Kriteria Company Profile Salah satu bentuk keseriusan dalam membangun perusahaan adalah dengan membuat company profile. Company profile merupakan suatu dokumen atau presentasi yang dirancang sebagai bentuk perkenalan profesional dari sebuah bisnis. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada orang-orang mengenai keberadaan bisnis tersebut, visi dan misinya, sejarah perkembangannya, serta produk atau jasa yang ditawarkan.

Melalui company profile, identitas dan keunggulan kompetitif bisnis Sahabat Wirausaha dapat digambarkan secara jelas kepada kepentingan potensial seperti klien, investor, dan mitra bisnis. Ingin menarik investor? Sahabat Wirausaha perlu memahami beberapa kriteria penting yang harus ada dalam sebuah company profile yang baik dan menarik. Yuk, kita pahami bersama.


Mengapa Perlu Company Profile?

Company profile bukan hanya sekedar dokumen informasi, melainkan merupakan sumber media yang penting bagi calon konsumen terutama investor untuk lebih memahami lebih dalam tentang bisnis Sahabat Wirausaha. Informasi yang terkandung di dalamnya tidak hanya sekedar memperkenalkan perusahaan, tetapi juga memiliki peran penting dalam menonjolkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Selain itu, sebuah company profile yang dirancang dengan baik memiliki daya tarik yang mampu menarik perhatian target konsumen, mendorong mereka untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang perusahaan serta produk atau jasanya. Oleh karena itu, company profile bukan hanya menjadi alat pemasaran, tetapi juga merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan nilai positif perusahaan dalam persepsi konsumen dan investor.

Baca Juga: 5 Tips Mengakses Pendanaan Modal Ventura, Bantu Bisnis Startup Makin Berkembang


Kriteria-kriteria yang Wajib Kamu Tahu

1. Memiliki Desain yang Simplicity

Simplicity adalah satu prinsip utama dalam desain company profile yang perlu diperhatikan. Desain yang sederhana memastikan bahwa informasi yang disampaikan mudah dipahami oleh pembaca tanpa kebingungan. Simplicity yang dimaksud adalah desain yang tidak rumit dengan bentuk dan tulisan, namun tetap dapat memberikan informasi dengan akurat. 

Hal ini mencangkup penggunaan tata letak yang bersih, penggunaan jenis huruf yang mudah dibaca, serta penghindaran dari penyajian yang berlebihan atau rumit. Dengan menjaga kesederhanaan dalam bentuk dan isi tulisan, company profile akan lebih efektif dalam menyampaikan pesan-pesan penting tentang bisnis Sahabat Wirausaha kepada para investor.

2. Pemilihan Warna yang Tepat

Pemilihan warna pada company profile, baik dalam bentuk cetak seperti buku atau brosur maupun bentuk digital seperti website juga merupakan unsur penting dalam desain company profile yang memiliki kekuatan untuk menciptakan kesan visual yang kuat dan menggambarkan identitas merek perusahaan. Warna dominan perusahaan harus disesuaikan dengan desain company profile yang akan dibuat, sehingga secara tidak langsung memberikan efek pencitraan yang konsisten. 

Penggunaan warna yang tepat tidak hanya mencerminkan kepribadian dan nilai-nilai perusahaan, tetapi juga dapat mempengaruhi persepsi pembaca dan investor terhadap merek tersebut. Memilih warna yang tepat untuk company profile,¸akan memberikan kesan profesional dan memikat. Ada 9 warna yang bisa Sahabat Wirausaha gunakan untuk bisnis berdasarkan psikologi warna:

  1. Warna Orange: warna ini melambangkan makna keseimbangan, petualangan, dan kebahagiaan sehingga cocok untuk mewakili usaha di bidang kreativitas dan berhubungan dengan anak-anak.
  2. Warna Merah: warna ini melambangkan kegembiraan, energi, dan gairah, sangat cocok untuk usaha makanan karena menambah nafsu makan.
  3. Warna putih: warna ini banyak digunakan dalam situs e-commerce dalam latar belakang sebuah situs atau produk. Warna ini menunjukkan kebersihan, kerendahan hati, dan kebaikan.
  4. Warna Hitam: warna ini banyak digunakan untuk produk retail karena memiliki makna keanggunan, kekuatan, dan konsistensi.
  5. Warna Biru: identik dengan laut atau langit, warna ini memberikan ketenangan, harmoni, stabilitas. Bahkan warna ini bisa menunjukkan profesionalitas dan terpercaya. Contohnya dipakai untuk logo web atau navigasi bagian atas situs.
  6. Warna Hijau: identik dengan warna alam memberikan makna kesuburan, pertumbuhan, dan kesehatan. Sehingga, cocok untuk usaha di bidang kesehatan.
  7. Warna Kuning: warna ini membangkitkan perasaan positif, optimis, dan ceria sehingga bisa diletakkan di bagian background atau border situs.
  8. Warna coklat: sering dikaitkan sebagai warna membumi karena identik dengan warna tanah, kayu, dan batu, sehingga menggambarkan kenyamanan, dan keamanan. Bisa digunakan dalam pemasaran untuk usaha produk makanan alami.
  9. Warna merah muda: warna ini berkaitan dengan feminim, ceria, dan cinta sehingga cocok untuk produk atau usaha yang target pemasarannya adalan perempuan.

Baca Juga: UMKM Wajib Tahu! Inilah Plus Minus Membangun Bisnis Dengan Pinjaman

3. Isi yang Mudah Dipahami

Isi dan susunan company profile haruslah jelas, rapi, singkat, dan mudah dipahami investor selaku pembaca. Untuk mencapai standar tersebut, pembuatan company profile sebaiknya diserahkan kepada para profesional yang memiliki pengalaman dan keahlian khusus dalam bidang ini. Bekerjasama dengan ahlinya dapat memastikan bahwa setiap detail penting tentang perusahaan, produk, dan jasa yang ditawarkan dapat disampaikan secara efektif dan menarik perhatian investor.

4. Mencantumkan dengan Jelas Poin-poin Penting

Sahabat Wirausaha harus tahu bahwa sangat penting untuk mencantumkan semua poin-poin penting yang berkaitan dengan perusahaan dalam company profile sebagai sumber informasi yang kredibel dan lengkap. Hal ini mencangkup sejarah perusahaan, visi dan misi, produk atau jasa yang ditawarkan, pengalaman kerja, keunggulan kompetitif, dan pencapaian terkini.

5. Menggunakan Material Berkualitas

Company profile dalam bentuk  cetak sebaiknya menggunakan material dan bahan cetak berkualitas tinggi untuk menciptakan kesan profesional dan memastikan ketahanan dokumen dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan material berkualitas mencerminkan komitmen perusahaan terhadap standar kualitas dalam semua aspek bisnis Sahabat Wirausaha. Contoh material kertas yang biasa digunakan dalam company profile  bentuk cetak adalah kertas yupo, canvas paper, dan premium glossy photo paper.

Baca Juga: Perluas Relasi Hingga Peluang Kerjasama, Inilah 10 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Usaha

6. Menunjukkan Kepribadian Perusahaan

Setidaknya terdapat empat kriteria yang dapat ditunjukkan dalam company profile, antara lain passionate, quirky, irreverent, dan authentic.

  • Passionate merupakan sifat yang mencerminkan dedikasi dan semangat yang tinggi dalam menghasilkan produk atau jasa. Karakteristik ini ditandai dengan keberanian untuk memimpin dan meyakini bahwa mereka memiliki potensi untuk menjadi inovator terdepan.
  • Quirky mencerminkan sifat perusahaan yang unik. Ciri khas dari sifat ini adalah melakukan pendekatan yang berbeda dari perusahaan lain.
  • Irreverent menunjukkan keseriusan perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, namun juga fleksibel.
  • Authentic adalah sifat yang menonjolkan kejujuran dan kesungguhan perusahaaan dalam membantu klien atau konsumen dalam menyelesaikan masalah mereka.

Ternyata, membuat company profile untuk bisnis Sahabat Wirausaha memiliki banyak manfaat untuk peningkatan dan perkembangan bisnis sekaligus menarik konsumen dan investor apabila dibuat dengan baik dan benar. Namun, sebelum Sahabat Wirausaha meluncurkan company profile perusahaan ke pasar, disarankan untuk melakukan review terlebih dahulu oleh pihak lain.

Selain membantu memastikan tidak adanya kesalahan editorial yang mungkin terlewat, review oleh pihak ketiga juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan sudut pandang baru dan pemikiran yang berbeda terhadap isi dan presentasi company profile.  Yuk, buat company profile perusahaan sekarang!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://nindiawati9.wixsite.com/mysite/post/kriteria-company-profile-yang-baik-dan-benar
  2. https://www.graphie.co.id/blog/10/inilah-fungsi-company-profile-yang-harus-dipahami-%28tips%29
  3. https://glints.com/id/lowongan/company-profile-adalah/
  4. https://www.ekrut.com/media/psikologi-warna