Sahabat Wirausaha pasti sudah mengenal apa itu tagar. Apa sih pentingnya tagar untuk konten kita baik itu gambar, video, atau tulisan? Bagaimana pula sebaiknya menuliskan tagar untuk konten kita? Yuk baca artikel ini sampai selesai.


Apa Itu Tagar?

Dalam bahasa Inggris tagar biasa disebut hastag. Tagar merupakan singkatan dari kata tag dan pagar. Tagar disimbolkan dengan tanda pagar atau #. Pada awalnya tagar ini banyak digunakan di platform Twitter. Namun sekarang sudah banyak juga digunakan di media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Youtube, Tumblr, dan lainnya.

Baca Juga: Memperkuat Konten dengan Tagar dan Kata Kunci yang Tepat


Fungsi Tagar

Sahabat Wirausaha, apa sih fungsi tagar?

Ada beberapa fungsi tagar yaitu sebagai berikut.

1. Untuk Mengelompokan Konten Sehingga Memudahkan Pencarian

Tagar membuat pengelompokan konten yang kita buat. Misalnya kita punya foto makanan tradisional. Lalu saat unggah, diberi tagar #makanantradisional. Nah, saat orang melakukan pencarian dengan kata kunci (keyword) makanan tradisional, foto kita bakal masuk dalam daftar hasil pencarian.

Baca Juga: Memilih Kata Kunci dan Tagar yang Tepat Agar Bisnis Mudah Ditemukan di Internet

Dengan menyertakan tagar atau hashtag, maka postingan kita akan dikelompokkan dengan teratur dan termasuk dalam produk serupa.

2. Untuk Kebutuhan Branding dan Promosi

Media sosial bisa berfungsi untuk kebutuhan bisnis. Jadi, selain untuk pengelompokan konten dan memudahkan pencarian, hashtag atau tagar juga berfungsi untuk kebutuhan branding dan promosi di media sosial.

Dalam berbagai bidang penggunaan tagar ini dilakukan baik itu bisnis, pendidikan, budaya, olahraga, kuliner, dan lainnya.

Baca Juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

3. Memperluas Jangkauan Konten

Pengguaan tagar dapat memperluas jangkauan konten. Misalnya satu video yang diberikan empat tagar, maka video tersebut berpeluang ditampilkan dalam empat kategori pencarian. Makanya usahakan konten kita diberikan tagar sebanyak mungkin.

Bahkan dalam satu video populer di laman Youtube bisa diberikan hingga 20 tagar. Penggunaan tagar ini ibarat jaring ikan. Semakin lebar jaring, semakin besar pula peluang mendapatkan ikan.

Sahabat Wirausaha, bagaimana caranya agar kita bisa memberikan banyak tagar? Kuncinya kita harus punya banyak diksi. Berikan diksi yang terkait dengan konten kita. Misalnya kita punya produk makanan seblak pedas.

Baca Juga: Digital Marketing 102: Membuat Konten yang Efektif Dalam Meningkatkan Basis Followers di Instagram

Nah, di postingan itu berikan banyak tagar misalnya #makanan #makananpedas #seblak #seblakpedas #seblakenak #delicious #deliciousfood #makananrakyat #camilan dan seterusnya.

Nah, Sahabat Wirausaha, demikianlah pentingnya memberikan tagar pada konten kita. Pastinya kita ingin konten kita semakin populer kan? Kalau konten kita adalah produk bisnis kita, tentu kita ingin produk kita semakin dikenal luas. Makanya, jangan lupa untuk memberikan tagar supaya semakin populer pula konten kita.

Oh iya, jika artikel ini bermanfaat, Sahabat boleh kok membagikannya. Mudah-mudahan semakinn banyak yang mendapatkan manfaat artikel ini.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. Membuat Hashtag Instagram
  2. 5 Cara Membuat Hashtag agar Bisnis Kamu Makin Ngetop