C:\Users\supad\Downloads\expo.png

Sumber: Canva

Sahabat Wirausaha, banyak cara untuk mempromosikan usaha. Salah satu caranya promosi usahakan adalah dengan mengikuti Expo. Bagi suatu bisnis, promosi produk ini penting agar produk yang kita miliki bisa dikenal lebih luas sehingga peluang penjualan pun semakin tinggi. Yuk kita bahas apa itu Expo di artikel ini.


Apa itu Expo?

Expo merupakan singkatan dari Exposition yang bermakna pameran atau pembentangan. Secara umum Expo diartikan sebagai trade fair atau pameran perdagangan. Expo merupakan bentuk promosi yang unik karena mempromosikan produk dalam skala besar-besaran. Penyebutan expo terkesan mewah dibanding pameran. Padahal, keduanya sama.

Baca Juga: Homeware International Indonesia, Merambah Pasar Ekspor Lewat Kerajinan Berprinsip Sustainability

Expo terkait dengan kegiatan yang menjadi fokus perusahaan untuk menunjukkan produk terbaru seperti komputer, elektronik, ponsel, gadget, dan lainnya. Expo bisa digelar dalam fokus dalam produk tertentu seperti expo computer, otomotif, properti, buku, dan lainnya.

Salah satu bentuk expo yang pernah dilaksanakan di Indonesia adalah GIIAS 2021 atau GAIKINDO Indonesia International Auto Show yang berlangsung yang dilaksanakan di ICE-BSD City 11-21 November 2021 lalu.

C:\Users\supad\Downloads\GIIAS 2020.jpg

GIIAS 2021 (sumber foto : otoloka.id)

Ada juga beberapa expo terkenal lainnya seperti Motor-Show, Inacraft, Indonesia Book Fair, Mining Indonesia, Islamic Book Fair, dan Real Estate Expo. Ada juga Jakarta Fair sebagai ajang pameran yang bergengsi dan juga Job Fair sebagai pameran yang menyediakan informasi pekerjaan yang kerap dipadati pengunjung. Sejumlah tempat yang sering dijadikan lokasi expo antara lain: Jakarta Convention Center (JCC), JIE, Balai Kartini, Semanggi Expo dan lainnya.

Baca Juga: Membedah Pameran Domestik Untuk Produk Kecantikan

Expo juga sering diadakan oleh perusahaan-perusahaan lokal yang umumnya berlokasi di plaza-plaza di daerah. Expo juga sering dikaitkan dalam kegiatan seremonial seperti ulang tahun sebuah provinsi atau kabupaten, sebuah lembaga atau institusi. Dalam lingkup internasional, contoh expo adalah Singapore Expo atau Dubai Expo.


Manfaat Mengikuti Expo

Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengikuti expo, antara lain:

1. Meningkatkan Visibilitas

Expo menjadi kesempatan untuk memberikan informasi yang lebih jelas kepada konsumen. Saat expo pelaku usaha bisa memamerkan produknya sekaligus membuka diskusi dan interaksi dengan konsumen.

Baca Juga: Potensi UMKM Purbalingga Menembus Pasar Ekspor

2. Meningkatkan Brand

Dengan mengikuti expo, usaha kita akan semakin dikenal lebih luas. Jika semakin banyak orang yang mengetahui perusahaan kita, maka branding produk kita pun semakin meningkat. Tentu saja hal ini dapat mendorong terbentuknya kepercayaan masyarakat terhadap produk kita.

Baca Juga: Tips Sukses Mengikuti Pameran dan Meningkatkan Kualitas Produk Ala Kultiva Co

3. Mendapatkan Target Konsumen Yang Lebih Tepat

Kalau kita melakukan promosi di tempat umum, maka orang yang memperoleh informasi bisa beragam. Bisa jadi masyarakat yang kurang peduli dengan produk kita pun akan menjadi target promosi tersebut. Berbeda dengan expo, pengunjung biasanya merupakan orang yang sudah kenal bahkan sangat akrab dengan produk kita. Pengunjung expo otomotif pastilah hobi dan tertarik dengan otomotif.

4. Meningkatkan Mutu Produk

Perusahaan yang mengikuti expo biasanya akan menampilkan produk terbaiknya. Tentu saja. Karena perusahaan berupaya mendapatkan kesan terbaik pula dari pengunjung. Selain itu, dengan melihat pesaing lain, kita juga akan didorong meningkatkan kualitas produk kita. Saat expo, datangilah booth yang ramai dikunjungi. Amati alasan mengapa booth tersebut ramai dikunjungi lalu jadikan itu sebagai referensi agar booth kita juga ramai dikunjungi.

Baca Juga: Cara Praktis Buat Katalog Produk di WhatsApp


Tips Mengikuti Expo

Jangan asal mengikuti expo. Agar expo berjalan dengan maksimal sesuai tujuan, mari kita perhatikan hal-hal berikut. Pertama, carilah informasi mengenai reputasi penyelenggara. Pilihlah penyelenggara Expo yang memiliki reputasi bagus dan telah sukses menggelar event-event sebelumnya.

Kedua, pilihlah lokasi yang strategis agar mudah terlihat dan dijangkau pengunjung. Lokasi juga menentukan kesuksesan, lho. Ketiga, buatlah booth ramai dikunjungi dengan untuk menarik pengunjung seperti dengan membuat dekorasi yang menarik, menyelenggarakan game, menyediakan give away, dan lainnya. Sebisa mungkin jalin komunikasi dengan pengunjung. Berikan informasi produk selengkap-lengkapnya agar pengunjung mendapatkan referensi yang memuaskan.

Baca Juga: Tips Jitu Untuk Sukses di Pameran Internasional

Nah Sahabat Wirausaha, apakah tertarik mengikuti Expo? Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah keingintahuan Anda seputar Expo ya. Mari kita tingkatkan skala bisnis kita di nasional maupun internasional.

Referensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/alasan-anda-berparti...