Menggunakan ChatGPT untuk Pemasaran – Saat ini, menurut laporan dari Cloudwards, lebih dari 100 juta orang telah menggunakan ChatGPT per Februari 2023. Hal ini membuktikan dunia terus maju, dan sebagai pelaku UMKM, kita tidak bisa ketinggalan.
Pelaku UMKM menghadapi tantangan dalam menangani setiap aspek bisnis dan mengalami kesulitan dalam belajar dan mengabdikan waktu untuk riset pemasaran. Namun, untuk alasan ini, kita dapat dengan mudah menggunakan ChatGPT untuk mengidentifikasi peluang, menargetkan audiens yang tepat, dan memberikan rekomendasi pemasaran yang relevan. Dengan begitu, kita dapat fokus pada aspek lain dari bisnis kita dan memaksimalkan potensi kesuksesan UMKM.
Lalu, apa itu ChatGPT, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara praktis menggunakannya dalam pemasaran UMKM? Semua pertanyaan ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel berikut ini!
Apa itu ChatGPT?
Sumber: cloudwards
ChatGPT adalah model kecerdasan buatan (AI) yang merespon pertanyaan pengguna dengan teks yang mirip dengan manusia. Menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami (NLP), ChatGPT belajar dari berbagai data yang tersedia secara luas di internet dan membantu kita memberikan informasi yang dibutuhkan.
Baca Juga: rinna.id : Pelopor AI Character di Indonesia yang Bisa Bantu UMKM Naik Kelas!
Nah, ChatGPT ini benar-benar keren, loh, buat bantu UMKM! Bahasa dan komunikasi jadi senjata andalan buat segala urusan. ChatGPT punya kemampuan serba bisa nih, kayak:
- Membuat kode, menulis blog, atau menulis iklan untuk promosi, cerita, surel, hingga esai.
- Memberikan ide kreatif atau membuat soal pilihan ganda.
- Memperkenalkan produk, layanan, film.
- Menjelaskan hal yang rumit dengan bahasa sederhana.
- Memeriksa apakah teks itu sepele atau serius berdasarkan tanda baca, kata-kata, dan frasa.
- Menerjemahkan teks ke 95 bahasa berbeda.
Nah, itu baru sebagian kecil saja dari hal-hal menarik yang bisa dibantu oleh ChatGPT, masih banyak lagi, dan daftar kemampuannya terus berkembang.
Tantangan UMKM Indonesia di Era Modern
Sumber: dailysocial
Berdasarkan MSME Empowerment Report 2022, terdapat 70,02% pemilik UMKM bermasalah saat melakukan pemasaran produk, dan 30,09% dalam proses adopsi digital. Dalam konteks ini, keuntungan utama ChatGPT bagi UMKM menjadi semakin relevan dan penting untuk meningkatkan pengetahuan informasi pemasaran dan produktivitas.
Keterbatasan Dari ChatGPT
Setiap kekuatan memiliki keterbatasan. ChatGPT tidak dapat digunakan sebagai pengganti manusia (seperti insinyur, dokter, dll); ChatGPT hanya dapat membantu kita “agar lebih efisien: menghemat waktu, meningkatkan proses, dan mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual pada tugas-tugas sederhana”.
Hal tersebut sebagaimana dikutip dari data Dialpad, terdapat hampir 60% profesional dukungan pelanggan di Amerika mengatakan bahwa kecerdasan buatan (AI) membantu mereka menghemat waktu dan membantu lebih banyak orang selama hari kerja mereka. Seperti komputer, alat AI, atau teknologi pembelajaran mesin lainnya, tidak ada jaminan 100% akurasi informasi, meskipun ini adalah teknologi canggih dalam tahap awalnya.
Ini hanya sebuah komputer yang dapat mengumpulkan dan merangkum data, tetapi selain dari apa yang kita beri tahu padanya, ia tidak tahu segalanya tentang kita, sehingga tidak dapat memberikan jawaban yang 100% akurat dan relevan.
Baca Juga: 7 Jenis Inovasi Teknologi untuk Bisnis, UMKM Wajib Tahu!
ChatGPT memiliki keterbatasan, diantaranya:
- Kadang-kadang dapat menghasilkan informasi yang salah.
- Terkadang dapat menghasilkan konten yang bias.
- Basis pengetahuan hanya sampai tahun 2021.
- Namun, sangat penting untuk sespesifik mungkin dalam permintaan kita dan hanya menggunakan respons sebagai titik awal untuk mengulang, menyelidiki lebih dalam, dan meneliti lebih lanjut.
1. Cara Membuat Akun ChatGPT Untuk Pemasaran UMKM
Mari kita tinjau beberapa cara termudah untuk membuat akun ChatGPT:
- Daftar untuk akun di situs web https://chat.openai.com/auth/login atau unduh aplikasinya dari App Store atau Google Play.
- Konfigurasi pengaturan ChatGPT, termasuk bahasa, waktu respons, dan nada obrolan bot.
- Integrasikan ChatGPT ke dalam fungsi obrolan situs web atau saluran media sosial kita.
- Masukkan permintaan (prompts) atau pertanyaan khusus ke ChatGPT dan biarkan ia menghasilkan respons.
- Periksa dan sunting respons sesuai kebutuhan untuk memastikan akurasi dan relevansi.
- Ulangi proses sesuai kebutuhan untuk membantu pertanyaan pelanggan, pembuatan konten, dan tugas pengumpulan informasi.
2. Cara Menggunakan ChatGPT Melalui Permintaan (Prompt)
Sumber: aiprm
Permintaan yang dibuat oleh pengguna sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan khusus kita, situasi tertentu, atau kumpulan data yang kita miliki. Berikut adalah beberapa elemen penting yang perlu dimasukkan untuk hasil kalimat awal ChatGPT yang bagus:
3. Jadilah Spesifik
Berikan instruksi atau pertanyaan yang jelas dan spesifik untuk memandu respons model. Semakin tepat kalimat awal kita, semakin baik peluang kita untuk mendapatkan informasi yang ditargetkan dan tepat. Hindari pertanyaan yang samar atau terlalu luas yang bisa menghasilkan jawaban yang kurang memuaskan.
Contoh kalimat awal yang efektif:
“Jelaskan tiga strategi pemasaran digital yang efektif untuk membantu pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)”
4. Gunakan Pesan Sistem
Mulailah percakapan kita dengan pesan sistem untuk memberi petunjuk kepada model tentang perilaku yang diinginkan. Kita dapat menggunakan pesan sistem untuk menetapkan konteks, mendefinisikan peran AI, atau menentukan format yang kita inginkan untuk responsnya.
Contoh pesan sistem:
Baik: "Saya ingin Anda menguraikan tiga strategi pemasaran kreatif yang cocok untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Harap mulai dengan memberikan ringkasan strategi yang paling inovatif."
Lebih baik: "Tentu! Berikut adalah tiga strategi pemasaran kreatif yang dapat diterapkan oleh UMKM untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik pelanggan..."
Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi AI Untuk Buat Konten Bisnis Bagi UMKM, Lebih Praktis!
5.Percakapan Multi-Putaran
Saat terlibat dalam percakapan berkelanjutan, gunakan persona untuk membangun karakter yang konsisten bagi AI. Kita dapat membuat persona dengan memberikan deskripsi atau latar belakang singkat di awal percakapan.
Contoh pengenalan persona:
Baik: "Kita butuh panduan tentang cara meningkatkan penjualan produk kita."
Lebih baik: "Anggaplah kita sebagai pemilik toko UMKM [Nama Toko], dan berikan saran dan ide-ide yang berharga untuk meningkatkan penjualan produk kita melalui strategi pemasaran yang efektif, berdasarkan pengalaman Anda."
6. Batasi Panjang Respon
Pada dasarnya, kita sebaiknya mempertimbangkan untuk mengatur permintaan panjang respon untuk mencegah respon yang terlalu panjang dan berbelit-belit. Ini akan membantu model memberikan jawaban yang singkat dan berfokus. Selain itu, tentukan panjang yang diinginkan dalam token (kata atau karakter).
Contoh kalimat awal dengan batasan panjang respons:
Baik: "Dapatkah Anda menjelaskan konsep pemasaran produk yang efektif untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan bahasa yang sederhana?"
Lebih baik: "Tolong jelaskan konsep pemasaran produk UMKM dalam 100 kata atau kurang."
7. Eksperimen dan Lakukan Iterasi
Kita bebas untuk bereksperimen dengan kalimat permintaan dan skrip yang berbeda untuk mendapatkan respons yang diinginkan dari model. Jika kita menerima jawaban yang tidak memuaskan, coba gunakan pertanyaan atau kalimat permintaan yang berbeda, tambahkan lebih banyak konteks, atau minta penjelasan lebih lanjut.
Contoh kalimat permintaan dengan iterasi:
Permintaan: Dapatkah Anda menjelaskan bagaimana pemasaran digital UMKM?
Assistant: Pasti! Pemasaran digital UMKM adalah cara di mana bisnis kecil dan menengah menggunakan platform online seperti media sosial, situs web, dan iklan digital untuk mempromosikan produk dan layanan mereka kepada pelanggan. Apakah Anda ingin saya menjelaskan aspek tertentu dari pemasaran digital UMKM ini lebih detail?
Permintaan: Tolong jabarkan setiap langkah dari proses tersebut dan jelaskan seolah-olah UMKM berusia 3 tahun.
Assistant: Tentu, mari kita jabarkan setiap langkah dari proses pemasaran digital UMKM dengan bahasa yang sederhana seperti UMKM berusia 3 tahun:
“Langkah pertama adalah memilih gambar atau foto yang cantik dan menarik. Ini seperti memilih mainan yang paling suka. Kemudian, kita perlu menunjukkan gambar…”.
Baca Juga: Mengenal Character AI, Kecerdasan Buatan yang Bisa Ngobrol Personal dengan Pelanggan
Berikut ini beberapa rekomendasi prompt yang bisa digunakan UMKM:
a. Penelitian dan Rencana Pemasaran
- Apa tren utama di [Industri Kita] untuk tahun 2023?"
- Daftar cara mengurangi biaya dan meningkatkan profitabilitas.
- Bagaimana kita bisa menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek?
b. Strategi Pemasaran dan Iklan
- Bagaimana pengujian A/B dapat meningkatkan performa produk kita?
- Bagaimana kita bisa menggunakan otomasi untuk menyederhanakan taktik pemasaran dan penjualan kita?
- Apa praktik terbaik untuk menciptakan budaya perusahaan yang kuat?
c. Segmentasi Pasar dan Analisis Pelanggan
- Apa langkah-langkah yang bisa kita ambil untuk meningkatkan produktivitas dan keterlibatan karyawan?
- Daftar berbagai cara kita bisa mengimplementasikan program loyalitas pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan pelanggan.
- Apa praktik terbaik onboarding pelanggan?
d. Materi Pemasaran Konten
- Tulis sebuah artikel blog sepanjang 800 kata tentang [subjek], dan sertakan kata kunci berikut ini dalam judul, subjudul, dan paragraf-paragraf isi.
- Tulis daftar judul artikel blog yang mencakup statistik tentang [topik]
- Tulis skrip video YouTube tentang [produk, blog, perusahaan, dll]
e. Acara dan Hubungan Masyarakat
- Buat cara-cara untuk menggunakan media online untuk memamerkan produk dan layanan.
- Tulis skrip menarik untuk peluncuran pada media digital.
f. Pemasaran Berdasarkan Platform Media Sosial
- Tulis keterangan Instagram sepanjang 100 kata tentang [topik] dengan nada informatif dan ramah, dan sertakan tagar yang relevan.
g. Evaluasi dan Optimalisasi Pemasaran
- Bagaimana kita bisa meningkatkan pengalaman layanan pelanggan kita?
- Daftar manfaat penggunaan alat manajemen aset digital untuk mengatur dan berbagi aset UMKM.
- Daftar manfaat penggunaan alat pemetaan perjalanan pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.
h. Analitika Bisnis
- Apa alat analitika website terbaik?
- Bagaimana cara saya bisa melacak analitika UMKM di media sosial?
- Platform media sosial mana yang menghasilkan peluang terbanyak?
i. Kampanye Email
- Hasilkan [jumlah] judul subjek untuk kampanye email tentang [produk atau layanan]
- Tulis isi email untuk kampanye promosi penjualan musim lebaran [UMKM]. Tulis dengan nada yang ceria dan ramah.
- Buat kerangka acuan untuk buletin email mingguan dari [merek] kepada [audience target]. Sertakan pengantar, poin utama, kesimpulan, dan ajakan bertindak dalam kerangka acuan.
***
Tertarik menggunakan ChatGPT untuk memaksimalkan pemasaran UMKM? Jika iya, berikut rekomendasi setelah kita mencoba ChatGPT: Tetaplah spesifik, hindari pertanyaan umum, dan gunakan ChatGPT sebagai referensi ide dan perlu diingat bahwa Google lebih mendukung konten asli dalam hasil pencarian dan juga evaluasi manusia tetap penting.
Yuk kita coba memanfaatkan ChatGPT sebagai alat bantu digital untuk memudahkan kita fokus pada kreativitas guna menciptakan karya kreatif dan terbaik sebagai UMKM!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
- https://www.wordstream.com/blog/ws/2023/03/06/how-to-use-chatgpt-for-small-business-marketing
- https://www.cloudwards.net/chatgpt-statistics/#Sources
- https://www.swing2app.com/blog/use-chatgpt-for-small-businessmarketing/#HOW_DOES_CHATGPT_WORK
- https://www.markettailor.io/blog/how-businesses-can-use-chatgpt-for-content-marketing
- https://www.touchpoint.com/blog/chatgpt-prompts-for-business/
- https://blog.hubspot.com/marketing/chatgpt-prompts