UKM Indonesia

​Cara Praktis Buat Katalog Produk Di WhatsApp Business



Foto : https://www.dreamstime.com

Sahabat Wirausaha pasti sudah tahu, ya, bahwa saat ini layanan WhatsApp Business menjadi solusi untuk mempromosikan barang dagangan dengan mudah. Jika diibaratkan sebuah menu, Sahabat Wirausaha dapat menjajakan barang dagangan dalam fitur katalog yang disediakan WhatsApp. Dalam katalog tersebut, Sahabat Wirausaha dapat menjajakan barang jualan dengan keterangan yang detail, mulai dari nama, foto, harga, deskripsi produk, hingga tautan ke situs web. Apa dan bagaimana cara membangun katalog melalui WhatsApp Busines? Simak ulasan di bawah ini, ya!

Sekilas Tentang WhatsApp Business Dan Fitur Katalognya

Jika Sahabat Wirausaha cermati, pada tahun 2017 WhatsApp meluncurkan versi WhatsApp Business kemudian di akhir tahun 2019 fitur katalog produk resmi diperkenalkan di Indonesia. Tentu saja, peluncuran fitur ini langsung disambut baik oleh para pengusaha kecil yang menginginkan kemudahan dalam memasarkan produk bisnisnya.

WhatsApp Business didesain untuk mempermudah komunikasi pemilik usaha dengan para pelanggannya. Dibandingkan WhatsApp biasa, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yang sangat membantu para pelaku UMKM. Kehadiran fitur katalog produk pun semakin menambah kemudahan untuk mengembangkan bisnis.

Pada WhatsApp Busines ada fitur untuk memajang foto produk, loh, Sahabat Wirausaha! Fitur tersebut menyediakan tempat untuk memajang foto-foto produk pada suatu bisnis agar mempermudah konsumen untuk melihat. Katalog produk persis sebuah etalase toko yang sering Sahabat Wirausaha lihat layaknya toko pada umumnya.

Sekilas, konsep etalase tersebut mirip seperti yang ditawarkan oleh Instagram, ya? Bedanya, WhatsApp merancang fitur ini lebih sederhana, supaya dapat dijalankan di berbagai jaringan. Fitur katalog produk WhatsApp Business membuat tampilan foto ke dalam bentuk baris di mana hanya terdapat satu foto pada satu baris yang disertai dengan harga dan keterangan produk. Resolusi foto juga tetap dibuat terlihat profesional, bahkan hasilnya tetap maksimal walaupun smartphone yang digunakan oleh konsumen memiliki RAM di bawah 1 GB.

Sahabat Wirausaha juga dapat memajang sampai dengan 500 foto di dalam fitur ini. Setelah mencapai batasan jumlah, Sahabat Wirausaha bisa menghapus foto lama dan mengganti dengan yang foto baru. Untuk produk yang sudah tidak dijual lagi, Sahabat Wirausaha dapat menghapus foto produk tersebut, sehingga pelanggan tidak perlu menanyakan ketersediaan produk. Cukup mudah dan user friendly, kan?


Cara Membuat Foto Katalog Produk di WhatsApp Business

Apa saja langkah yang harus Sahabat Wirausaha lakukan dalam pembuatan foto katalog produk? Berikut adalah urutan lengkapnya :

  • Buka aplikasi WhatsApp Business.
  • Akses menu Settings (Pengaturan).
  • Pilih menu Business Settings (Pengaturan Bisnis).
  • Pilih menu Catalog (Katalog).
  • Masukkan foto dan lengkapi dengan nama produk atau jasa, tautan, harga, kode produk atau jasa, dan deskripsi lainnya.
  • Simpan katalog jika sudah selesai.

Jika Sahabat Wirausaha sudah memasukkan foto-foto ke dalam menu Catalog, maka :

  • Pengguna lain akan lebih mudah melihat produk atau jasa yang Sahabat Wirausaha jual tanpa harus berpindah-pindah halaman maupun aplikasi.
  • Sahabat Wirausaha juga dapat mengirimkan foto yang berada di halaman Catalog kepada pengguna lainnya dengan memilih foto yang diinginkan lalu menekan tombol Send Message To Business (Kirim Pesan ke Bisnis) yang dilambangkan dengan gambar panah.
  • Setelah foto dikirim, maka Sahabat Wirausaha tinggal menunggu reaksi dari pengguna lainnya.

Cara Menghapus Produk dari Katalog WhatsApp

Bagaimana cara menghapus produk dari katalog? Langkah ini bertujuan agar mempermudah calon pelanggan dalam melihat katalog usaha Sahabat Wirausaha. Jika sejak awal pelanggan sudah dibuat nyaman dalam memilih produk yang tersedia, maka kedepannya pelanggan akan kembali lagi ke etalase toko milik Sahabat Wirausaha.

Untuk menerapkannya, Sahabat Wirausaha cukup melakukan beberapa langkah ini :

  • Buka aplikasi WhatsApp Business.
  • Buka menu Setting (Pengaturan).
  • Pilih opsi Business Fitur (Fitur Bisnis).
  • Pilih Catalog (Katalog).
  • Geser ke kiri produk atau layanan yang ingin Sahabat Wirausaha hapus, kemudian ketuk Delete (Hapus).
  • Sahabat Wirausaha juga bisa langsung memilih gambar produk yang ingin dihapus. Ketuk Edit, lalu Delete (Hapus).

Cara Menyembunyikan Produk Tertentu

Selain menampilkan berbagai produk yang ditawarkan, Sahabat Wirausaha juga dapat memilih produk-produk apa saja yang bisa dilihat oleh pelanggan secara umum dan yang perlu disembunyikan.

Berikut cara menyembunyikan beberapa produk :

  • Buka aplikasi WhatsApp Business.
  • Buka menu Setting (Pengaturan).
  • Pilih opsi Business Fitur (Fitur Bisnis).
  • Pilih Catalog (Katalog).
  • Ketuk produk atau layanan yang ingin Sahabat Wirausaha sembunyikan.
  • Pilih opsi lainnya yang terletak pada ikon titik tiga, dan pilih Edit
  • Nyalakan opsi Hide This Item (Sembunyikan item ini).
  • Ketuk 'Simpan'.
Cara Membuat Katalog Produk Yang Menarik

Setelah memahami langkah-langkah umum dari WhatsApp Business, dan mengingat ketatnya persaingan bisnis, Sahabat Wirausaha harus bisa meningkatkan kreativitas dalam membuat katalog produk yang menarik di mata konsumen. Bagaimana caranya?

1. Ciptakan kreativitas pada foto produk

Foto yang berkualitas berperan penting terhadap isi katalog usaha Sahabat Wirausaha. Jadi, buatlah foto-foto produk Sahabat Wirausaha semenarik mungkin. Cukup menggunakan smartphone dan tambahan tripod saja, kita sudah bisa menghasilkan foto yang bagus.Jika perlu, kita juga bisa menggunakan kotak studio foto mini untuk memberikan tampilan foto layaknya profesional.

Selanjutnya, mulailah bereksperimen mengambil foto-foto produk dari “studio mini” Sahabat Wirausaha. Ambil foto produk dari berbagai sudut dan setiap sisi. Apabila produk kita memiliki detail dengan nilai jual tinggi, cobalah potret dengan jarak lebih dekat untuk lebih menonjolkan detail tersebut. Faktor cahaya juga sangat penting, jadi tambahkan ring light untuk memberikan cahaya yang cukup untuk foto Sahabat Wirausaha.

Teruslah mencari informasi bagaimana cara menghasilkan foto yang berkualitas, karena akan sangat membantu Sahabat Wirausaha dalam mengambil foto dengan budget minimalis tapi hasilnya bisa maksimal.

2. Berikan kemudahan pada konsumen untuk melihat produk

Jika, foto-foto berkualitas sudah Sahabat Wirausaha dapatkan, kini Sahabat Wirausaha perlu menampilkan foto tersebut dalam sebuah etalase yang dapat diakses dengan mudah oleh konsumen. Masukkan semua foto produk dalam katalog produk dengan tampilan rapi dan memiliki semua keterangan yang dibutuhkan pelanggan. Foto yang dikategorikan sesuai jenisnya akan lebih mempermudah pelanggan dalam mencari produk yang diinginkan.

Sebagai contoh, misalkan toko Sahabat Wirausaha menjual produk fesyen. Maka urutkan foto-foto katalog sesuai dengan gender, usia, dan jenisnya. Produk fesyen untuk wanita bisa saja diletakkan pada bagian atas, kemudian produk untuk pria, dan terakhir produk untuk anak-anak. Dengan memiliah denga kategori seperti ini, akan menghemat waktu pelanggan dalam pencarian, tidak perlu menggeser foto ke atas dan bawah berulang kali.

3. Permudah proses pembelian

Melalui WhatsApp Business, Sahabat Wirausaha dapat membuat proses pembelian oleh pelanggan menjadi lebih mudah. Sahabat Wirausaha dapat membagikan setiap item katalog pada pelanggan. Setelah melihat, pelanggan bisa langsung menghubungi Sahabat Wirausaha melalui tombol Send Message to Business (KIRIM PESAN KE BISNIS). Maka, transaksi dapat terus berlanjut dengan mudah.

Selain itu, pelanggan juga bisa membagikan katalog tersebut pada orang lain sebagai bahan rekomendasi. Dengan begitu, bisnis Sahabat Wirausaha akan lebih dikenal oleh banyak orang dan menambah jumlah pelanggan baru.

4. Rutin perbarui foto produk

Jika Sahabat Wirausaha memiliki produk baru, segera ambil foto untuk dimasukkan ke dalam katalog agar lebih cepat diketahui oleh para pelanggan. Jangan lupa untuk menghapus produk-produk yang sudah sold out. Dengan rutin update katalog, pelanggan akan melihat bahwa toko Sahabat Wirausaha terlihat hidup dan Sahabat Wirausaha memang serius dalam menjalankan toko tersebut. Maka, tingkat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Sahabat Wirausaha akan semakin tumbuh.

Nah, Sahabat Wirausaha, mudah bukan membuat katalog produk yang menarik di WhatsApp Business? Sahabat Wirausaha cukup menjaga konsisten dan komitmen dalam menjaga etalase produk usaha Sahabat Wirausaha melalui WhatsApp Business sesuai penjelasan di atas, dan Sahabat Wirausaha pasti akan merasakan manfaatnya. Selamat menjaga etalase, ya!

Link :

https://www.qiscus.com/id

https://gadgetren.com

https://www.cnnindonesia.com

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: