kantor pusatnya yang berada di Jakarta.
  3. Melampirkan dokumen pendukung seperti surat izin usaha, NPWP, SIUP, dan sertifikat halal (jika berlaku).
  4. Dilakukan sesi wawancara dan evaluasi.
  5. Setelah lulus, pelaku usaha akan diberikan akses ke berbagai layanan dan fasilitas SMESCO dan mendapatkan manfaat untuk peningkatan UMKM serta pemasaran produk.

Nah, Sahabat Wirausaha sudah berkenalan dengan SMESCO, program pemerintah yang miliki banyak sekali kegiatan yang sangat bermanfaat untuk pelaku UKM. Tak hanya dalam memasarkan produk secara global, tetapi juga meningkatkan skill para pelaku UKM. Sekarang tunggu apalagi, yuk segera daftarkan usaha Anda.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://smesco.go.id/
  2. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2020/08/11/buat-sendiri-e-brochure-untuk-tawarkan-produk-umkm
  3. https://nasional.kontan.co.id/news/smesco-buat-platform-smesco-indonesia-retail-network-untuk-bantu-umkm
  4. https://nembung.com/smesco-indonesia-definisi-cara-kerja-dan-bergabung/