Sampel Gratis Untuk Marketing Sahabat Wirausaha, jika bicara soal marketing atau pemasaran, tentu akan ada banyak rahasia dan trik yang berbeda-beda. Bagi seorang pelaku usaha seperti pebisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), perkara marketing ini sangat penting untuk dipahami. Kenapa begitu? Supaya bisa memberikan dampak yang positif terhadap bisnis, lantaran bakal memberi pengaruh utama terhadap penjualan.

Untuk itulah penting bagi Sahabat Wirausaha tahu teknik marketing yang tepat dan senantiasa mempelajarinya. Dari banyaknya cara yang bisa diterapkan UMKM, bagikan sampel gratis untuk marketing jadi salah satu pilihan paling tepat. Lewat sampel gratis alias free produk, pasar akan lebih cepat mengetahui dan tertarik pada produk kalian. Memang apa sih keuntungan dan bagaimana caranya? Simak terus ulasannya dalam artikel ini hingga usai.


Manfaat Bagikan Sampel Gratis Untuk Marketing Bagi UMKM

Di tengah persaingan bisnis, penerapan teknik marketing yang tepat adalah kunci utama bagaimana bisnis bisa berjalan karena bisa mempengaruhi branding. Bahkan Nita Katikasari selaku CEO/founder Inkubator Bisnis UKM kaya.id seperti dilansir Antara menekankan kalau branding sangat penting bagi pebisnis UMKM. Kenapa begitu? Karena branding yang kuat akan membuat pasar lebih kenal terhadap produk kalian. Di mana lagi-lagi branding ini dilakukan lewat teknik pemasaran yang tepat.

Atas hal itulah, Nita menyarankan agar pelaku UMKM melakukan investasi lebih atas modal bisnis yang dimiliki untuk kebutuhan marketing. “Banyak pelaku usaha yang saat dihadapkan pada situasi pemangkasan budget, malah memotong biaya marketing. Padahal marketing ini harus dilihat sebagai investasi karena bagaimanapun juga, konsumen bakal tahu produk kita ya lewat marketing".

Baca Juga: Bikin Bisnis Jalan Sendiri, Inilah 7 Cara Membuat Bisnis Autopilot

Dalam lingkup UMKM, membagikan sampel gratis untuk marketing bisa jadi salah satu yang bisa dipilih demi meningkatkan branding atas produk yang Sahabat Wirausaha miliki. Memang apa saja manfaatnya? Dilansir Cermati, berikut beberapa diantaranya:

  1. Dengan membagikan sample produk secara gratis, pelaku UMKM yang memiliki produk cukup variatif seperti yang bergelut di bidang fashion bisa tahu produk-produk mana yang memiliki potensi paling besar diterima oleh pasar. Sehingga dengan begitu kalian dapat memproduksi item secara efektif dan berimbas positif ke kelangsungan bisnis.
  2. Membagikan sample gratis juga lewat media sosial ternyata memberi dampak positif. Karena  calon konsumen bisa berinteraksi dengan akun media sosial pemilik usaha yang nantinya akan membuat akun media sosial tersebut semakin populer tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih untuk iklan berbayar.
  3. Dalam lingkup marketing, meningkatkan awareness adalah salah satu tujuan yang hendak dicapai. Lewat program pembagian sample produk secara gratis, Sahabat Wirausaha sudah mengupayakan untuk meningkatkan awareness bisnis ke pasar. Karena saat sample dibagikan, konsumen akan mencoba produk itu dan jika memuaskan akan menyebarkan informasi ke orang lain sehingga bisnis kalian makin dikenal.

foto: Battlecreck Coffee Roasters/UNSPLASH

  1. Mengetahui bagaimana pendapat konsumen terhadap produk yang kita jual tentu adalah keinginan setiap pelaku bisnis. Melalui pembagian sample produk secara gratis, hal ini bisa diperoleh dengan lebih cepat karena konsumen yang mendapat sample akan langsung memberikan ulasan.
  2. Pada dasarnya, strategi sampel gratis untuk marketing akan membuat penjualan produk lebih maksimal. Produk yang diberikan cuma-cuma akan membuat peluang konsumen membeli makin besar. Apalagi kalau produk gratis itu memiliki kualitas yang disukai dan dibutuhkan pasar, penjualan yang meningkat adalah hal yang tak bisa ditolak.
  3. Manfaat terakhir dari pembagian sampel gratis untuk marketing adalah membuat pelaku UMKM memperoleh jasa endorsement secara gratis. Karena biasanya secara tidak langsung para penerima sample gratis itu akan mengulas produk di media sosial. Jika kalian memberikan produk kepada influencer, maka ulasan yang positif akan mampu memberi pengaruh baik pula.

Dengan berbagai manfaat tersebut, maka sudah saatnya bagi Sahabat Wirausaha untuk mengetahui seperti apa sih cara membagikan sampel produk secara gratis supaya berdampak maksimal ke strategi marketing.

Baca Juga: Lebih Mudah Cari Pelanggan, Cara Menentukan Saluran Pemasaran yang Tepat dengan Strategi Bullseye Framework


Cara Bagikan Sampel Gratis Untuk Marketing

Supaya sampel produk yang dibagikan secara cuma-cuma bisa memberikan efek yang maksimal, ada satu hal penting yang wajib Sahabat Wirausaha cermati. Hal itu adalah memperhitungkan baik-baik nilai produk yang diberikan terhadap potensi profit yang bakal diperoleh bisnis, sehingga tingkat efektivitasnya bisa maksimal.

Agar hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan tepat, Kita Lulus mengulas beberapa cara yang bisa dilakukan yakni:

1. Pahami Produk

Hal pertama yang wajib Sahabat Wirausaha lakukan jika ingin membagikan sampel gratis untuk marketing adalah memahami produk mana yang ingin dikenalkan. Tentu produk yang sudah populer dan memiliki penjualan yang cukup tinggi tidak perlu lagi dikenalkan, bukan? Untuk itulah produk-produk yang mencatat penjualan kecil bisa dimaksimalkan lagi lewat strategi pembagian sampel secara gratis.

Selain produk dengan penjualan rendah, produk lain yang bisa memakai strategi pembagian sampel adalah produk yang baru dikenalkan. Misalkan saja Sahabat Wirausaha yang menjalankan bisnis sambal olahan homemade baru saja merilis item baru untuk sambal terasi, maka agar produk baru ini bisa dikenal pasar dan memiliki omzet sesuai target, pembagian sampel adalah solusi terbaik.

2. Bikin Ukuran Kecil

Lantaran pembagian sampel gratis ini merupakan salah satu strategi marketing, maka kalian juga harus tetap mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan. Supaya biaya pembagian sampel gratis ini tidak membebani cash flow bisnis, ada baiknya ukuran sampel dibedakan dengan ukuran produk regular. Kenapa begitu? Dengan ukuran sampel gratis untuk marketing yang dibuat lebih kecil, maka akan membuat konsumen jauh lebih penasaran dan tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk full size.

Ukuran yang lebih kecil juga tidak akan terlalu membebani modal bisnis karena kalian bisa memperhitungkan dengan peluang konsumen melakukan pembelian ulang terhadap produk sampel itu. Untuk itulah banyak produsen-produsen yang membagikan sampel produk mereka dalam ukuran sachet, lantaran dianggap lebih efektif.

Baca Juga: Info Penting Buat Owner Bisnis! Kenali Jenis-jenis Insentif Kepada Pekerja

3. Langsung Bagikan ke Konsumen

Cara berikutnya jika ingin membagikan sampel gratis untuk marketing secara gratis adalah menemui konsumen secara langsung. Meskipun ada banyak sekali giveaway sampel produk yang diberikan lewat media sosial, pemberian produk gratis secara langsung ke konsumen lebih memberikan dampak positif. Sahabat Wirausaha bisa melakukannya di pusat-pusat perbelanjaan, pusat pendidikan atau mungkin area CFD (Car Free Day) untuk membagikan sampel.

Lewat cara seperti ini, kalian bisa berinteraksi langsung dengan konsumen serta memperoleh feedback jauh lebih cepat daripada membagikan sampel ke distributor.

4. Gunakan Strategi Bundling

Selain membagikan sampel gratis untuk marketing secara langsung, cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah lewat strategi bundling. Maksud dari konsep bundling ini adalah sampel produk yang ingin diberikan disertakan dalam produk lain, biasanya produk yang laris. Misalkan saja kalian berbisnis fashion muslimah dengan catatan penjualan hijab segiempat tertinggi, maka kalian bisa memberikan sampel produk baru seperti item kaos kaki wudhu dalam setiap pembelian hijab segiempat.

Konsep bundling ini memberikan manfaat yang lebih besar karena selain tetap meningkatkan penjualan produk yang memang laris, juga bisa memperoleh konsumen-konsumen baru. Tak heran kalau strategi bundling dalam pembagian sampel produk ini sering diterapkan oleh para pemilik bisnis, termasuk pelaku UMKM karena memang biaya yang dikeluarkan lebih efektif.

Dengan menerapkan sejumlah cara tersebut, tentu Sahabat Wirausaha bisa memaksimalkan teknik sampel gratis untuk marketing. Bisnis pun makin cuan dan UMKM makin terdepan! Semangat.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.