UKM Indonesia

Blogging


Online message blog chat communication envelop graphic icon concept

Istilah blog sudah banyak dikenal masyarakat sejak awal munculnya internet. Blog sendiri merupakan website atau jurnal online yang menyajikan berbagai informasi seperti artikel, foto bahkan video yang selalu di update. Dengan mudahnya membuat blog tak heran semakin banyak kalangan yang membangun blog dengan tujuan yang beraneka ragam, mulai untuk kepentingan pribadi hingga bisnis di sebuah perusahaan.

Kendati relatif mudah, Sahabat Wirausaha tetap harus menggunakan strategi-startegi khusus agar blog yang dibangun dapat berjalan dengan baik sesuai dengan goals yang telah ditentukan. Hal-hal terkait blog akan dibahas pada artikel ini, jadi simak terus informasinya.


Apa Itu Bloging?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya blog merupakan sebuah website yang berisi artikel, foto, dan video pada topik-topik tertentu yang terus di-update dalam kurun waktu tertentu. Sementara istilah bloging ialah kegiatan mengelola blog seperti menulis, meng-update ataupun memasukan elemen lain yang dijadikan sebagai konten blog.

Baca Juga: 5 Jenis Aplikasi Digital Untuk Bisnis Naik Kelas

Blog sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yakni pribadi, profesional, dan perusahaan. Pemanfaatan blog sendiri juga tergantung pemiliknya, ada hanya yang sekedar berbagi informasi bahkan ada juga yang menjadikan blog sebagai lapak jualan. Blog juga terdiri dari beberap struktur. Yang pertama header yang berisi identitas blog, lalu main blog yakni tools untuk postingan konten. Sidebar berfungsi untuk tag dan fitur tambahan lainnya seperti kalender dan jam. Terakhir ialah footer yang berisi kontak founder blog.


Apa Saja Manfaat dan Fungsi Bloging?

Sejatinya sangat banyak alasan mengapa seorang individu ataupun perusahaan harus memanfatkan sebuah blog. Secara umum alasan orang melakukan bloging dan menjadi seorang bloger ialah berbagi informasi, namun sebenarnya blog memiliki fungsi yang dapat Sahabat Wirausaha manfaatkan untuk sebagai berikut:

Baca Juga: Kupas Tuntas Pengelolaan Reseller di Era Digital

1. Sebagai Ruang Berbagi Informasi

Berbagi informasi pada blog memang tidak ada batasannya. Informasi yang Sahabat Wirausaha tulis bisa beraneka ragam mulai dari honest review produk Sahabat Wirausaha, tutorial pemakaian hingga manfaat pemakaian produk. Bangun profile blog Sahabat Wirausaha semenarik mungkin agar audience selalu menjadikan blog Sahabat Wirausaha sebagai sarana informasi ter-update, seperti Ukmindonesia.id.

2. Sarana Branding

Selain digunakan untuk berbagi infomasi faktaya blog juga dapat dijadikan sebagai sarana branding. Contohnya Ukmindonesia.com yang menjadikan dirinya sebagai platform edukatif kepada UMKM Indonesia yang ingin maju secara profesional. Apabila ada pebisnis baru yang membutuhkan berbagai informasi bisa mencari artikel terkait dengan mengakses UKMINDONESIA.

Baca Juga: Kupas Tuntas Pengelolaan Reseller di Era Digital

3. Mempromosikan Produk

Tidak hanya sosial media faktanya Sahabat Wirausaha dapat menghasilkan uang dengan bloging. Pasalnya terdapat 70% orang yang memilih belajar bisnis melalui artikel daripada iklan. Dengan memanfaatkan blog Sahabat Wirausaha bisa menulis artikel seputar produk Sahabat Wirausaha berupa tutorial penggunaan produk hingga manfaat yang diberikan.


Apa yang Sahabat Wirausaha Butuhkan dalam Membangun Blog?

Setelah menyimak informasi terkait blog nampaknya memanfaatkan blog sebagai media marketing produk boleh dicoba. Pada poin ini Sahabat Wirausaha juga akan mendapat informasi tentang apa saja yang dibutuhkan dalam membuat blog, sebagai berikut:

  1. Tentukan platform membuat blog terlebih dahulu. Sahabat Wirausaha dapat memilih salah satu platform blog seperti WordPress.org, WordPress.ord dan Blogger.
  2. Tentukan domain. Sahabat Wirausaha membutuhkan domain sebagai alamat untuk mengakses blog agar lebih dikenal audience, seperti www.ukmindonesia.id. Keuntungan memilih domain hanya bisa didapatkan ketika Sahabat Wirausaha memilih menggunakan platform Wordpress.org.
  3. Pilih niche blog. Niche blog ialah tema atau topik yang akan dibahas pada blog Sahabat Wirausaha. Artinya dalam satu blog yang dibangun, Sahabat Wirausaha harus menetapkan konten blog yang serupa yang masih dalam satu topik yang sama, Contohnya beauty dan healthy.
  4. Belilah layanan hosting yang tepat. Setelah menentukan platform blog dan niche blog Sahabat Wirausaha juga harus menyiapkan hosting untu menyimpan file blog agar bisa diakses secara online.
Baca Juga: Langkah Aksi Membangun Brand untuk Meningkatkan Nilai dan Citra Positif Produk/Perusahaan

Demikian penjelasan terkait bloging. Mulai dari definisi bloging, manfaat beserta fungsi dan terakhir hal yang dibutuhkan dalam membangun blog. Faktanya membuat blog relatif mudah. Sahabat Wirausaha dapat menggunakan platform yang tersedia seperti WordPress dan Blogger untuk memulai aktif bloging. Jangan lupa memasangkan hosting agar blog semakin terlihat profesional.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: