UKM Indonesia

Broadcast Message

Penulis : Victa Etriany
Editor : Annisa Anastasya
10 Oktober 2022
Lama Baca : 2 menit

Chat messaging on mobile phone mockup

Sahabat Wirausaha, apakah ingin mempromosikan produk atau layanan terbaru kepada para pelanggan, dengan cara cepat dan praktis? Jika iya, Sahabat Wirausaha perlu mengetahui istilah broadcast message yang akan kita bahas dalam artikel berikut.

Definisi

Broadcast message adalah pesan yang dikirimkan kepada para penerima melalui suatu fitur pesan. Sahabat Wirausaha yang menggunakan fitur ini, perlu memperhatikan susunan kalimat yang efisien, informatif, dan jelas karena adanya keterbatasan jumlah karakter yang tersedia untuk mengirim pesan.

Oleh karena itu, pastikan pada akhir pesan Sahabat Wirausaha mempertegas dengan kalimat ajakan agar penerima pesan mendapatkan kesimpulan dari pesan tersebut. Sebagai gambaran, berikut contoh broadcast message yang efektif:

Mau memiliki kulit lembut dan harum, seperti idola Anda?, Kala Hand Body membantu mewujudkannya, produk aman dan sudah terdaftar di BPOM. Untuk penawaran terbaik hari ini, klik link dibawah ini, diskon 50% hanya berlaku hari ini, sekarang juga klik link ini untuk pemesannnya, Hemat sekarang! Jangan tunggu nanti-nanti.

Pada struktur penyusunan skrip broadcast message, pastikan memenuhi 3 bagian yang terdiri dari: pesan pembuka, inti, dan penutup. Pada bagian pembuka, gunakan pilihan kata atau diksi yang membuat pembaca penasaran dan merasa membutuhkan informasi tersebut agar terus membacanya hingga selesai. Bagian kedua, sampaikan inti dari pesan tersebut, dan bagian ketiga, sampaikan penutup pesan yang berisikan ajakan kepada calon konsumen untuk membeli produk kita.

Nah, dalam menggunakan fitur broadcast message, kita juga perlu memperhatikan adanya bank kontak yang akan menjadi tujuan pengiriman pesan. Oleh karena itu, simpanlah nomor-nomor pelanggan agar dapat memiliki database customer yang lengkap dan rapi.

Bagaimana, cukup mudah dan praktis bukan untuk dipraktikan, bukan? Semoga bisa segera diterapkan untuk menarik lebih banyak konsumen. Terus bersemangat untuk semakin mengembangkan bisnis.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: