UKM Indonesia

​EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut)


Dalam proses ekspor dan impor dibutuhkan sebuah mitra dalam proses pengiriman barang. Terdapat tiga jalur pengiriman barang yang dapat digunakan untuk proses ekspor dan impor yaitu darat, laut, dan udara. Sebuah perusahaan yang menawarkan layanan pengiriman melalui jalur laut disebut EMKL. Kali ini kita akan membahas seputar EMKL.

Baca Juga: Harga Patokan Ekspor


Definisi

EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut) adalah sebuah perusahaan yang menawarkan jasa logistik barang ekspor dan impor dengan melalui jalur laut. Perusahaan tersebut telah memiliki izin legalitas dan operasional dari pemerintah untuk berfokus pada pengiriman produk dalam jumlah besar untuk kegiatan ekspor dan impor.

Terdapat beberapa jenis kapal yang digunakan untuk proses pengiriman, diantaranya kapal cepat (kapal Roro), ekspedisi laut kapal barang(cargo), ekspedisi laut kapal PELNI, dan ekspedisi peti kemas (container).

Baca Juga: Mempersiapkan Dokumen Ekspor


Kelebihan Menggunakan EMKL

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika memilih EMKL sebagai sarana pengiriman produk ekspor atau impor Anda, diantaranya sebagai berikut:

1. Harga layanan lebih murah

EMKL menawarkan harga layanan yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan kargo udara dengan pesawat

2. Mengirim dalam jumlah besar

EMKL mampu mengirim produk dalam jumlah yang besar dengan sekali pengiriman. Hal tersebut akan mengefisiensikan proses dan biaya logistik.

Baca Juga: Mempersiapkan Kemasan (Packaging) untuk Memenuhi Standar Ekspor

3. Dapat mengirim produk yang sensitif

Secara umum pengiriman melalui laut cenderung lebih bebas, dalam arti lebih leluasa dalam menerima barang yang biasanya sulit dikirimkan melalui kargo darat (trucking) maupun kargo udara.

Contohnya adalah pengiriman barang berupa produk yang berbahaya dan mudah meledak, cairan kimia dan lain sebagainya. Apabila produk Anda memiliki sifat sebagai berikut maka EMKL adalah pilihan yang tepat. Namun demikian Anda juga harus membutuhkan surat-surat izin dan deskripsi produk yang menyatakan produk Anda memiliki sifat tersebut.

Baca Juga: Surat Keterangan Ekspor Kemasan Pangan

Kini Sahabat Wirausaha telah mengetahui EMKL dan mengetahui kelebihannya jika dibandingkan dengan sarana udara atau darat. Kini apakah Anda lebih mempertimbangkan menggunakan EMKL sebagai sarana pengiriman barang untuk kebutuhan ekspor dan impor Anda?

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL)

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: