Mengapa Branding Penting - Sahabat Wirausaha, memulai bisnis atau mendirikan perusahaan baru itu mudah. Tapi membuat merek bisnis kita bisa dikenal banyak orang sangatlah sulit, bahkan bagi perusahaan yang memiliki anggaran pemasaran besar sekalipun.
Saat ini, banyak bisnis yang menjalankan strategi pemasaran branding dengan tujuan agar produknya mudah terhubung dengan konsumen. Branding memang memiliki banyak keuntungan, salah satunya untuk tujuan pemasaran.
Namun, ternyata banyak perusahaan, khususnya UMKM, yang menganggap branding hal yang penting. Banyak perusahaan tidak melakukan branding terhadap produk karena menganggap jika proses itu bisa memakan waktu dan biaya yang mahal. Ya, ini mungkin memakan waktu, tapi itu sepadan dengan hasil yang akan kita terima.
Pada artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengapa branding amat penting bagi suatu bisnis dan apa saja elemen branding yang diperlukan untuk membangun strategi branding yang efektif
Mengapa Branding Penting bagi Bisnis?
Branding dapat memainkan peran penting dalam kesuksesan jangka panjang perusahaan. Ini bukanlah suatu pilihan, tapi keharusan. Mari kita mulai dengan pertanyaan paling penting!
Branding menawarkan berbagai manfaat yang dapat mengubah bisnis dan menjadikannya terkenal di seluruh dunia. Mari kita pelajari bagaimana branding berkontribusi terhadap kesuksesan suatu bisnis.
1. Bangun Basis Pelanggan Setia
Kampanye branding yang strategis selalu memperkuat ikatan antara perusahaan dan konsumennya. Mereka membantu orang menyadari bahwa mereka tidak hanya membeli produk tetapi juga perasaan dan pengalaman serta berkontribusi untuk tujuan mulia. Kesadaran tersebut pada akhirnya mendorong orang untuk berpikir positif tentang merek tersebut, menjadikan mereka pelanggan setia dan kembali. Dalam banyak kasus, mereka juga menjadi duta merek yang tidak dibayar dan memperkenalkan merek tersebut kepada orang lain dengan kata-kata yang baik.
2. Meningkatkan Penjualan
Kampanye branding juga dapat berkontribusi langsung terhadap penjualan. Seperti yang telah Anda pelajari, branding membantu Anda memenangkan basis pelanggan setia dan duta merek; ini dapat membantu Anda menghasilkan banyak pendapatan tanpa berinvestasi dalam pemasaran. Selain itu, branding dapat membuat bisnis Anda lebih mudah diingat, dikenali, dan terlihat, sehingga memungkinkan Anda menghasilkan banyak prospek dan konversi secara teratur.
3. Promosikan Seluruh Perusahaan
Tidak seperti pemasaran, branding membantu Anda mempromosikan seluruh perusahaan Anda, bukan hanya beberapa produk atau layanan. Dalam kampanye branding, perusahaan mencoba memasarkan keseluruhan perusahaannya, lebih fokus pada nilai-nilai yang dijunjungnya, elemen yang menjadikannya unik, dan pengalaman yang ditawarkan. Singkatnya, branding membantu Anda mempromosikan seluruh perusahaan dan semua produknya, bukan hanya sejumlah produk tertentu.
4. Berikan Bisnis Identitas Unik
Branding memberi Anda identitas unik. Ini membantu bisnis Anda menonjol di pasar yang ramai dan menjadikannya berkesan dan mudah dikenali. Orang dapat mengetahui merek Anda melalui nama, lambang (logo), slogan, dan bahkan maskotnya. Misalnya, jika seseorang bertanya apakah Anda mengetahui merek tersebut dengan slogan "Lakukan saja", Anda dapat dengan mudah mengingat bahwa orang tersebut sedang membicarakan Nike.
Demikian pula, jika seseorang menunjukkan bagian belakang ponsel kepada Anda, Anda dapat dengan mudah menebak bahwa itu adalah iPhone melalui logonya. Itu dampak dari branding.
Apa saja Elemen Branding?
Biasanya orang percaya bahwa branding adalah soal nama perusahaan. Namun, branding melibatkan segala sesuatu yang menampilkan proposisi nilai unik suatu perusahaan. Ini memiliki tiga elemen kunci: nama merek, logo, dan slogan. Mari kita bahas satu per satu!
1. Nama Merek
Nama merek bisa dibilang merupakan hal paling krusial dalam branding. Jika nama merek menampilkan nilai-nilai unik dan nilai jual utama perusahaan, hal itu akan membantu perusahaan kita lebih dikenal dan berpengaruh. Ada beberapa strategi untuk memilih nama merek, dan hampir semuanya berguna jika kita tahu cara memanfaatkannya dengan tepat.
Misalnya, kita dapat memilih nama yang mencerminkan bisnis dan produk. Burger King, Gojek, Tokopedia, dan Shopee adalah beberapa contoh pilihan nama yang menarik. Selain itu, kita juga dapat memilih nama yang sugestif, abstrak, dan umum. Apapun metode yang digunakan, pastikan agar orang mudah mengucapkan dan mengingat nama tersebut.
2. Logo Merek
Logo merek sangat penting untuk membangun identitas visual. Banyak ahli menyatakan bahwa logo berfungsi seperti wajah manusia. Orang mengenali merek melalui logo mereka. Selain itu, logo terkadang juga mencerminkan nilai-nilai merek. Misalnya, logo Puma menceritakan keseluruhan cerita tentang merek ini dan produknya. Demikian pula, logo Amazon juga menunjukkan nilai utamanya.
Jika kita membuat logo yang berkesan, sederhana, dan menarik, hal itu akan sangat berdampak bagi branding bisnis kita. Sebelum mendesain logo, kita harus melakukan pendekatan terbaik untuk membuat logo. Setelah itu, kita juga perlu menganalisis proposisi unik perusahaan untuk menemukan ide desain logo terbaik.
Terakhir, kita harus mendesain logo sendiri, karena tidak ada orang yang bisa menggambarkan ide sebaik kita sendiri. Kita dapat menggunakan pembuat logo online dengan mudah buat logo online.
3. Slogan Merek
Meskipun banyak pemilik bisnis mengabaikannya, slogan merek sangat penting dalam branding. Slogan bukan sekedar perpanjangan nama merek. Mereka memiliki arti penting, dan dalam banyak kasus, mereka membantu perusahaan menarik perhatian masyarakat dan membangun hubungan yang solid antara perusahaan dan audiensnya.
Selain itu, slogan merek memberikan lebih banyak informasi kepada orang-orang tentang merek dan mendorong mereka untuk mengenal produk kita. Singkatnya, slogan mengkomunikasikan pesan merek dengan lebih jelas kepada khalayak yang lebih luas. Berikut adalah beberapa contoh slogan merek terbaik:
- Tempat Paling Bahagia di Bumi, oleh Disneyland
- Lakukan Saja, oleh Nike
- Bagus sekali, oleh KFC
Slogan-slogan ini secara sempurna mencerminkan apa yang ditawarkan merek-merek tersebut kepada konsumennya. Nah, Sahabat Wirausaha pun harus menggunakan keterampilan kreatif untuk membuat slogan yang menarik.
Kesimpulan
Pencitraan merek memperkuat hubungan kita dengan konsumen, menghasilkan pendapatan, membangun identitas unik, dan mempromosikan keseluruhan perusahaan.
Namun, banyak yang perlu mempelajari cara branding yang benar dan apa saja yang termasuk di dalamnya.
Elemen penting dari branding adalah nama merek, logo, dan slogan. Saat merancang kampanye branding, kita harus memilih nama merek, memiliki ide desain logo yang menarik, membuat logo sendiri dengan pembuat logo, dan mengembangkan slogan yang kreatif. Tentunya, hal ini akan membantu perkembangan bisnis Sahabat Wirausaha!