Company Profile - Sudahkah Sahabat Wirausaha membuat company profile untuk bisnis kalian? Atau mungkin masih bingung mengenai apa saja yang harus dimasukkan dalam company profile tersebut? Pahami bahwa company profile adalah salah satu hal yang penting dalam mengenalkan bisnis kepada orang lain, oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan proses pembuatannya dengan baik. Ayo kita bersama-sama cari tahu apa saja yang harus ada di company profile.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam cara membuat company profile adalah isi dan susunan dari company profile itu sendiri. Sebuah company profile tidak hanya sekedar menjadi gambaran umum tentang perusahaan, tetapi juga harus mampu menyampaikan pesan yang kuat dan informatif kepada para pembacanya. Oleh karena itu, susunan dari company profile sangatlah penting. Beberapa hal yang harus disertakan dalam company profile adalah sebagai berikut:

1. Cover Depan

Cover depan dari company profile memiliki peran yang sangat penting karena berfungsi sebagai wajah pertama yang dilihat pembaca. Di dalamnya terdapat nama dan logo perusahaan, yang merupakan identitas visual utama dari bisnis tersebut. Tanpa cover, para pembaca tidak akan memiliki gambaran awal tentang identitas perusahaan. Rancanglah dengan desain yang bisa menarik minat dan terkesan profesional.

Baca Juga: Kriteria Company Profile yang Perlu Kamu Tahu Biar Sukses Gaet Investor

2. About Us

Bagian ini merupakan salah satu bagian yang sangat vital dalam company profile karena berisikan informasi dasar yang mencakup sejarah dan latar belakang perusahaan, seperti tahun berdiri, para pendiri, ataupun motivasi di balik pendirian perusahaan. Selain itu, bagian ini juga mencakup jenis usaha yang dijalankan, visi, misi, ataupun nilai-nilai perusahaan itu sendiri. 

Informasi ini akan memberikan gambaran perusahaan secara komprehensif mengenai identitas serta arah dari perusahaan Sahabat Wirausaha, sehingga akan membangun kepercayaan dari konsumen.

3. Visi dan Misi Perusahaan

Visi perusahaan adalah gambaran jangka panjang yang memperlihatkan kepada para klien tentang cita-cita besar yang ingin dicapai perusahaan. Sedangkan misi perusahaan memberikan informasi mengenai upaya yang telah atau terus dilakukan perusahaan untuk mewujudkan visi tersebut.

Menulis visi dan misi yang jelas di company profile Sahabat Wirausaha, akan memberikan keyakinan dan kepercayaan klien bahwa perusahaan Sahabat Wirausaha memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.

4. Produk dan Jasa Perusahaan

Bagian ini merupakan fokus utama bagi klien yang membaca company profile. Informasi yang detail mengenai produk atau jasa di perusahaan sangat penting. Lebih baik jika menyertakan foto atau video yang baik sehingga pembaca dapat melihat dengan jelas produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai produk atau jasa, perusahaan dapat membantu konsumen dalam membuat keputusan yang tepat terhadap perusahaan.

Baca Juga: 7 Cara Mengoptimasi Google Business Profile, Agar Bisnis Mudah Ditemukan Konsumen di Mesin Pencarian

5. Sertakan Keunggulan Jika Memilih Perusahaan Ini

Sangat penting untuk menonjolkan dengan jelas mengenai kelebihan yang dimiliki perusahaan. Identifikasi apa saja hal-hal yang akan membuat konsumen tertarik untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan. 

Misalnya, adanya jaminan kualitas produk yang tinggi, keunggulan inovatif ataupun penggunaan teknologi yang ramah lingkungan. Setiap keunggulan yang Sahabat Wirausaha buat, akan memberikan nilai tambah yang bisa membedakan perusahaan kita dengan perusahaan kompetitor.

6. Pencapaian Perusahaan

Jika perusahaan Sahabat Wirausaha sudah mendapatkan beberapa pencapaian selama perusahaan berdiri, maka wajib untuk dimasukkan dalam company profile. Tujuannya agar, konsumen ataupun investor memiliki rasa ketertarikan dan kepercayaan terhadap perusahaan ini. Contoh pencapaian yang bisa dimasukkan ke dalam company profile adalah penghargaan, sertifikasi, program dan proyek khusus yang pernah dilakukan, testimoni, dan pengakuan dari media atau berita, hingga kemitraan.

7. Cover Belakang dan Nomor Narahubung

Pada bagian cover belakang, sangatlah penting untuk mencantumkan kontak informasi yang dapat memudahkan para konsumen untuk menghubungi perusahaan. Ini termasuk alamat lengkap kantor atau cabang perusahaan, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email yang aktif, serta berbagai akun media sosial yang dimiliki perusahaan termasuk alamat website. 

Menyertakan informasi kontak, akan membantu konsumen lebih mudah dalam mendapatkan informasi lebih lanjut, mengajukan pertanyaan, atau bahkan melakukan pemesanan langsung. Selain itu, interaksi antara perusahaan dan konsumen akan membangun hubungan yang lebih dekat dan terpercaya.

Baca Juga: Apa itu Google My Business? Ketahui Sederet Keuntungan dan Cara Mengoptimalkannya

Itu dia beberapa hal yang wajib Sahabat Wirausaha sertakan dalam company profile perusahaan. Sahabat Wirausaha bisa menambahkan beberapa hal lainnya seperti kata pengantar, daftar klien, portofolio perusahaan, informasi tambahan, galeri foto, ataupun hal yang menurut Sahabat Wirausaha menarik serta penting untuk dimasukkan. Membuat company profile yang benar dan menarik akan memikat konsumen dan investor. Ditunggu company profile  dari bisnis Sahabat Wirausaha, ya!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://www.graphie.co.id/blog/10/inilah-fungsi-company-profile-yang-harus-dipahami-%28tips%29
  2. https://glints.com/id/lowongan/company-profile-adalah/