Halo Sahabat Wirausaha, ternyata menarik minat konsumen butuh keahlian merangkai kata-kata yang memikat lho. Caranya adalah dengan menerapkan teknik copywriting pada konten pemasaran yang kita buat. Yuk, kenali lebih lanjut tentang copywriting!
Baca Juga : 5 Aplikasi Pembuat Konten Yang Perlu UKM Miliki
Apa itu Copywriting?
Copywriting sendiri adalah sebuah proses penulisan kata-kata yang persuasif yang dapat membuat pembacanya terdorong atau termotivasi untuk melakukan sesuatu (awai.com). Copywriting juga adalah salah satu bentuk upaya pemasaran yang paling penting lho, terutama di era digital saat ini.
Sebetulnya, copywriting itu bahkan ada di mana-mana. Mungkin selama ini kita sering melihatnya tetapi belum tahu bahwa itulah yang dinamakan copywriting. Misalnya, saat Sahabat membaca majalah dan ada yang menjual skin care di dalamnya. Kata-kata yang “menggoda” pembacanya untuk membeli produk tersebut adalah copywriting. Di televisi, di internet, bahkan di poster-poster dan media sosial pun semua adalah hasil dari copywriting.
Baca Juga: Langkah Aksi Membangun Brand untuk Meningkatkan Nilai dan Citra Positif Produk/Perusahaan
Copywriting ini bahkan menjadi sebuah profesi tersendiri lho, namanya copywriter. Tugas mereka adalah menyusun kata-kata yang bertujuan mengajak pembacanya untuk melakukan sesuatu. Bisa untuk membeli produk, untuk berdonasi, untuk mengikuti sebuah acara, apapun yang isinya berupa ajakan. Kebanyakan perusahaan bahkan memperkerjakan copywriter mereka sendiri untuk membantu mereka berkomunikasi dengan dunia.
Apa yang dibuat oleh Copywriter?
Copywriter bisa membuat pesan yang menginspirasi orang untuk melakukan sesuatu melalui berbagai media. Bisa dari blog, website, iklan, konten media sosial, email, billboard, artikel, dan masih banyak lagi. Tujuan mereka pu tergantung dari misi yang diberikan oleh perusahaan. Bisa untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan sales, melakukan strategi positioning perusahaan, dan lain lain. Dan setiap konten yang mereka buat tentunya akan berbeda tergantung pada tujuannya.
Baca Juga : 3 Langkah Membangun Brand
Tugas Copywriter
Sebetulnya copywriter memiliki tugas yang cukup beragam, namun tetap dengan tujuan utama seperti yang disebutkan tadi. Tugas mereka antara lain:
- Membuat konten dengan tujuan untuk memberikan informasi, mengedukasi, atau menginspirasi pembacanya.
- Menulis copy (sebutan untuk tulisan copywriter) untuk mendorong pembacanya melakukan sesuatu
- Riset untuk mencari tahu karakteristik target pembacanya, mulai dari riset data statistik, riset keyword, riset topik yang populer, dan lain lain.
- Menyunting atau memeriksa EYD tulisan, gaya penulisan, relevansi narasi, alur narasi, dan sebagainya.
- Bahkan bisa juga menjadi project manager bila skala copywritingnya bersifat masif, sehingga membutuhkan tim untuk kolaborasi menghasilkan banyak copywriting.
Siapa yang Butuh Copywriter?
Hampir semua pihak membutuhkan copywriter karena perannya yang penting dan dibutuhkan oleh semua institusi. Antara lain, sebagai contoh:
Baca Juga : Key Opinion Leader (KOL)
- Solopreneur: mereka yang menjalankan bisnis sendirian sebagai profesional, misalnya arsitek, desain interior, photographer, pelatih webinar, dan sejenisnya.
- Agensi Pemasaran: pastinya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran, mereka akan membutuhkan copywriter untuk membantu proyek-proyek klien nya.
- Perusahaan besar: perusahaan yang berskala besar dan secara berlanjut akan terus berkomunikasi dengan dunia melalui copywriting.
- Startup: bahkan perusahaan pemula pun pasti membutuhkan copywriter untuk membantu mereka tumbuh.
- Organisasi Non-profit: organisasi ini juga membutuhkan copywriter untuk menyampaikan pesan misi yang mereka emban, dan tidak menutup kemungkinan untuk mengajak orang-orang berdonasi dan mendukung misi tersebut.
- Penjual online: siapapun yang berjualan produk secara online pasti ingin bisnisnya mudah ditemukan oleh pelanggan dan bisa meyakinkan pelanggan bahwa merk mereka adalah yang terbaik dan paling cocok untuk pelanggan. Di situlah copywriting berperan.
Dan masih banyak lagi pihak-pihak yang membutuhkan copywriter. Hal ini menunjukkan pentingnya copywriting sebagai media persuasi, terutama bagi Sahabat Wirausaha yang memiliki bisnis.
Nah, itu tadi penjelasan copywriting. Semoga bermanfaat ya Sahabat Wirausaha.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi
https://www.awai.com/what-is-copywriting/