Sumber: Freepik
Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Berbagai macam cara dilakukan oleh pemasar mulai dari potongan harga, pembelian paket, dan pemasaran konten. Istilah pemasaran konten atau content marketing mungkin masih terdengar asing bagi Sahabat Wirausaha. Mari kita bahas lebih dalam mengenai pemasaran konten.
Definisi
Content Marketing atau pemasaran konten merupakan salah satu teknik dalam pemasaran dengan melakukan pembuatan dan mendistribusikan konten-konten yang menarik dan relevan kepada konsumen sehingga dapat memperoleh konsumen baru dengan mengambil hati para calon konsumen melalui konten tersebut.
Baca Juga: Apa itu Affiliated Marketing?
Sebagai contoh Sahabat Wirausaha sering lihat banyak merek-merek dagang yang tidak selalu berjualan dalam menjalankan media sosialnya. Kadang kalanya mereka memberikan artikel-artikel atau bacaan menarik yang masih berkaitan dengan produk. Hal ini bisa disebut pemasaran konten. Memancing para pembaca dengan memberikan konten menarik.
Lalu, apakah sebenarnya fungsi pemasaran konten itu?
1. Pemasaran konten memberikan lebih banyak penjualan
Sebuah konten yang menarik akan membuat para calon konsumen ingin tahu produk apa yang sebenarnya dijual oleh bisnis. Oleh karenanya, ketika konten yang dibuat menarik setidaknya telah menimbulkan potensi-potensi penjualan yang ada.
Baca Juga: Perbedaan B2B dan B2C
2. Membangun kesadaran atas merek dagang bisnis
Untuk usaha kecil, membangun kesadaran merek cukup sulit. Dengan membuat konten, nama merek akan naik sedikit demi sedikit dan masyarakat akan sadar akan keberadaan merek tersebut karena kontennya.
3. Peningkatan pengikut media sosial.
Tak jarang, beberapa calon konsumen akhirnya mengikut media sosial bisnis karena memiliki konten yang relevan dan menarik untuk dilihat. Dengan begitu, jumlah pengikut di media sosial meningkat dan dapat meningkatkan nama merek.
Baca Juga: Cerita Inspirasi Koperasi Inka
Bantul
Membangun Konten
Jika Sahabat Wirausaha ingin membangun pemasaran konten, cobalah langkah-langkah berikut:
1. Membentuk konstruksi konten
Pertama-tama, bentuklah ide konten apa yang ingin dibuat, seperti apa konten tersebut akan dibawakan, serta apa yang nantinya akan menjadi ukuran keberhasilan dari pemasaran konten tersebut.
2. Melakukan riset
Setelah ide telah siap, lakukan riset untuk mengetahui fakta dan konten apa yang cocok untuk para calon konsumen nantinya. Jangan sampai salah dalam menentukan jenis konten yang dibawakan.
Baca Juga: Tips Membaca Laporan Neraca Keuangan
Bagi UKM
3. Eksekusi konten
Membuat konten dengan mengerahkan sumber daya yang ada dan sesuai dengan rencana.
4. Mempromosikan konten
Konten yang telah jadi sudah seharusnya dipromosikan di jejaring sosial dengan membagikan seluas mungkin
5. Tes dan evaluasi konten
Setelah proses promosi telah selesai, perlu dilakukan evaluasi atas konten tersebut apakah telah memenuhi ekspektasi dan telah berjalan dengan baik.
Baca Juga: Dagadu, Ikon Silang Budaya dan Pariwisata Jogja
Pemasaran konten dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari cerita dan fakta, video menarik, webinar, dan podcast. Saat ini banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran konten. Sahabat Wirausaha bisa memulainya dengan mengamati konten-konten yang telah dibuat oleh merek-merek ternama dan mulailah membuat konten sendiri. Mari berkonten!
Referensi:
- https://www.jurnal.id/id/blog/manfaat-content-mark...
- https://inter-growth.co/content-marketing/benefits...
- https://moosend.com/blog/content-marketing/