Sahabat Wirausaha pasti sadar betul, bahwa mengembangkan sebuah usaha yang dimulai dari nol, memiliki banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Menjalankan usaha tidak hanya sekedar tentang mengelola produk dan berhasil menjual, tetapi ada faktor lain yang juga harus dipertimbangkan agar bisnis tetap berjalan dengan lancar.
Salah satunya adalah memahami customer focus, yaitu sebuah orientasi yang wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan atau produsen tertentu dalam membangun kerajaan bisnis. Hal ini perlu diketahui oleh setiap produsen dalam membangun nilai produksi yang berkualitas dan pelayanan yang maksimal untuk kemajuan bisnis secara menyeluruh.
Baca Juga: Upgrade Bisnis dengan Costumer Service Otomatis
Sebetulnya, apa itu customer focus dan apa saja peranannya bagi sebuah bisnis? Yuk simak terus penjelasannya pada artikel ini, ya!
Memahami Pengertian Customer Focus
Customer focus adalah orientasi dari rangkaian pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Customer focus merupakan bagian dari suksesnya sebuah bisnis, karena customer focus membuat pemilik bisnis lebih menyadari kebutuhan yang paling diperlukan oleh pelanggan. Melalui customer focus, bisa diketahui bagian bisnis mana yang perlu difokuskan agar bisnis lebih berkembang.
Baca Juga: 7 Strategi Mengelola Hubungan Baik Dengan Konsumen
Tujuan utama dari customer focus adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan agar merasa puas mengonsumsi produk kita. Tentu saja, setiap pelanggan dan setiap bisnis memiliki jenis dan strategi customer focus yang berbeda-beda satu sama lain. Masing-masing keadaan sebuah bisnis tidak bisa disamakan karena karakter dan juga tipe bisnis yang dijalankan berbeda satu sama lain. Istilah untuk perbedaan keadaan ini disebut juga dengan budaya customer focus, yang dinilai dapat meningkatkan level kepuasan pelanggan.
Dengan menerapkan budaya customer focus, bisa dikatakan Sahabat Wirausaha sudah menciptakan customer experience secara positif yang merupakan nilai dan tujuan sebuah perusahaan. Untuk menerapkan budaya customer focus, ternyata merekrut customer support yang memiliki skill terbaik saja belum cukup, loh! Sahabat Wirausaha tetap harus menciptakan integrasi customer care secara keseluruhan pada perusahaan milik Sahabat Wirausaha.
Baca Juga : Menjamin Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Mitra Bisnis Lewat Kontrol Kualitas
Bagaimana Strategi Efektif Untuk Membangun Customer Focus?
Supaya pelanggan lebih tersentralisasi dan target pasar selalu berada di area yang tepat, maka berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan :
1. Menguatkan kolaborasi
Ketika orientasi perusahaan berada pada pelanggan, maka kolaborasi akan terjadi dengan mudah. Pelanggan akan membantu perusahaan untuk membuat produk yang lebih sesuai dengan target dan kebutuhan pasar, jika kebutuhannya diperhatikan oleh perusahaan.
Hal ini membuat kolaborasi antar tim penjualan dan produksi akan terjalin dengan baik dan mampu mewujudkan produk yang sesuai dengan harapan pasar. Tentu saja, hal ini berimbas pada meningkatnya penjualan produk.
Baca Juga: Pengendalian Produksi
2. Ciptakan situasi bahwa suara pelanggan didengar
Karena pelanggan merasa didengar dan dipedulikan, maka pelanggan akan lebih percaya kepada perusahaan dan produk-produk milik Sahabat Wirausaha. Apalagi, jika perusahaan melakukan penanganan pelanggan yang baik dan profesional sehingga memberikan dampak yang bagus untuk perusahaan.
3. Mewujudkan kritik dan saran dari pelanggan
Mungkin Sahabat Wirausaha sangat tahu tentang produk yang dihasilkan perusahaan dan bagaimana cara kerjanya. Namun, sebenarnya pelanggan Sahabat Wirausaha yang paling paham apakah produk tersebut bisa bermanfaat saat digunakan atau tidak. Inilah yang membuat pentingnya mewujudkan kritik dan saran dari pelanggan yang tahu betul apakah produk sudah berhasil digunakan.
Baca Juga: Manfaat dan Kebijakan Pemberdayaan Perempuan Bagi Usaha
Customer focus akan membuat Sahabat Wirausaha memiliki banyak data dari pelanggan. Seluruh data ini dapat diolah dengan baik dan membantu Sahabat Wirausaha untuk meningkatkan produksi yang berikutnya. Menggabungkan seluruh data dengan empati akan membuat Sahabat Wirausaha lebih memahami apa yang diinginkan pelanggan. Jadi, Sahabat Wirausaha dapat membuat produk yang lebih tepat sasaran bagi target pasar.
5. Optimalkan teknologi
Mengoptimalkan teknologi yang tersedia untuk komunikasi merupakan cara terbaik. Selain memberikan email dan nomor telepon, Sahabat Wirausaha juga bisa menambahkan akun sosial media atau bahkan nomor whatsapp agar mempermudah pelanggan untuk menghubungi. Dengan kemudahan ini, menunjukkan bahwa Sahabat Wirausaha peduli terhadap pelanggan.
Baca Juga: Unique Selling Proposition
Demikian penjelasan tentang customer focus, semoga bisa dipahami dan diterapkan dalam proses bisnis.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi: